usaha untuk mahasiswa
Ide Bisnis

Usaha Untuk Mahasiswa

Usaha Untuk Mahasiswa – Jadi mahasiswa sering bokek? Atau semua kebutuhan terpenuhi tapi karena mengandalkan biaya dari orang tua? Bukan suatu yang membanggakan bukan?.

Jadwal perkuliahan yang tidak terlalu padat bisa kamu manfaatkan untuk membuka usaha sampingan. Dengan memanfaatkan peluang yang ada anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan, lumayan lah ya buat tambahan jajan, hang out sama temen atau bisa banget buat di tabung.

Namun sebelum memulai usaha sampingan, ada baiknya jika anda mengetahui keuntungan dan kerugian membuka usaha sampingan bagi seorang mahasiswa.

Keuntungan Membuka Usaha Bagi Mahasiswa

Keuntungan Membuka Usaha Bagi Mahasiswa

  • Mandiri financial

Keuntungan yang pertama yaitu mandiri dalam hal keuangan, ini juga merupakan tujuan dalam berbisnis di usia muda apalagi masih berstatus mahasiswa.

Anda bisa meringankan beban orangtua dengan membantu perekonomian mereka lewat berbisnis.

Apalagi kebutuhan kuliah juga teramat banyak, nah dengan cara ini anda bisa memenuhi kebutuhan tersebut tanpa harus meminta kepada orangtua.

Menjadi seorang mahasiswa yang berpenghasilan adalah hal yang keren bukan? Bukan hanya keren tapi pastinya juga banyak keuntungan yang akan anda dapat.

  • Keahlian berbisnis akan semakin terasah

Memulai berbisnis saat berstatus mahasiwa akan semakin baik, karena bukan hanya pengalaman, tapi juga keahlian akan semakin terasah.

Ada pepatah yang mengatakan “Habiskan jatah gagaglmu di usia muda” naah kata – kata ini nih yang harus di inget.

Semakin sering anda gagal maka akan semakin cepat anda mencapai kesuksesan, mengapa? Sudah pasti dengan kegagalan – kegagalan itu kan membuat anda semakin faham bagaimana menjalankan bisnis dengan baik.

Apa yang harus di tingkatkan, apa yang harus di tinggal kan, dan apa yang harus di perbaiki.

Memulai bisnis sedari muda juga akan membuat pikiran semakin kreatif dalam berinovasi, pasalnya dalam dunia bisnis akan selalu muncul persaingan, hal ini yang mampu membuat anda semakin kreatif dalam pengembangan usaha yang sedang anda tekuni.

  • Punya banyak relasi

Keuntungan selanjutnya anda jadi punya banyak relasi, karena sudah semestinya dalam berbisnis anda akan melibatkan banyak orang.

Mulai dari pelanggan, suplier, karyawan, dan patner bisnis. Dengan berbisnis maka anda akan membangun relasi atau relasi yang lebih luas.

Dengan relasi yang luas akan semakin memudahkan anda dalam berbisnis. Mulai dari saling berbagi pengalaman dalam kegagalan dan dalam kesuksesan. Anda bisa mengambil banyak manfaat  dari hal ini untuk kemajuan atau perkembangan bisnis anda.

  • Sudah terbiasa mencari pendapatan sendiri sebelum lulus

Tidak harus menunggu lulus untuk mendapatkan penghasilan tambahan, anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan saat di masa kuliah.

Jadi saat anda lulus mencari uang bukan merupakan persoalan yang baru. Jika anda sudah terbiasa maka anda akan semakin mudah dalam mencari rezeki.

Bukan hanya pengalaman saja yang anda punya, tapi anda juga pasti mempunyai skill yang baik dalam berbisnis dan relasi yang luas.

Anda bisa memanfaatkan hal ini dlam mencari pekerjaan, atau jika anda tidak suka di perintah orang lain maka anda bisa membuka usaha dengan skill dan pengalaman yang anda miliki.

  • Lebih percaya diri dalam menatap masa depan

Dengan skill yang mumpuni, pengalaman bisnis yang anda punya, relasi yang luas, ditambah lagi pelajaran dan pengalaman yang anda dapatkan saat menjadi mahasiswa akan menjadikan anda semakin percaya diri dalam menatap masa depan.

Dan dengan itu anda juga tidak akan kebingungan ketika lulus kuliah mau kerja apa?, kerja dimana? Keuntungan ini yang bisa anda dapatkan dalam berbisnis di usia muda dan hal ini akan menjadikan anda lebih percaya diri untuk memasuki dunia bisnis yang lebih luas.

  • Punya tabungan di usia muda

Salah satu keuntungan dari berbisnis adalah anda bisa punya kesempatan menabung lebih banyak di usia muda.

Sebagai seorang pebisnis sudah semestinya untuk mempersiapkan dan memikirkan masa yang akan datang, mulai dari pengembangan usaha, mencukupi kebutuhan pribadi, mempersiapkan dana darurat untuk kebutuhan tidak terduga  dan banyak lagi.

Peluang ini bisa anda manfaatkan ketika masih menjadi mahasiswa, dan ketika anda lulus anda bisa mengembangkan bisnis dengan uang tabungan anda. Bukankah lebih menyenangkan menabung di masa luang?

Baca Juga : Usaha Sampingan

Kerugian Membuka Usaha Bagi Mahasiswa

Kerugian Membuka Usaha Bagi Mahasiswa

Bukan hanya keuntungan yang anda dapatkan, kerugian juga anda rasakan ketika memulai bisnis sambil kuliah, yaitu :

  • Kuliah jadi keteteran

Ini nih yang diraskan oleh banyak mahasiswa yang sekaligus terjun di dunia bisnis. Kuliah jadi keteteran karena banyak nya tugas yang di berikan oleh dosen beserta deadline nya yang mepet bangeet.

Belum lagi kalau anda juga mengikuti kegiatan kampus atau jika semester perkuliahan anda sudah memasuki fase – fase terakhir, pasti jadi lebih sibuk lagi yaa.

Yang penting anda harus selalu siap sedia dalam begadang mengerjakan tugas, dan menangani problem – problem yang muncul di bisnis anda, tips nyaa adalah dahulukan mana yang lebih genting daripada sekedar penting.

Anda juga harus belajar untuk memanajemen waktu dengan baik.

  • Waktu istirahat berkurang

Karena dikejar deadline dan kesibukan bisnis anda maka hal ini wajar saja terjadi. Memang sudah seharusnya jika anda harus mengorbankan waktu untuk kedua kegiatan yang anda lakukan bersamaan, yaa kuliah dan berbisnis.

Anda harus pandai – pandai dalam manajemen waktu, waktu kuliah, waktu berbisnis, waktu tidur apalagi waktu main. Bisa – bisa anda nggak punya waktu main kalau setiap hari anda disibukkan dengan kedua kegiatan itu.

Tapi jika anda pandai dalam me manajemen waktu maka semuanya bisa dilakukan, hanya saja sedikit mengurangi porsi pembagian waktu nya. Anda harus mencatat jadwal kegiatan mana saja yang harus anda dahulukan.

Dengan mengetahui kekurangan dan kelebihan berbisnis sambil kuliah maka anda bisa mempertimbangkannya terlebih dahulu.

Karena anda lebih memahami diri anda sendiri, kemampuan yang anda miliki dan limit diri. Karena hal ini juga pastinya akan banyak melibatkan tenaga, waktu dan pikiran.

Jika anda mampu dalam menjalankan keduanya kenapa tidak? Tapi jika tidak lebih baik anda fokus kuliah dulu ya.

Untuk anda yang ingin memulai bisnis sambil kuliah berikut merupakan ide bisnis untuk mahasiswa yang bisa anda coba.

Contoh Usaha Untuk Mahasiswa

Usaha Sampingan Jasa Les Privat

Usaha Sampingan Jasa Les Privat

Jasa les privat bisa dilakukan oleh mahasiswa jurusan apa saja yang tertarik mengajar dan mengetahui pengetahuan dalam pendidikan, apalagi jika mahasiswa jurusan pendidikan, les privat ini boleh banget di coba.

Selain tidak setiap hari, jasa les privat juga bisa dilakukan di rumah. Anda bisa membuka jasa les privat secara mandiri atau anda juga bisa bergabung dengan lembaga yang sedang mengelola kegiatan les privat. Bukan hanya menambah pengalaman tapi juga bisa menambah penghasilan pastinya.

Jasa Pembuatan Konten Artikel

Jasa Pembuatan Konten Artikel

Buat mahasiswa yang suka menulis, usaha sampingan ini cocok banget buat anda. Apalagi zaman sekarang banyak sekali orang yang mencari informasi melalui internet.

Tak heran jika website – website banyak bermunculan baik yang berisi informasi maupun promosi.

Menulis artikel bisa dilakukan mahasiwa semua jurusan, selain bisa dikerjakan di rumah atau di kost, usaha ini juga tidak membutuhkan banyak modal.

Usaha ini juga mudah berkembang jika penulisan artikel dilakukan secara rutin dengan trik – trik tertentu, tertarik untuk mencoba?

Jasa Desain Grafis

Jasa Desain Grafis

Usaha sampingan ini bisa dilakukan untuk mahasiswa yang mempunyai skill dalam desain grafis. Jasa desain grafis banyak di butuhkan oleh masyarakat di era milenial ini.

Banyaknya pengusaha yang akan membuka bisnis juga membutuhkan jasa desain grafis untuk keperluannya, seperti membuat desain logo, mencetak banner dan lainnya.

Membuka usaha desain grafis tidak membutuhkan banyak modal, anda hanya menyediakan laptop dan printer saja, tentunya dengan keahlian yang anda miliki ya.

Usaha ini bisa anda kerjakan di sela – sela kesibukan kuliah, atau saat anda memiliki waktu luang

Membuka Toko Online

Membuka Toko Online

Jika anda ingin membuka toko pasti dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, anda harus mempunyai bangunan toko, mencari lokasi yang strategis, belum lagi untuk membeli persediaan barang dagang.

Namun saat ini anda bisa membuka toko online secara gratis dengan memanfaatkan aplikasi marketplace yang bisa anda download di smartphone anda.

Online shop merupakan usaha yang banyak diminati saat ini. Pasalnya selain mudah pengelolaanya, persyaratan membuka toko online juga tidak terlalu ribet.

Dengan adanya marketplace maka anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuka toko online secara gtratis.  Jika anda tidak memiliki banyak modal, maka anda bisa menjadi dropshiper. Jadi anda tidak usah menyetok barang dagangan.

Membuka toko online juga bisa dilakukan oleh semua mahasiswa di setiap jurusan, mudah bukan?

Menjadi Fotografer

Menjadi Fotografer

Menjadi seorang fotografer merupakan usaha yang bisa di jalankan sambil kuliah. Tidak membutuhkan modal yang terlalu besar kok, syaratnya hanya punya kamera dan skill memotret yang bagus.

Untuk memulainya anda bisa memperkenalkan hasil jepretan anda pada teman, kerabat dan keluarga anda. Atau anda bisa mempostingnya di media sosial anda.

Kalau anda sudah punya banyak teman maka hal itu akan membuat peluang anda semakin besar.

Anda bisa mulai bergabung dengan studio foto, wedding organizer atau bisa juga untuk bergabung dengan event – event lainnya yang membutuhakn jasa pemotretan.

Dengan cara ini  usaha anda bisa menjadi terkenal dan berkembang.

Jualan Pulsa dan Kuota Internet

usaha untuk mahasiswa

Usaha ini memang membutuhkan modal kecil, tapi jangan salah untungnya juga lumayan. Tidak harus mempunya tempat untuk berjualan, anda bisa mengirformasikan kepada tetangga, teman atau kerabat melalui tulisan di depan rumah atau melalui sosial media anda. Dimanapun dan kapanpun transaksi bisa dilakukan, mudah bukan?

Cocok banget untuk mahasiswa yang ingin membuka usaha sampingan ini, pasalnya semua orang pasti membutuhkan pulsa atau kuota internet, memang kuota internet dan pulsa merupakan suatu kebutuhan di era sekarang. Dan usaha ini pasti tidak ada matinya, tertarik untuk memulainya?

Waiters atau Barista

usaha untuk mahasiswa

Menjadi seorang waiters atau barista merupakan sebuah profesi sekaligus usaha sampingan sebagai seorang mahasiswa.

Menjadi seorang barista adalah hal yang cocok untuk mengisi waktu luang anda sepulang kuliah .

Menjadi seorang barista juga bukan perkara yang mudah karena anda di tuntut untuk menyajikan secangkir kopi yang enak, biasanya akan ada training awal 2-3 bulan untuk barista baru.

Karena maraknya caffeshop di era milenial ini menjadikan profesi barista banyak dibutuhkan, anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk menanbah penghasilan dan pengalaman baru anda.

Make Up Artis

usaha untuk mahasiswa

Jika anda mempunyai keahlian merias wajah maka hal ini bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan sebagai seorang mahasiswa.

Jasa rias akan selalu di butuhkan, baik itu make up wisuda, make up untuk tunangan, make up untuk akad nikah dan pesta pernikahan atau pun make up – make up lain untuk acara formal lainnya.

Pandai dalam merias wajah bukan hanya sebagai hobi, tapi anda bisa menjadikannya sebagai usaha sampingan saat berstatus mahasiwa, anda bisa join dengan wedding organizer untuk mengambangkan dan mengasah skill anda

Driver Ojek Online

usaha untuk mahasiswa

Menjadi driver ojek online merupakan sebuah profesi dan usaha sampingan yang bisa anda coba. Anda bisa melakukan profesi ini sepulang kuliah atau jika anda memiliki waktu luang. Pekerjaan atau usaha sampingan ini tidak terikat oleh waktu.

Menjadi driver ojek online juga menyenangkan karena pekerjaannya jalan –jalan, selain itu profesi atau usaha sampingan ini banyak di gandrungi oleh masyarakat.

Selain persyaratan yang mudah, menjadi driver ojek online juga tidak terikat oleh jam kerja, jadi cocok nih buat mahasiswa yang mau mendapatkan penghasilan tambahan di sela – sela waktu kuliahnya.

Semakin berkembangnya zaman maka muncul pula aplikasi yang memang melatar belakangi munculnya ojek online.

Kini ojek online tidak hanya mengantar penumpang saja namun sekarang ojek online juga menerima jasa mengantar barang, jasa membelikan makanan dan mengantarkannya. Semakin canggih bukan?

Berjualan Makanan Ringan

usaha untuk mahasiswa

Usaha sampingan berjualan makanan ringan juga memiliki peluang untuk memberikan penghasilan yang lumayan. Selain modal  yang dikeluarkan tidak terlalu besar, usaha ini juga mudah dalam mendapatkan pelanggan.

Masyarakat Indonesia yang konsumtif menjadi latar belakang munculnya banyak cemilan yang beraneka ragam. Nah anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuka usaha berjualan makanan ringan.

Anda bisa memasarkan brand makanan yang sudah terkenal atau anda juga bisa berinofasi dalam membuat jajanan sendiri.

Apalagi jika jajanan anda adalah jajanan yang sehat, bergizi dan aman dikonsumsi sehari – hari, pasti akan laris terjual.

Jangan lupa untuk menentukan strategi pemasaran yang akan anda terapkan karena hal ini akan sangat berpengaruh kepada usaha yang anda jalankan.

Anda bisa memasarkan kepada teman – teman kampus, lingkungan rumah dan bisa lebih luas lagi.

Baca Juga : Usaha Untuk Ibu Rumag Tangga

Jasa Pengetikan

Tips Jalankan Bisnis Rumahan Untuk Raih Hasil yang Optimal

Bagi anda yang mempunyai kemampuan mengetik secara cepat, anda bisa membuka usaha sampingan ini. Selain bisa dikerjakan di rumah usaha ini juga tidak memerlukan modal besar.

Jasa pengetikan merupakan usaha yang banyak di butuhkan oleh orang dewasa maupun pelajar. Jasa  pengetikan biasanya dibutuhkan untuk orang yang dikejar waktu atau deadline.

Usaha ini bisa anda jadikan sebagai usaha sampingan di rumah atau sepulang kuliah tanpa mengganggu kewajiban utama anda.

Anda bisa memasarkan nya secara online di media sosial anda atau ke teman – teman terdekat anda melalui broadcast.

Jasa pengetikan online ini hanya membutuhkan kuota internet, laptop, kertas HVS dan printer saja. Cukup mudah bukan untuk mengerjakannya di rumah? Selain mudah anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *