usaha warung kopi
Ide Bisnis

Usaha Warung Kopi

Usaha Warung Kopi – Kopi, usaha yang sedang laris manis di dunia remaja dan kalangan dewasa.

Banyak sekali warung kopi yang berdiri saat ini, mulai dari warung kopi sederhana bahkan yang mewah sekalipun, semuanya sama mencari penghasilan dengan jualan kopi, hanya cara dan strategi pemasarannya saja yang berbeda.

Pasalnya memang warung kopi lah yang sangat mudah berkembang daripada franchise atau usaha yang lainnya.

Banyak sekali bukti yang dapat kita lihat di sekitarkita, banyak usaha kopi yang mudah berkembang, karena kopi memang sangat di gandrungi oleh masyarakat.

Tips Sebelum Membuka Usaha Warung Kopi

Tips Sebelum Membuka Usaha Warung Kopi

Kalau jaman sekarang konsep nya mudah saja, hanya perlu menyediakan wifi saja warung kopi anda dijamin ramai pembeli, dan poin pentingnya menyediakan kopi yang murah dan enak dengan pelayanan yang ramah juga.

Apalagi kalau suasana, dan tempat juga mendukung, contohnya dekat dengan sawah, dekat dengan perkotaan, pasti deh banyak yang minat.

Kali ini mimin mau bagiin tips untuk membuka usaha warung kopi yang dijamin bisa bikin warung anda laris manis.

Siapkan Konsep Usaha Warung Kopi Anda

Suatu konsep adalah hal yang sangat penting dan utama, bukan hanya dalam usaha warung kopi saja, setiap usaha sudah seharus nya mempunyai konsep yang jelas untuk perkembangan bisnis yang di rintis.

Meskipun anda hanya membuka warung kopi kecil – kecilan jangan sampai anda melewatkan hal ini, karena usaha kecil juga mempunyai peluag untuk menjadi usaha yang berkembang pesat jika anda mampu mengonsep atau mengelolanya dengan baik

Anda harus mendetail jika ingin membuat konsep bahkan goal yang akan anda capai.

Tentukan Target Market

Tips  atau cara yang kedua yaitu tentukan target market. Jika anda mampu menentukan target market dengan baik maka anda akan mudah dalam menentukan konsep yang akan dibuat selanjutnya.

Siapa sasaran anda, dimana anda membuka usaha, dan apa saja yang akan anda persiapkan.

Jika anda sudah mengetahui target market anda maka anda akan lebih mudah untuk mengoperasikan usaha anda.

Sebagai contoh, jika target market anda adalah karyawan kantoran maka warung kopi anda bisa anda desain se elegant mungkin, anda bisa membentuknya sebagai warung kopi moderen atau yang biasanya di sebut caffe.

Anda bisa menambahkan menu yang bervariasi, lingkungan yang nyaman dengan ruangan yang luas yang bisa untuk meeting atau kegiatan lain.

Cari Tempat Yang Strategis

Setelah menentukan konsep dan target market, langkah selamjutnya adalah cari tempat yang strategis untuk membuka usaha anda. Tempat yang strategis akan sangat berpengaruh pada usaha anda.

Carilah tempat yang ramai di lewati kendaraan, atau bisa juga di dekat komplek perumahan yang ramai atau perkotaan, di dekat kampus juga tempat yang oke.

Perhatikan juga masyarakat yang ada di sekitarnya, apakah termasuk target market anda atau bukan.

Selain tempat yang strategis, faktor lain yang dapat menujang bisnis anda adalah kenyamanan dan kebersihan tempat yang anda gunakan untuk membuka warung kopi.

Perhatikan Desain Interior dan Eksterior Warung Anda

Memperhatikan desain interior warung kopi anda adalah hal yang tak kalah penting.

Karena hal ini sangat berpengaruh untuk menarik calon pelanggan, dengan desain interior yang menarik maka pelanggan juga akan merasa tertarik untuk mengunjungi warung kopi anda.

Apalagi jaman sekarang banyak sekali kaum milenial yang suka berfoto di tempat yang keren dan mengupload nya di media sosial mereka.

Nah hal ini bisa menjadi peluang yang bagus untuk perkembangan usaha anda. Jangan lupa ya selain desain interior dan eksterior yang keren anda juga harus memperhatikan kualitas pelayanan yang baik kepada pengunjung.

Pasarkan Lewat Media Sosial Anda

Zaman sekarang semuanya serba mudah, termasuk memasarkan bisnis.

Kini anda tidak usah repot – repot untuk memasang iklan di koran, menyebar pamflet atau pun brosur yang pastinya akan menambah pengeluaran anda.

Anda hanya perlu memasarkannya dengan cara memposting nya di media sosial saja.

Anda bisa membuat akun baru khusus untuk pemasaran warung kopi anda, dengan membuat konten dan desain yang menarik  tentunya.

Selain itu jangan lupa untuk mendaftarakan usaha ada ke food review google agar warung anda bida dikenal oleh banyak orang.

Anda juga bisa memasarkan menu – menu yang anda jual di aplikasi pengantar makanan atau yang sering kita sebut dengan ojek online. Nah dengan cara – cara ini pasti akan mendongkrak penjualan anda.

Baca Juga : Usaha Sampingan

Pelajari Pembukuan dan Pengelolaan Keuangan

Yang gak kalah penting yaitu sistem pembukuan dan pengelolaan keuangan yang harus anda pelajari.

Dengan pembukuan dan pengelolaan yang tersistematis maka akan memudahkan anda dalam mengetahui untung dan rugi bisnis yang sedang anda kelola.

Jangan lupa untuk memisahkan keuangan pribadi dan keuangan bisnis ya, jangan sampai jadi satu.

Anda bisa mempelajari pembukuan dan pengelolaan melalui internet, atau jika anda tidak ingin ribet bisa saja untuk memperkerjakan akuntan di warung kopi anda. Dengan pengelolaan administrasi yang benar maka hal ini akan sangat berdampak pada usaha anda.

Menyediakan Banyak Pilihan Menu

Salah satu hal yang utama adalah andamenyediakan pilihan menu yang banyak dan bervariasi. Salah satunya anda harus memahami berbagai jenis kopi, contohnya kopi Robusta, kopi Arabika, kopi Liberika, dan masih banyak lagi jenis kopi yang lainnya.

Bukan hanya menu kopi saja, tapi anda juga harus menyediakan menu makanan, baik makanan ringan maupun makanan berat. Contohnya roti bakar, spagetti, kebab, sosis bakar, ataupun menu – menu menarik lainnya.

Selain menu yang bervariasi, wifi juga penting ya, apalagi kaum muda milenial kan nggak bisa hidup tanpa kuota internet? Bener nggak? Ditambah lagi ada live musik.

Wah tambah seru tuh, bukan hanya seru tapi juga mampu menarik banyak pelanggan.

Nggak perlu setiap hari kok live music nya, setiap weekend juga bisa kalo mau lebih menghemat biaya. Dengan hal ini yakin deh warung kopi anda akan semakin ramai.

Memilih Supplier Kopi Yang Baik

Karena menu utama yang anda jual adalah kopi, maka anda harus mempunyai supplier kopi yang sesuai dengan anda.

Supplier kopi sangat berperan penting dalam usaha anda, mengingat anda pasti akan menghidangkan secangkir kopi yang enak kepada para pelanggan.

Pastikan juga untuk mencari supplier kopi dengan harga yang terjangkau dan daerah yang tidak terlalu jauh untuk menghemat biaya kirim nya. Jika anda sudah menemukan nya hal ini akan sangat berpengaruh pada penjualan anda.

Pelayanan Yang Ramah

Setelah ke delapan tips tersebut dijalankan, tidak aka nada artinya bila pelayanan yang anda berikan tidak memuaskan.

Pelayanan yang ramah akan sangat berpengaruh pada usaha anda. Karena salah satu rating yang paling penting adalah pelayanan terhadap pelanggan.

Jika pelanggan merasa terpuaskan dengan cara pelayanan anda, maka hal ini bisa menjadi peluang promosi tanpa keluar biaya lagi.

Mengapa? Karena biasanya setelah pelanggan pulang dari tempat anda pasti mereka akan bercerita kepada teman, saudara bahkan tetangga mengenai warung kopi anda.

Baik itu menu, tempat bahkan pelayanan yang anda berikan. Inilah yang di maksud dengan promosi tanpa biaya. Kalau dalam bahasa jawa adalah getuk tular.

Terus Belajar dan Pantang Menyerah

Saat anda memulai usaha warung kopi ini pasti akan mengalami jatuh bangun, yah hal itu wajar dalam dunia bisnis. Yang harus anda lakukan adalah jangan pernah menyerah dan lakukan usaha lebih daripada sebelumnya.

Dari kegagalan anda bisa belajar hal apa yang harus di tinggalkan, apa yang harus di perbaiki,  apa yang harus di pertahankan, dan apa yang harus di tingkatkan. Karena pengalaman adalah guru yang sangat berharga.

Tetap semangat dalam merintis bisnis anda ya, yakinlah bahwa usaha tidak akan pernah menghianati hasil.

Setelah memahami tips dan trik sebelum mendirikan warung kopi, kini anda bisa menentukan warung kopi jenis apa yang akan anda buka dan anda kembangkan.

Berikut merupakan jenis – jenis warung kopi yang bisa anda rintis dan bisa anda sesuaikan dengan modal yang dimiliki.

Usaha Kedai Kopi Sederhana

Usaha Kedai Kopi Sederhana

Mendirikan usaha warung kopi tidak melulu harus mengeluarkan modal besar. Dengan modal kecil saja anda bisamembuka usaha ini.

Anda bisa membuka warung kopi di depan rumah, atau bisa juga untuk menyewa tempat yang strategis jika memungkinkan.

Warung kopi sederhana juga masih banyak peminatnya, karena yang di tawarkan adalah harga kopi yang lumayan murah, pastinya tidak menguras kantong saat nongkrong di warung kopi sederhana.

Untuk menghemat biaya anda bisa memanfaatkan rumah anda sebagai tempat membuka warung kopi, lebih hemat bukan? Anda hanya tinggal menyediakan menu kopi saja.

Estimasi dana yang dibutuhkan hanya 5 juta saja loh untuk membuka warung kopi sederhana di depan rumah. Membuka warung kopi sederhana juga tidak perlu menyiapkan banyak menu.

Menu wajibnya hanya kopi dan rokok, wah ini nih yang di cari sama bapak – bapak. Ngopi dengan harga murah meriah yang penting bisa nongkrong dan ngobrol sama temen – temen.

Usaha Kedai Kopi Kaki Lima

Usaha Kedai Kopi Kaki Lima

Warung kopi kaki lima jauh lebih hemat daripada warung kopi yang lainnya. Mengapa? Karena untuk membuka warung kopi kaki lima ini hanya butuh gerobak dorong saja.

Anda bisa menyediakan menu kopi sachet atau bisa juga anda tambah menu dengan berjualan nasi bungkus, makanan ringan atau gorengan.

Anda bisa membuka kedai kopi kaki lima ini di pinggir jalan yang memang banya kkendaraan berlalu lalang. Atau anda juga bisa membukanya di tempat – tempat wisata yang ramai pengunjung.

Anda bisa membukanya dengan menyediakan alas duduk saja, warung kopi lesehan lah ya bahasa nya.

Sangat hemat modal, tidak memakan banyak tempat dan yang pasti pemasukan juga lancar yaa. Warung kopi kaki lima ini lebih mengandalkan lokasi ya. Boleh banget nih di coba buat anda yang ingin membuka warung kopi namun dengan modal yang terbatas.

Usaha Warung Kopi di Desa

Usaha Warung Kopi di Desa

Sesuai dengan namanya, usaha warung kopi ini bertempat di desa. Dengan konsep yang sederhana dan lebih mengandalkan suasana di desa, dan inilah poin plus nya.

Contohnya seperti warung kopi yang berada di daerah pegunungan, daerah persawahan ataupun pemukiman warga.

Warung kopi di desa ini juga sangat mudah berkembang, tentunya target marketnya adalah warga desa itu sendiri atau warga perkotaan yang sedang mudik di desa.

Membuka usaha warung kopi di desa tidak membutuhkan modal yang besar.

Karena suasana di desa yang masih asri menjadikan kopi lebih enak bila di nikmati disana. Ini bisa menjadi ide sekaligus peluang untuk anda yang bingung mau buka usaha dengan modal kecil.

Usaha Warung Kopi Modern atau Caffee Shop

Usaha Warung Kopi Modern atau Caffee Shop

Akhir – akhir ini banyak sekali caffe shop yang berdiri. Caffee shop semakin mengibarkan sayap nya karena banyak nya daya tarik yang mereka miliki.

Mulai dari konsep yang mereka buat, strategis nya tempat yang mereka pilih, banyak nya variasi menu yang mereka tawarkan dan desain caffe shop yang keren dan instagramble, yang pastinya cocok dengan selera anak muda jaman sekarang.

Caffee shop ini memang sangat di gemari oleh kalangan muda, karena berbagai poin plus yang mereka miliki. Selain mudah berkembang, caffee shop juga merupakan usaha yang paling banyak diminati oleh pengusaha – pengusaha yang baru terjun ke dunia bisnis.

Usaha ini cocok anda coba jika anda memiliki modal yang lumayan, karena membuka caffee shop tidak cukup dengan modal kecil. Jadi bisa anda fikirkan terlebih dahulu yaa.

Baca Juga : Usaha Untuk Mahasiswa

Untung dan Rugi Usaha Warung Kopi

Untung dan Rugi Usaha Warung Kopi

Selain memahami tips dan jenis warung kopi, penting juga untuk mengetahui hal – hal yang mengakibatkan kegagalan dalam usaha warung kopi anda, simak dan hindari ya

  • Kurangnya riset yang anda lakukan

Melakukan penelitian sebelum mendirikan usaha warung kopi merupakan hal yang penting. Tidak hanya pada bisnis kopi, dalam bisnis – bisnis yang lain hal ini juga berlaku.

Semakin matang anda melakukan penelitian, maka akan semakin siap pula anda untuk terjuan dunia bisnis ini.

Mungkin bila anda perhatikan secara sekilas membuka warung kopi mungkin hal yang mudah, namun jika anda teliti lebih lanjut banyak sekali orang – orang yang gagal dalam pengelolaan bisnis kopi ini.

Mungkin semua orang bisa membuka usaha warung kopi, tapi tidak banyak orang yang berhasil mempertahankan dan mengembankan bisnis warung kopi tersebut.

  • Salah dalam pembuatan perncanaan

Setelah melakukan riset, hal kedua yang harus anda lakukan adlah membuat perencaan secara matang. Perencanaan yang matang juga harus memiliki jangka waktu yang panjang.

Hal yang penting dalam sebuah perancanaan adalah eksekusi dari perencanaan itu sendiri. Percuma dong ya kalau cuma punya rencana tapi tidak anda jalankan.

Anda harus membuat perencanaan yang merinci dan mendalam, step by step yang akan anda lakukan harus jelas dan tersistematis. Hal ini akan mempengaruhi bisnis anda kedepannya.

  • Manajemen yang kurang baik

Semua yang berbau tentang pengelolaan yang ada di warung kopi anda sangatlah penting, mulai dari pengelolaan keuangan, pengelolaan SDM dan penggajian keryawan, pengelolaan planning yang akan dijalankan, dan pengelolan – pengelolaan yang lainnya.

Dengan manajemen sistem yang baik maka akan semakin baik pula perkembangan usaha anda. Namun sebaliknya jika manajemen di warung kopi anda tidak baik, maka bisnis anda akan kacau balau dan dampak terburuknya anda bisa gulung tikar.

Jangan sampai yaa ini semua terjadi. Maka dari itu anda harus mempersiapkan segala sesuatu yang mungkin terjadi dengan cara – cara jitu yang bisa anda terapkan lewat artikel ini.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *