Makanan Kelinci Bergizi dan Sehat

Makanan Kelinci – Banyak sekali makanan kelinci yang bisa diberikan kepada hewan peliharaan yang lucu dan imut ini. Mulai dari jenis buah-buahan hingga jenis sayuran.

Pada dasarnya, makanan kelinci mudah untuk didapatkan bahkan tidak harus membelinya. Ada beberapa makanan kelinci yang bisa didapatkan secara gratis seperti rumput kering dan rumput liar.

Selain itu ada juga makanan yang harus dibeli terlebih dahulu seperti buah-buahan, sayur-sayuran dan pelet. Setiap jenis makanan ini juga mempunyai kandungan nutrisi yang berbeda-beda untuk kelinci.

Namun sama halnya pada manusia dan hewan-hewan yang lainnya, kelinci juga mempunyai tingkat toleransi tertentu terhadap makanannya.

Karena setiap jenis kelinci dari rasnya, sampai ukuran kelinci pasti akan berbeda-beda dari tingkat toleransinya.

Cara yang sederhana untuk mengetahui tingkatan toleransi ini bisa dilakukan dengan cara mencoba memberikan makanan kelinci dalam jumlah yang kecil kemudian lihatlah reaksi kelincinya.

Cara ini memang sulit untuk yang baru pertama kali yang ingin memelihara kelinci untuk budidaya atau hanya sebagai hewa peliharaan saja. Kelinci peliharaan dan kelinci budidaya berbeda perawatan dan pemberian makananya.

Cara Memberikan Makanan Kelinci Dengan Benar

Cara Memberikan Makanan Kelinci Dengan Benar

Selain mengetahui jenis-jenis makanan yang tepat, Kita perlu mengetahui tata cara untuk memberikan makanan dengan benar. Pemberian makanan dan minuman yang salah maka bisa menyebabkan kelinci menjadi setres.

Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan pada saat memberikan makanan kepada kelinci :

1. Sediakan Wadah Kardus

Untuk menampung makanan, sediakan tempat yang khusu untuk minuman dan makanan. Kita bisa menggunakan wadah yang berupa manngkok yang diikat tali ke kandangnya. Hal ini perlu untuk dilakukan supaya makanan tidak berantakan di mana-mana.

Untuk makanan yang berupa rumput kering kita bisa menyediakan wadah yang besar sehingga kandang bisa tetap bersih dan tidak berbau.

Untuk tempat minumnya, menggunakan botol minum yang memiliki ujung yang berupa corong atau dot seperti pipa. Dengan menggunakan wadah ini, maka porsi minumnya bisa dikontrol serta tidak menyebabkan perut kelinci kembung.

2. Atur Jadwal Makanannya

Hewan kelinci sama seperti manusia, kelinci memerlukan jadwal makanan yang teratur. Secara alamiah, kelinci merupakan hewan noktunal yang aktif di malam hari sehingga harus diberi makan dengan porsi yang besar pada malam hari.

Porsi yang besar tidak diberikan dalam satu kali waktu mengingat kelinci mempunyai kebiasaan makan yang sedikit tapi sering.

3. Porsi Minum Yang Cukup

Kelinci tergolong hewan yang mudah dehidrasi. Mereka tetap membutuhkan cairan meskipun sudah memakan rumput yang basah. Sediakan selalu air yang diisi di dalam botol yang khusu untuk kelinci

Tidak boleh dibiarkan wadah air di dalamnya kosong karena bisa saja mencari sumber air yang lainnya yang tidak jelas faktor kebersihannya.

4. Identifikasi Jenis Pakan

Pada saat memberikan makan, Kita harus memperhatikan kebutuhan nutrisi supya kelinci bisa tumbuh secara sehat. Sesuaikanlah jenis pakannya dengan usia kelinci

Misalkan, pada usia 0 sampai 2 bulan, berikanlah sayuran dengan porsi yang sedikit. Pilihlah rumput yang sudah layu atau sejenis pelet, supaya kelinci tidak mengalami masalah pencernaan.

Baca Juga : Kandang Kelinci

Makanan Kelinci Yang Baik dan Sehat

Makanan Kelinci Yang Baik dan Sehat

1. Rumput

Rerumputan memang makanan kelinci yang paling pokok. Rumput yang digunakan untuk makanan kelinci ada banyak jenisnya, seperti rumput gajah, ruput teki atau rumput yang sudah dikeringkan.

Untuk rumput yang sudah dikeringkan, kita bisa mendapatkan di pet shop. Selain itu, makanan kelinci yang lain adalah hay. Hay berasal dari jerami atau rumput yang sudah dikeringkang. Hay berasal dari rumput timothy atau alfafa.

2. Air Susu Induk

Air susu induk lebih bagus jika dibandingkan dengan susu sapi, air susu induk mempunyai kandungan bahan kering yang lebih banyak dua kali lipatnya.

Lemak serta proteinnya empat kali lebih besar, meniralnya lebih banyak hingga tiga kali lipat. Selain itu, laktosa hanya 1/6 dari air susu hewan sapi.

3. Konsentrat

Pakan konsentrat memiliki fungsi untuk meningkatkan nilai gizi serta penguat pakan pokok kelici yang berupa hijau-hijauan. Keuntungan jenis pakan yang ini mudah untuk dicari di pasaran.

Pakan konsentrat terdiri dari pakanan pabrik atau pelet, bungkil kelapa, bekatul, ampas tapioca, ampas tahu, dan bungkil kacang tanah. Jika nutris di dalam pelet sudah mencukupi kebutuhan kelinci, maka pakan hijaunya tidak perlu di berikan.

4. Wortel

Makanan kelinci yang berikutnya adalah wortel. Mungkin kita sering kali lihat cerita animasi jika kelinci sangatlah menyukai wortel, serta memang betul adanya. Karena wortel mengandung banyak vitamin A yang dibutuhkan kelinci.

Oleh karena itu, kita harus memberikan makanan kelinci wortel yang masih mudah sehingga bisa membuat nafsu makanannya bisa meningkat.

5. Pelet Khusus Kelinci

Sama seperti hewan-hewan kebanyakannya, pelet juga menjadi makanan kelinci yang mempunyai banyak manfaatnya, yang terpenting adalah untuk membuat penyembuhan serta meningkatkan berat badan.

Namun tetap tidak boleh terlalu sering memberikan kelinci pelet, karena ada beberapa alasan seperti tekstur pelet yang kurang sesuai dengan sistem pencernaan yang ada pada hewan kelinci, kualitas pelet yang kurang terjami, menggunakan pelet yang berlebihan bisa mencret.

Bisa terkena dehidrasi bahkan sampai menyebabkan kematian kepada kelinci, jadi usahkan tetap dibarengi dengan asupan makananan yang alamai seperti buah-buahan dan sayur-sayuran supaya gizinya seimbang.

6. Selada

Selada merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak dikonsumsi baik saat kondisi yang masih mentah maupun sudah matang. Kini selada tidak hanya dikonsumsi oleh manusia saja, melainkan juga sangat disukai oleh kelinci.

Kandungan yang terdapat di selada adalah mineral dan vitaminnya yang tinggi menjadikan selada sangatlah cocok untuk digunakan sebagai salah satu makanan kesukaan kelinci.

7. Kangkung

Kangkung menjadi makanan alternatif kelinci yang bagus untuk menunjang kesehatan kelinci. Akan lebih baiknya jika memberikan asupan kangkung seminggu satu kali supaya kebutuhan gizinya bisa tercukupi dengan dilengkapi mengkonsumi buah-buahan dan sayuran yang lainnya.

8. Biji-Bijian

Biji-bijian yang baik untuk dimakan memang sangatlah banyak jenisnya, mulai dari biji jagung, biji bunga matahari, dan biji kacang-kacangan.

Cara memberikan pakan biji-bijian kepada kelinci yaitu menghaluskan terlebih dahulu. Jumlah maksimal memberikan biji-bijian kepada kelinci adalah sekitar 200-300 gram per harinya.

9. Tomat

Tomat merupakan sarat dengan vitamin dan antioksidan yang sangat berguna untuk kesehatan dan pertumbuhan kelinci. Tomat juga sangat baik untuk kelinci yang sembelit. Asupan tomat bisa dilakukan setiap harinya, dengan aturan 1 kali pada waktu pagi hari atau siang hari.

10. Brokoli

Selain rumput-rumputan dan wortel, brokoli juga menjadi salah satu makanan yang sangat disenangi.

Brokoli mengandung banyak vitamin serta senyawa yang terkandung dalam brokoli di antaranya adalah vitamin A, glucoraphanin, vitamin E, magnesium, kalium, vitamin C, vitamin B6 dan serat yang tinggi. Jadi brokoli sangat dianjurkan untuk diberikan kepada kelinci.

11. Daun Pepaya

Daun pepaya mempunyai manfaat yang sangat berguna dan sangat beragam untuk kelinci. Daun pepaya mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat bagus untuk menunjang kesehatan kelinci. Diantaranya adalah vitamin B1, vitamin A, vitamin C, kalori, besi, lemak, fosfor dan kalsium.

12. Ubi Jalar

Selain baik untuk dikonsumsi untuk manusia, ubi jalar juga menjadi makanan kelinci yang bernutrisi. Hal ini dikarenakan ubi jalar kaya akan serat dan kalori, mineral dan vitamin yang tinggi.

Fungsi dari ubi jalar diantaranya adalah bisa menyerap lemak pada kelinci, disamping itu, ubi jalar juga manjur untuk mengobati kelinci yang sedang mengalami sembelit. Pemberian ubi jalar yang dianjurkan adalah satu kali saja untuk setiap minggunya.

13. Seledri

Seladri mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk menunjang kesehatan kelinci. Tekstur dari batang seledri yang renyah merupakan salah satu alasan kelinci yang sangat menggemari sayuran yang satu ini.

14. Buah Apel

Apel merupakan buah-buahan lain yang di sukai kelinci. Untuk asupan vitamin yang ada pada kelinci, toppers bisa tambahkan potongan buah apel baik itu apel merah maupun apel hijau pada menu makanan.

Pastikan apel yang diberikan dalam keadaan yang segar serta bebas dari pestisida, supaya kelinci tidak terjangkit penyakit.

15. Buah Pepaya

Salah satu buah-buahan yang bisa diberikan kepada kelinci adalah buah pepaya. Buah pepaya yang kaya serat dan vitamin, buah pepaya tidak Cuma mudah untuk didapatkan, namun juga baik untuk pencernaan bagi kelinci.

 16. Kol

Alternatif makanan untuk kelinci yang selanjutnya adalah kol atau disebut dengan nama kubis. Baik kubis yang ungu maupun kubis yang hijau, kedua sayuran ini bisa dijadikan variasi menu makanan supaya tidak bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja.

 17. Melon

Ada dua macam melon yaitu melon yang berwarna hijau dan kuning. Cara memberikan kepada kelinci adalag dengan dipotong dengan ukuran kecil lalu dihaluskan.

18. Daun Lobak

Daun lobak merupakan salah satu makanan yang disukai oleh kelinci meskipun di bagian daunnya saja, karena buah lobak rasanya pahit. Daun lobak baik untuk antibody pada kelinci hias ataupun kelinci lokal.

19. Bayam

Bayam sangat baik untuk kesehatan kelinci. Jika ingin memiliki kelinci yang kuat. Berikan bayam seminggu sekali.

20. Daun Wortel

Tidak hanya buahnya saja yang bisa dimakan, daun wortelnya juga menjadi kegemaran kelinci. Biasanya daun wortel mudah untuk didapat di wilayah perkebunan wortel. Bisa juga langsung membeli di petani wortel.

21. Labu Kuning

Labu kuning memang sangatlah lezat rasanya. Labu kuning bisa dijadikan bahan alternatif makanan untuk kelinci. Pilihlah labu kuning yang sudah matang, sehingga tekstur dagingnya lembut.

22. Buah Pear

Buah per sangat enak dan lezat kalau dimakan. Bagus juga untuk mencegah dehidrasi serta membuat tubuh menjadi kuat. Kelinci juga sangat suka dengan buah pear.

23. Mangga

Buah mangga juga bisa diolah menjadi makanan yang sehat untuk kelinci. Tentunya mangga harus di kupas terlebihdahulu, kalau tidak di kupas, kelinci tidak akan memakannya.

24. Pisang

Pilihlah buah pisang untuk makanan kelinci yang sudah matang. Supaya rasanya enak dan kelinci makannya bisa lahap.

25. Caisim

Caisim merupakan sayuran yang populer digunakan untuk bahan campuran masakan Cina. Rupanya, hewan pengerat macam kelinci suka sekali makan caisim.

Makanan Kelinci Dilihat Dari Jenis Kelinci

Makanan Kelinci Dilihat Dari Jenis Kelinci

1. Anggora

Kelinci Anggora merupakan jenis kelinci yang mempunyai bulu yang sangat lebat. Jika salah memberikan makanan kelinci pada jenis yang ini, bisa jadi bulunya bisa rusak dan rontok. Selain itu, kotoran juga akan lebih menempel pada bulunya terlebih untuk kotoran yang cair atau lunak.

Maka dari itu supaya kotoran kelinci tidak cair atau lunak, alangkah baiknya memberikan makanan yang berupa hay atau rumput kering dan juga bisa memberikan pelet pada kelinci anggora.

2. Kecil

Sebaiknya kalau memberikan makanan yang lebih lunak kepada kelinci yang umurnya di bawah dua bulan atau yang masih kecil.

Karena pencernaan kelinci kecil masih belum sempurna serta belum bisa untuk mencerna makanan yang keras dan berat. Kelinci yang masih kecil bisa diberikan makanan sayur-sayuran seperti sawi, kangkung dan kol.

3. Kelinci Hamil

Jika kelinci yang sedang hamil, alangkah baiknya untuk diberikan makanan yang lebih banyak kepada kelinci tersebut. Kelinci yang sedang hamil akan membutuhkan konsentrat dan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan kelinci yang lainnya.

Hal ini berguna untuk proses perkembangan janin yang ada di dalam perut kelinci. Kelinci merupakan salah satu hewan karnivora, jika tidak ada salahnya jika sering memberikanan makanan yang berupa buah-buahan dan sayur-sayuran kepada kelinci.

Baca Juga : Kelinci Anggora

4. Makanan Kelinci Penggemuk

Jika berkeinginan mempunyai kelinci yang tubuhnya sehat dan gemuk, maka sebaiknya mencoba memberikan jenis makanan kelinci yang berupa campurat ampas tahu dan pelet. Ampas tahus dipercaya bisa membuat kelinci menjadi sehat dan bisa cepat gemuk.

Bisa juga menambahkan makanan kesukaannya pada campuran makanan tersebut supaya nafsu makan kelinci bisa menjadi semakin meningkat.

Bahan Yang Sehat dan Seimbang

Bahan Yang Sehat dan Seimbang

Seekor kelinci membutuhkan asupan yang pas untuk menunjang pertumbuhan serta mencegah kemungkinan munculnya penyakit pada kelinci.

Kelinci yang sehat dan baik diberikan bahan makanan yang seimbang dan bisa hidup rata-rata umur 5 hingga 12 tahun.

Pola makanan yang salah, bisa membuat kelinci menderita penyakit cardiovaskae dan jangan diberikan secara terus menerus sayuran, karena pada dasarnya makanan utama pada kelinci adalah hay dan rumput.

Jadwal Pemberian Pakan Kelinci

Jadwal Pemberian Pakan Kelinci

Pemberian makanan kelinci harus teratur di setiap harinya, terutama bagi kelinci pedaging atau ternak. Keteraturan dalam pemberian makan kelinci yang harus lebih diperhatikan lagi daripada frekuensi pemberiannya.

Pakan kelinci bisa diberikan 2 sampai 3 kali sehari. Kelinci yang dikenal sebagai binatang malam, sehingga volume dalam pemberian pakan kelinci terbanyak bisa diberikan pada waktu sore hari atau pada malam hari.

Sekitar jam 8 pagi, kandang kelinci harus sudah bersih, pastikan juga tidak ada kotoran yang menempel di lantai-lantai kandang kelinci.

Pada jam 10 pagi, pemberian makan pertama adalah biji-bijian yang sudah dilembutkan, pelet dan umbi-umbian.

Pada jam 1 siang, pemberian makanan yang berupa rumput segar atau makananan hijau yang lainnya. Volume sekitar kurang lebih 0.5 Kg per satu ekornya untuk kelinci yang berumur dewasa.

Jam 6 sore, pemberian makanan yang berupa rumput atau hijauan yang lainnya juga banyak mengandung serat kasar dengan volume 1 kg atau kurang lebih per satu ekor kelinci yang berumur dewasa.

Pemberian makanan pada waktu malam hari harus lebih banyak karena untuk memenuhi kebutuhan pakan kelinci sepanjang malam.

Makanan Kelinci Rex

Makanan Kelinci Rex

Salah satu hal yang terpenting di dalam ternak kelinci rex adalah pemberian pakan yang harus sesuai. Biasakan dalam memberikan makan kelinci rex yang teratur, pada waktu pagi dan sore supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk pagi hari jam 07.00 – 08.00 sebaiknya memberikan makanan pelet khusus untuk kelinci dengan kadar protein 5 sampai 10 %.

Sedangkan untuk waktu sore hari jam 18.00-19.00 memberikan makanan yang berupa sayuran atau rumput-rumputan yang sudah dilayukan.

Perhatikan dalam memberikan pakan kelinci, hindari makanan yang masih segar atau di ambil dari kulkas, selain itu, carilah rumput yang tumbuh subur di wilayah yang terik matahari, hindari rumput yang tumbuh di tempat yang teduh.

Makanan Kelinci Persia

Makanan Kelinci Persia

Mempunyai kelinci persia harus di jaga secara baik-baik. Selain harganya yang masih mahal baik anakan ataupun induknya. Makanan kelinci persia harus selalu diperhatikan. Lantas apa saja makanan yang baik dan sehat untuk kelinci persia.

Sayuran Hijau

Pastikan memberikan makanan kelinci yang berupa sayuran hijau yang tidak mengandung pestisida. Selain sayuran, bisa juga menambahkan porsi makanan kelinci menggunakan rumput seperti Kalamenta, Jampang, dan grinting. Jenis rerumputan dan sayuran harus dikeringkan terlebih dahulu.

Pengeringan rerumputan dan sayuran bertujuan supaya menghilangkan racun yang ada pada getah sayuran. Selain itu, dengan proses melayukan makanan bisa memperkaya kandungan serat kasar dari rerumputan ataupun sayuran.

Umbi-Umbian

Memberikan makanan dari umbi-umbian seperti singkong, ubi, talas dan wortel. Umbi-umbian yang diberikan sebagai pakan juga bukan jenis umbian yang masih mentah. Melainkan umbi-umbian yang sudah direbus kemudian dikeringkan dan ditumbuk.

Yang Tidak Boleh Dimakan Kelinci

Yang Tidak Boleh Dimakan Kelinci

  1. Pakan yang mengandung banyak air atau getah.
  2. Pakan yang terlalu manis.
  3. Pakan yang teksturnya berduri atau kasar.
  4. Daun lamtaro
  5. Rumput gajah
  6. Daun dan umbi gadung
  7. Daun mindi serta daun jagung
  8. Alpukat
  9. Biji buah
  10. Cokelat

Makanan Untuk Umur 2 Bulan

Makanan Untuk Umur 2 Bulan

Sayuran

Untuk jenis sayuran yang paling digemari kelinci yang berupa kol sawi putih, sawi hijau dan kangkung.

Dedek, Voer Ayam, Ampas Tahu

Terdapat alternatif selain voer ayam, diantaranya adalah kita bisa memberikan ampas tahu dan dedek. Semuanya mempunyai harga yang relatif murah.

Nah demikian tadi beberapa pembahasan mengenai makanan untuk kelinci baik kelinci untuk yang sudah dewasa maupun kelinci yang masih kecil. Mudah mudahan bermanfaat dan jangan lupa untuk terus mencari ilmu tentang budidaya kelinci agar bisa usaha semakin lancar.

Leave a Reply