usaha barbershop
Ide Bisnis

Usaha Barbershop

Usaha barbershop – Usaha barbershop (cukur rambut) merupakan sebuah usaha sekaligus profesi yang bisa anda buka jika anda mempunyai hobi di bidang ini.

Barbershop juga merupakan bisnis yang mudah berkembang, pasalnya usaha ini juga banyak dibutuhkan oleh kaum pria yang suka tampilan keren dan stylish.

Usaha barbershop bisa anda coba untuk usaha sampingan anda, selain modal yang di keluarkan tidak terlalu banyak barbershop ini juga cocok untuk anda yang punya skill dalam memotong rambut.

Memang sih menjadi seorang pencukur rambut bukan hal yang mudah, karena anda harus selalu update gaya rambut yang saat ini sedang trend dan banyak diminati oleh para pelanggan.

Untuk anda yang ingin membuka usaha ini dan bingung mulai dari mana, apa yang harus di persiapkan dan yang harus dilakukan, nih simak tips berikut ini ya…

Hal yang Harus Dipersiapkan

tips dan trik usaha barbershop

Sebeluma anda membuka usaha barbershop, ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan untuk kelancaran dalam memulai bisnis ini. Hal – hal tersebut yaitu:

  • Tentukan Lokasi yang Strategis

Menentukan lokasi amatlah penting, dengan lokasi yang strategis maka itu akan berpengaruh pada usaha anda. Membuka barbershop di daerah perkotaan, dekat dengan jalan raya, dekat dengan caffee dan tempat nongkrong anak muda juga tempat yang tepat.

Lokasi yang anda sewa sangat berpengaruh terhadap target market anda. Anda bisa menyewa ruko yang dekat dengan kos, kampus, perkantoran, kompleks ataupun tempat – tempat starategis lainnya. Namun jika rumah anda terletak di tempat yang strategis anda sudah tidak perlu lagi menyewa tempat, menjadikan rumah sebagai tempat usaha merupakan ide yang bagus, selain bisa menghemat biaya sewa, anda juga masih bisa menghabiskan waktu dengan keluarga tercinta di rumah.

  • Membeli Peralatan Barbershop

Peralatan yang di butuhkan dalam usaha barbershop sangat beragam. Peralatan ini amat di butuhkan dalam usaha ini. Dengan memiliki alat yang lengkap maka hal ini akan semakin mempermudah dalam menjalankan usaha cukur rambut ini, apa aja sih yang di butuhkan?

  1. Clipper

Clipper adalah senjata utama barberman. Jadi wajib banget buat anda milikin alat ini. Clipper dijual di pasaran dengan harga yang beragam, mulai dari 200,000 sampai dengan jutaan. Jadi anda harus membeli sesuai dengan kebutuhan dan target pasar.

Tidak perlu terlalu mahal, yang penting anda bisa memiliki alat ini sebagai peralatan utama usaha anda.

  1. Gunting rambut

Peralatan yang satu ini juga wajib banget buat anda miliki. Gunting adalah senjata utama barberman. Gunting rambut berbeda dengan gunting yang biasa digunakan pada umumnya.

Gunting rambut di desain khusus dengan tipe full stainless stell, jadi gunting rambut lebih tahan lama, dan tingkat presisinya lebih tinggi sehingga menghasilkan potongan yang bagus dan rapih.

Harga gunting barbershop juga berkisar 100.000 sampai dengan jutaan. Di marketplace juga banyak yang menjualnya. Dan mereka biasanya menjual 1 set gunting barberman. Jadi anda lebih mudah untuk menjumpai dan membelinya.

  1. Sisir

Sisir juga sangat di butuhkan oleh barberman. Biasanya sisri jenis tail comb sangat di gemari oleh barberman. Karena sisir jenis ini mempunyai desain gigi yang rapat dengan ujung pegangan yang lancip.

Karena jenis sisir ini banyak sekali dijual di pasaran dengan merk yang beragam, maka anda bisa memilih sesuai dengan selera dan kebutuhan anda. Sisir rambut model tail comb berkisar 5.000 sampai 50.000, terjangkau bukan?

  1. Trimmer

Trimmer merupakan peralatan terbaru yang di gunakan oleh barberman Indonesia. Trimmer adalah  alat cukur versi baru yang tidak menggunakan kabel dan kepalanya bisa di sesuaikan sehingga memudahkan dalam proses pemangkasan rambut.

Trimmer bisa anda beli di marketplace dengan harga sekitar 200.000 sampai dengan 1 jutaan, tergantung brand dan keunggulannya ya.

  1. Shaver

Shaver merupakan alat cukur yang memiliki banyak kelebihan. Alat cukur ini bisa mencukur berbagai jenis rambut, muali dari jenis rambut lurus, keriting, kasar, halus, dan lain-lain.

Shaver memiliki banyak jenis mata pisau. Ada reciprocating, rotasi, rotary, dan lain – lain. Kamu bisa memilih mata pisau sesuai dengan kebutuhan dan target pasar mu. Harganya berkisar 200.000 samai dengan 500.000.

  1. Razor

Razor biasa dikenal dengan pisau pangkas yang berfungsi untuk memangkas rambut dan membentuk garis rambut agar terlihat lebih rapih dan bersih.

Pisau cukur ini memiliki banyak jenis. Ada yang berbentuk lipat dan beberapa orang terkadang menggunakan razor untuk mengganti shaver. Anda bisa membelinya seharga 75.000 sampai dengan 250.000 saja.

  1. Water spray

Water spray biasanya digunakan oleh barberman sebelum memotong rambut untuk menyemprotkan hair tonic.

Fungsinya adalah agar rambut mudah di atur sebelum di pangkas. Selain itu agar tidak merasakan sakit ketika rambut di sasak meggunakan gunting.

Kamu bisa membuat dan meracik sendiri hair spray yang akan anda gunakan sebelum memangkas rambut, atau kamu juga bisa membeli hair tonic secara instant di toko jika tidak ingin repot meraciknya.

Water spray tersedia dengan berbagai harga, mulai dari 25.000 sampai dengan 100.000 saja. Dan bila anda meraciknya sendiri mungkin akan menjadi lebih hemat.

  1. Cairan disinfektan

Kebershan dan higienisan alat – alat barbershop masih jarang di perhatikan, apalagi dalam membeli disinfektan ini. Banyak barberman yang tidak menggunakan cairan ini lantaran tidak ingin ribet.

Cairan disinfektan ini digunakan untuk membersihkan dan membunuh kuman yang ada di peralatan mencukur kamu.

Dengan begitu peralatan yang kamu gunakan akan menjadi higienis dan tidak akan mengakibatkan infeksi pada pelanggan yang tidak sengaja kamu lukai dengan silet atau apapun yang kamu gunakan ketika mencukur nya.

Cara penggunaan cairan disinfektan ini cukup mudah, anda hanya perlu mencelupkan alat cukur yang sudah anda gunakan di dalam cairan disinfektan ini, seperti gunting, silet dan lainnya.

Harga nya berkisar 50.000 sampai dengan 150.000 per 5 liter nya.

Baca Juga : Usaha Sampingan

  1. Kain penutup badan

Kain ini digunakan untuk menutup badan pelanggan saat di cukur. Fungsinya agar rambut tidak jatuh di badan dan pakaian sehingga menyebabkan badan terasa gatal karena terkena potogan rambut

Anda bisa mendapatkannya di toko kain dengan harga yang terjangkau, mulai dari 35,000 sampai dengan 90,000 aja.

  1. Jepit buaya

Jepit buaya biasanya digunakan sebelum memangkas rambut. Jepit buaya digunakan untuk menjepit sebagian rambut yang akan di potong.

Jepit buaya sangat mudah di jumpai di pasaran, dengan harga mulai 2,000 sampai dengan 15,000 anda sudah bisa mendapatkan jepit buaya ini.

 

  1. Sikat bulu

Sikat bulu digunakan untuk membersihkan sisa – sisa potongan rambut yang menempel di badan atau leher.

Biasanya sebelum menggunakan sikat bulu pelanggan akan di bedaki dengan baby powder terlebih dahulu untuk mempermudah dalam membersihkan sisa – sisa rambut yang menepel.

Sikat bulu harga nya juga terjangkau, hanya 25,000 anda bisa mendapatkannya. Anda bisa membelinya di toko perlengkapan barbershop ataupun di marketplace.

  1. Silet cukur

Silet cukur juga penting untuk dimiliki seorang barberman. Silet biasa nya digunakan untuk merapikan hasil cukuran. Silet cukur mudah dijumpai di pasaran.

Anda bisa membelinya seharga 20.000 per paket nya. Harga bisa lebih murah atau lebih mahal, tergantung dari brand yang anda pilih.

Nah itulah beberapa peralatan yang harus kamu siapkan sebelum membuka usaha barbershop. Harga nya juga tidak bisa mutlak, karena harga bisa lebih murah dari yang anda perkirakan. Yang pasti masih di bawah 5 jutaan lah ya.

  1. Membeli perabotan toko

Selain peralatan anda juga wajib mempunyai perlengkapan sebelum membuka usaha barbershop. Maka dari itu anda harus mempersiapkan modal untuk hal tersebut, berikut rinciannya:

  1. Kursi pangkas rambut 2 set, sekitar 1.000.000
  2. Cermin besar 2 set dan meja rias, sekitar 3.000.000
  3. Cermin kecil 2 buah, sekitar 50,000

Perkiraan itu bisa kurang ataupun lebih. Jika anda mempunyai modal lebih maka anda bisa membeli perabotan lain untuk membuat ruang pangkas anda lebih nyaman, seperti menyediakan AC, menyediakan sound untuk memutar lagu, menyediakan pengharum ruangan, dan yang lainnya.

Tetapi jika modal anda pas – pasan anda cukup menyediakan perlengkapan dan peralatan yang anda benar – benar di perlukan dan sesuai budget anda saja.

  • Mempersiapkan Modal Operasional

Selanjutnya setelah mempersiapkan modal awal untuk pembukaan usaha anda, anda juga memerlukan modal untuk biaya operasional usaha barbershop  yang tengah anda jalankan. Biaya yang akan anda keluarkan meliputi biaya listrik, biaya air, dan biaya tak terduga lainnya. Anda bisa menyiapkan budget sekitar 1 jutaan.

Biaya operasional bisa bertambah jika anda memiliki karyawan dan usaha anda semakin besar, maka akan semakin besar juga biaya operasional yang harus anda keluarkan setiap bulannya.

  • Promosi atau Marketing

Promosi atau marketing juga penting karena akan mempengaruhi usaha anda. Anda bisa melakukan promosi melalui berbagai media. Mulai dari pemasangan papan iklan, atau anda bisa promosikan secara online melalui media sosial anda

Promosi yang paling penting adalah pelanggan anda. Mengapa? Jika para pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang anda berikan, maka mereka akan otomatis mempromosikan usaha anda kepada teman – temannya.

Anda juga bisa mempromosikan lewat brosur – brosur yang anda sebar. Dengan cara yang menarik melalaui grand opening dan soft opening, maka hal ini akan menarik pelanggan untuk mendatangi barbershop anda.

  • Buat Ruangan Senyaman Mungkin

Membuat ruangan menjadi nyaman merupakan poin tambahan untuk tempat usaha anda. Membuat ruangan nyaman akan dapat menarik pelanggan lebih banyak.

Karena kadang ada beberapa pelanggan yang tidak langsung bercukur, namun menunggu antrian karena banyak nya pengunjung yang datang.

Nah penting banget untuk membuat tempat usaha anda nyaman, nyaman buat cukur, nyaman juga untuk menunggu antrian.

Jika anda membuat tempat menjadi nyaman, pasti pengunjung tidak akan merasa bosan meski harus lama menunggu.

Anda bisa menyediakan majalah untuk dibaca, menyediakan AC, menyediakan Wifi, pelayanan full music atau anda juga bisa menambah mini caffe.

Lumayan kan dengan menyediakan mini caffe pendapatan anda jadi semakain bertambah.

Dijamin deh pelanggan akan merasa nyaman dan bakal balik lagi ke barbershop anda.

Baca Juga : Usaha Warung Kopi

  • Ikuti trend gaya rambut

Tujuan awal pelanggan ke barbershop adalah untuk merapikan rambut. Bila anda menyediakan berbagai pilihan gaya rambut yang sedang trend maka hal itu akan mampu menarik para pelanggan.

Apalagi jika anda memiliki target pasar anak muda, pasti banyak anak muda yang akan tertarik untuk mengunjungi barbershop anda.

Untuk mengetahui tren gaya rambut saat ini anda bisa mengikuti training memangkas rambut yang baik. Jika training dinilai terlalu mahal untuk di ikuti, maka anda juga bisa mengikuti training melalui internet.

Lebih hemat bukan? Hanya bermodal kuota internet saja anda bisa menambah informasi tentang gaya potong rambut yang keren tentunya.

Resiko usaha barbershop

Resiko usaha barbershop

Setelah anda mengetahui berbagai informasi mengenai usaha barbershop, kini anda juga harus mengetahui kelemahan usaha barbershop yang akan anda dirikan.

  • Modal bisnis yang tidak sedikit

Membuka usaha barbershop memerlukan modal yang lumayan, tidak seperti membuka usaha pangkas rambut biasa yang modalnya tidak terlalu besar.

Karena banyak nya peralatan dan perlengkapan yang harus disediakan dalam usaha barbershop inilah yang menjadi alasan utama.

Belum lagi jika anda memperkerjakan karyawan dan setiap bulan harus menggaji nya. Biaya akan menjadi semakin besar jika and menyewa tempat untuk usaha barbershop anda. Yang pasti menyewa tempat yang strategis juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

  • Belum memiliki pengalaman di bidang barberman

Jika anda belum memiliki pengalaman di bidang barbershop, sebaiknya anda menggali banyak informasi sebelum membuka usaha ini. Tidak hanya ditemukan saat training saja, namun informasi juga bisa anda peroleh melalui internet

Bagi anda yang membuka usaha barbershop untuk pertama kalinya maka wajar saja jika anda banyak melakukan kesalahan, makanya penting banget untuk mengikuti kursus mencukur ya.

  • Sulit menemukan target pasar

Hal selanjutnya yang akan menjadi kelemahan bisnis ini adalah sulitnya menentukan target pasar. Mengapa? Karena tarif barbershop yang lebih mahal dari pangkas rambut lainnya adalah salah satu faktornya.

Lokasi yang tidak strategis, banyak yang sudah memiliki langganan pangkas rambut juga merupakan faktor pendorong nya.

  • Sulit menemukan karyawan yang cocok

Mencari karyawan juga bukan perkara yang mudah. Apalagi mencari karyawan yang handal dan sudah terbiasa dalam hal mencukur rambut, pasti tidak banyak yang memiliki keahlian tersebut. Ditambah lagi jika gaji yang di tawarkan tidak sesuai dengan keinginanya.

Dan jika sudah mendapat karyawan yang handal dalam hal mencukur rambut, biasanya mereka juga akan resign dan ingin membuka usaha sendiri.

Yakin deh pasti banyak yang kayak gini. Nah anda juga harus antisipasi dengan hal ini. Anda juga harus memiliki skill yang sama dalam hal memangkas rambut, agar ketika karyawan anda resign usaha anda masi tetap berjalan.

  • Ketatnya persaingan

Banyak nya persaingan yang ada pada usaha barbershop juga merupakan kelemahan bisnis ini. Jika usaha anda biasanya ramai namun kali ini sepi pelanggan bisa jadi ada kompetitor lain yang baru saja membuka usaha yang sama dengan anda. Yang harus anda lakukan adalah semakin berinovasi dalam menjalankan bisnis anda.

Dengan inovasi yang keren dan kreatif dijamin deh pelanggan yang sudah lari bakalan balik lagi. Persaingan bukan hanya ada di usaha barbershop saja, namaun persaingan pasti di alami oleh berbagai jenis usaha, dimanapun dan kapanpun.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *