Budidaya Kelinci Persia

Kelinci Persia – seperti yang sudah pernah kita jelaskan bahwasanya ada banyak jenis kelinci yang bisa di ternak atau di budidayakan.

Yah selain mudah untuk diternak kelinci juga meempunyai ciri fisik yang lucu dan menggemaskan, tidak jarang banyak orang yang senang memelihara dan bermain dengan kelinci.

Salah satu kelinci yang diminati adalah kelinci jenis persia,. Kelinci ini mempunyai ciri yang agak mirip dengan kucing persia, yaitu dengan bulu panjang, halus dan lembut. Nah kali ini akan kita bahas mengenai kelinci persia lengkap dengan cara, harga dan ciri dari jenis ini. Berikut adalah pembahasanya.

Kelinci Persia Putih

Kelinci persia sendiri ada beberapa macam, salah satu jenisnya adalah persia putih atau dengan warna putih pada bulunya.

Pada dasarnya merawat kelinci ini sama dengan kelinci persia pada umumnya dan tidak ada pembedeaan.

Kelinci yang bagus mempunyai bentuk dan kesehatan yang terjaga juga, maka dari itu pastikan sebelum kamu membeli dan memelihara kelinci ini sudah tahu bagaimana cara merawat dan makanan apa yang bagus untuk jenis ini.

Baca Juga : Kelinci Lokal Jawa

Cara Merawat Kelinci Persia

Cara Merawat Kelinci Persia

Kelinci sendiri biasanya akan terkena penyakit yang sama seperti radang mata, kaki bengkak, enteristis kompleks dan penyakit lainya.

Oleh sebab itu nutrisi untuk jenis ini harus di perhatikan. Selain nutrisi atau makanan yang baik pastikan juga kebersihan dari kandang dan kebersihan sikelinci sendiri juga terjaga karena pada dasarnya penyakit kelinci bisa dihindari jika unsur – unsur kesehatan terpenuhi.

Untuk kandang pastikan luas kandang bisa untuk gerak kelinci, karena jenis ini sama dengan jenis lainya yaitu susah untuk diam dan cenderung aktif.

Pastikan juga ketika anda mengajak bermain jenis ini agar terhindar dari predator pemakan atau barang barang yang berbahaya.

Nah jika diruamah anda mempunyai tanaman hias pastikan jika kelinci sedang bermain jauhkan dari tanaman hias anda karena kelinci akan senang untuk memakan tanaman anda dan pastinya akan rusak dan membuat rugi.

Jika kelinci sudah mempunyai riwayat penyakit atau sedang sakit pisahkan dari kelinci lainya karena jika tidak dipisahkan takunya akan menulari kelinci yang lain.

Pastikan agar tidak terkena penyakit untuk rutin membersikan kandang dan kelinci karena sarang penyakit biasanya dari kotoran atau bakteri yang menempel di kandang dan kelinci.

Anda bisa rutin membersihkan kandang dan memandikanya, setelah memandikan pastikan agar bulu pada kelinci untuk di sisisr agar bulu tidak mudah rusak dan terlihat lebih cantik.

Baca Juga : Jenis Jenis Kelinci

Harga Kelinci Persia

Kelinci ini berbeda dengan kelinci pada umumnya termasuk juga di harga. Jika anda mempunyai uang yang pas bisa membeli jenis lokal saja karena bisa di beli dengan harga Rp.60.000 sampai Rp. 150.000 an ribu.

Memulai usaha budidaya kelinci ini memang membutuhkan budget yang tinggi pasalnya untuk harga indukan yang produktif dengan hasil yang maksimal juga bisaa mencapai Rp. 500.000 – Rp. 600.000 an perpasang.

Harga tersebut memang sangat jauh dengan kelinci lokal. Namun kelinci mempunyai keistimewaan tersendiri karena unggul dan baik jika di pakai untuk perlombaan.

Biasanya jika sudah dilombakan dan mendapat penghargaan atau nilai bagus harga juga semakin naik.

Ciri Ciri Kelinci Persia

Ciri Ciri Kelinci Persia

Setiap jenis kelinci tentunya mempunyai keunggulan dan ciri – ciri tersendiri, tidak terkecuali kelinci persia ini. Adapun beberapa ciri dari jenis ini adalah sebagai berikut.

  • Mempunyai bulu yang lebat, namun tidak seperti kelinci anggora karena lebih lebat kelinci anggora untuk bulunya.
  • Mempunyai sifat diam dan manja.
  • Mampu menghasilkan anakan lebih dari 5 dalam sekali melahirkan.
  • Untuk ciri lainya hampir sama dengan jenis lainya
  • Mempunyai harga yang mahal.

Persiapan Untuk Melahirkan

Untuk persiapan melahirkan pada kelinci ini tidak berbeda jauh dari kelinci pada umumnya, karena memang perawatan juga tidak jauh berbeda.

Yang perlu di perhatikan jika jenis ini mau melahirkan adalah pisahkan kandang dari kelincil lainya. Hal tersebut karena memang jenis kelinci ini tidak bisa diganggu dan bisa menghindari gangguan dari kelinci pejantan yang minta kawin.

Selain itu memberikan kandang khusus juga akan membuat kelinci ini lebih nyaman saat sedang hamil dan melahirkan.

Baca Juga : Kelinci New Zaeland

Namun sebelum itu pastikan agar didalam kandang kelinci hamil di siapkan dus atau kotak. Persiapan ini bertujuan agar kelinci saat melahirkaan bisa nyaman karena kelinci ini akan mencari sarang yang nyaman untuk anak – anaknya.

Demikian tadi pembahsan mengenai kelinci persia , lengkap dengan persiapan melahirkan, cara merawat, ciri ciri, harga dan beberapa macam jenisnya/ terimakasih semoga mendapat ilmu dan bisa bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply