ternak kelinci
Mamalia

Ternak Kelinci

Ternak Kelinci – Indonesia merupakan negara dengan kekayaan alam yang berlimpah. Banyak tumbuhan yang tumbuh subur di negeri pertiwi ini. Oleh karena itu tentunya sebagai warga negara harus bisa memastikan apa yang bisa dikembangkan.

Berbicara mengenai apa yang bisa dikembangkan, salah satu yang mungkin sudah banyak yang menjalankanya adalah budidaya atau ternak. Nah untuk kali ini yang akan mimin bahas adalah ternak kelinci, mulai dari cara, kandang, propek dan lain sebagainya.

Cara Ternak Kelinci

Cara Ternak Kelinci

Mempunyai keinginan untuk budidaya namun belum tahu tips dan caranya tentunya akan berimbas pada tingkat keberlanjutan. Namun perlu diketahui terlebih dahulu bahwa ada dua jenis kelinci yaitu kelinci budidaya dan kelinci hias.

Kelinci sendiri sangat disukai oleh anak – anak karena memang mempunyai bentuk yang imut dan menggemaskan, jadinya banyak yang beternak untuk sekedar menjadi teman atau dijadikan usaha.

Dari kedua tersebut tentu tidak ada batasan karena banyak yang awalnya kelinci hias dan selanjutnya dijadikan kelinci pedaging. Namun bagaimana sih cara berternak kelinci yang benar dan bisa menghasilkan ? cek dibawah ini.

1. Pemilihan Bibit Kelinci

Pertama yang tidak boleh kamu sepelekan adalaha pemilihan dari kelinci yang ingin kamu ternak.

Secara umum seperti yang sudah mimin jelaskan diatas, bahwa kelinci mempunyai 2 jenis didunia, yaitu pedaging dan kelinci hias.

Pertama pastikan dulu jenis yang ingin kamu ternak, setelah itu bisa memilih dengan kriteria yang pas agar pertumbuhannya bagus. Namun apa saja sih kriteria yang perlu dijadikan panduan ? cek dibawah :

  • Aktif
  • Tidak nervous
  • Bermata bersih
  • Tidak sakit
  • Terawat
  • Tidak cacat
  • Bulu tidak kusam
  • Fertlitas tinggi

2. Makanan yang Sehat dan Bergizi

Untuk makanan kelinci secara umum bisa diberi sayuran atau pelet. Namun dari kedua jenis makanan itu tentu kamu harus memberikan jadwal dan takaran yang pas agar vitamin yang masuk ke tubuh kelinci bisa bekerja dengan baik.

Seperti halnya pemberian pelet, jangan sampai kamu memberikan setiap hari sampai tidak mengkonsumsi sayuran atau buah – buahan. Karena itu akan berpengaruh ke kesehatan dari kelinci.

Baca Juga : Makanan kelinci

3. Kebersihan Kandang

Kebersihan pangkal sehat. Lah dari kata – kata diawal tadi tentu juga berlaku pada kamu yang sedang usaha ternak kelinci.

Kelinci akan mudah terserang penyakit jika kamu tidak memperhatikan kebersihan dari kandangnya.  Selain itu jika kelinci terkena penyakit, resiko untuk menularkan ke manusia juga sangat mungkin.

4. Faktor Lingkungan

Lingkungan tempat kandang berada juga berpengaruh loh dengan perkembangan dan pertumbuhan dari kelinci.

Biasanya jika lingkungan bising dan kamu mempunyai kelinci yang masih kecil akan mudah terkena stree dan ketakutan.

Oleh karena itu posisi tempat berternak harus diperhatikan.

Kandang Ternak Kelinci

kandang kelinci

Secara garis besar yang perlu jadi perhatian para peternak yaitu kandang yang tidak membuat kelinci mudah stres. Salah satu faktor adalah kondisi lingkungan dan luas dari kandang.

Memberikan kandang yang membuat kelinci nyaman tentunya akan berdampak baik pada tingkat pertumbuhan dari kelinci.

Adapun yang perlu kamu siapkan saat membuat kandang adalah sebagai berikut :

  • Jarak Kandang

Banyak yang belum mengetahui tentang bahaya yang bisa ditimbulkan jika menaruh kandang kelinci dekat dengan rumah atau malah dekat dengan dapur dan ruang makan.

Kelinci mempunyai masalah kesehatan yang bisa menular ke manusia. Selain itu pastikan terkena sinar matahari.

Khawatirnya jika terlalu denkat dengan rumah cahaya ke kandang akan kurang, jadi pertumbuhan akan terganggu.

  • Besar Kandang

Besar dan luas dari kandang perlu diperhatikan agar perkembanganya juga tidak terganggu. Pastikan kelinci bisa bergerak bebas dan tidak terlalu kecil sehingga kelinci sulit untuk bergerak.

  • Jenis Kandang

Untuk jenis kandang kelinci ada 2 yaitu dengan sistem terbuka dan sistem tertutup. Jika penasaran bisa mampir di SINI.

Untuk bahan yang digunakan yang paling mudah adalah menggunakan kayu atau bambu, dan bisa dibuat sesuai dengan keinginan.

Jika mau yang lebih awet kamu bisa menggunakan bahan besi atau kawat. Namun sebelum memutuskan membuat kandang, tentukan dulu jumlah yang ingin diternak agar memilih bahan yang sesuai dan tidak terlalu menguras keuangan kamu.

Prospek Ternak Kelinci

Prospek Ternak Kelinci

Ternak kelinci di Indonesia merupakan paluang yang sangat menggiurkan, karena saat ini masih sangat jarang orang yang bergelut dibidang ini. Mungkin ada tapi belum sebanyak ayam, lele atau lainya.

Dengan peluang yang masih banyak tentu peluang mendulang uang yang banyak bisa terealisasi.

Selian minim saingan, permintaan pasar akan kelinci juga terbilang tinggi. Tunggu apa lagi langsung saja bergerak di ternak hewan yang satu ini.

Harga kelinci sendiri cukup tinggi dipasaran. Menjalankan usaha ini merupakan langkah yang pas dengan minim saingan, permintaan tinggi dan harga jual yang juga tinggi.

Memang benar cara beternak tidak semudah ternak lele dan semacamnya, karena dibutuhkan ketelatena dan ke ekstra hati – hatian. Namun dengan prospek seperti diatas tentunya akan terbayarkan apa yang sudah dikeluarkan dengan pemasukan nantinya.

Pemasaran Ternak Kelinci

Pemasaran Ternak Kelinci

Berternak tidak akan pas jika tidak tahu cara menjualnya. Karena esensi dari budidaya adalah mendapatkan hasil salah satunya adalah cara pemasaran ternak kelinci. Untuk itu pada pembahasan terakhir adalah pemasaran yang bisa kamu lakukan.

Karaktersitik Kelinci yang Laku Dijual

  • Umur dari kelinci sangat memperngaruhi laku tidaknya kelinci kamu, pastikan sudah harus berumur45 – 60 hari.
  • Jika kamu ingin menjual indukanya, pastikan jika sudah berumur kisaran 5 sampai 8 bulanan.
  • Bisa dimanfaatkan dagingnya untuk dijadikan sebagai makanan.
  • Kotoran dari kelinci bisa dimanfaatkan untuk dijadikan pupuk yang membantu pertumbuhan tanaman.
  • Bulu dari kelinci pun tidak kalah, karena bisa dijadikan sebagai tas atau aksesoris lainya.

Cara Memasarkan Bibit dan Indukan

  • Kamu bisa membuka toko sendiri dengan proses marketing yang jitu sehingga menjadi pusat untuk masyarakat mencari kelinci baik indukan atau bibit.
  • Kerjasama dengan peternak lain, sehingga penjualan bisa terpenuhi seperti jika mereka membutuhkan bibit atau indukan kamu yang sediakan.
  • Pemasaran via online, facebook, instagram, whatsapp dan lain – lain. Dengan online biaya untuk biaya pemasaran tidak begitu banyak dan lebih cenderung minim.
  • Membuat platform yang menyediakan kelinci, seperti website, atau bisa ikut di marketplace yang terkelan di indonesia sekarang.

Cara Memasarkan Daging Kelinci

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa daging kelinci bisa dijual dan dimanfaatkan untuk makanan.  Untuk cara pemasaranya sih bermacam – macam.

  • Membuka kedai makanan khusus kelinci.
  • Bekerja sama dengan restoran yang menyediakan daging kelinci.
  • Buka kios dipasar.
  • Berkeja sama dengan pedangang daging di pasar, baik tradisional atau modern. Agar mereka menjadi perantara yang menjualkan ke masyarakat.

Cara Memasarkan Kotoran dan Bulu Kelinci

Kotoran kelinci bisa dimanfaatkan untuk membantu perkembangan dari tanaman. Jika kamu mempunyai tanaman bisa kamu maksimalkan dan gunakan. Namun jika tidak ada kamu bisa tawarkan kepada petani yang pasti membutuhkan. Karena mafaatnya bisa dirasakan.

Selain itu untuk bulu kelinci yang bisa dijadiakn sebagai kerajinan seperti tas, jaket dan olahan lanya. Kamu bisa meloby home industri yang bergerak dibidang tas agar bisa memanfaatkan bulu kelincinya.

Nah itu tadi pembahasan yang bisa mimin jelaskan mengenai ternak kelinci untuk pemula. Hal yang paling penting dalam ternak atau budidaya adalah mejaga kesehatan dan bagaimana cara memasarkanya.

Bisa merawat tapi tidak bisa menjual juga akan terasa sama saja, karena esensi dari budidaya adalah mendapatkan uang yang bisa digunakan untuk keperluan sehari – hari.

Untuk itu pastikan tips dan cara yang sudah mimin bahas diatas bisa kamu lakukan, semoga bermanfaat dan bisa mendatangkan pundi – pundi uang dari ternak kelinci.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *