Budidaya Kelinci New Zealand

Kelinci New ZealandKelinci memang mempunyai beberapa macam jenis dan namanya seperti yang sudah kita jelaskan di beberapa pembahasan sebelumnya.

Nah untuk kali ini akan kita bahas mengenai kelinci New Zaeland dengan lengkap. Kelinci jenis ini berasal dari Amerika loh. Bukan dari New Zaeland.

Kelinci ini merpakan jenis yang juga banyak di minati di Indonesia, hal itu di karenakan bobot bisa mencapai 5,5 kg dan bisa bertahan hidup sampai umur 10 tahun dengan catatan memeliharanya dengan benar dan tepat.

Nah untuk kalian yang ingin tahu tentang jenis kelinci ini simak artikel berikut karena akan ada pembahasan yang lengkap untuk anda. Berikut pembahasanya.

Cara Merawat Kelinci New Zaeland White

Dari sekian banyak jenis kelinci cara merawatnya pun hampir sama, yaitu pemberian makan, penyiapan kandang, pembersihan dan lain lainya.

Tidak terkecuali dengan kelinci jenis ini. Karena pada dasarnya perawatan yang pas juga akan menghasilkan kelinci yang berkualitas juga.

Selain itu kesehatan pada kelinci ini juga harus di nomor satukan, karena seperti halnya makhluk hidup lainya yang bisa juga sakit

Untuk itu pembersihan kandang juga harus di jadwalkan, bisa 2 minggu sekali atau bahkan jika ada waktu pembersihan kandang dilakukan 1 minggu sekali.

Selain kandang kebeersihan pada kelinci juga harus di perhatikan dengan memandikan membersihkan bulu kelinci dan lainya. Namun harus di ketahui memandikan kelinci harus dengan cara yang lembut agar bulu tidak rontok dan ciri tubuh imutnya tidak hilang..

Makanan Kelinci New Zaeland White

Ada banyak jenis makanan yang bisa kamu berikan pada kelinci jenis ini, dengan memberikan makanan yang bergizi serta peemberian vitamin tentunya kesehatan dan pertumbuhan dari kelinci akan semakin menjanjikan.

Beberapa makanan yang bisa kamu berikan adalah :

  • Sayuran
  • Buah buahan
  • Rumput
  • Dan pelet khusus untuk kelinci.

Dari beberapa jensi makanan di atas tentunya takaran dalam pemberian juga harus pas, atau bisa di bulang kelinci mempunyai tingkat kebosanan jadi dalam sehari jaangan hanya di berikan makanan satu jenis saja.

Nah namun untuk kamu yang mempunyai budget sedikit atau agar tidak terlalu mengeluarkan uang anda bisa menggunakan tips cara membuat rasum pakan kelinci agar lebih awet dan sehat berkut cara dan tips nya.

Bahan

  • Dedak halus
  • Bungkil kedelai
  • Bungkil kelapa
  • Tepung mineral

Cara Membuat

Disini akan kami jelaskan dengan membuat 1 kg rasum dan nantinya berlaku kelipatannya.

  • 500gr dedak ditambah dengan 200gr bungkil kelapa tambah 200 gr bungkil kelapa dan yang terakhir berikan 100gr tepung mineral.
  • Setelah itu campur semuanya dan aduk hingga merata
  • Bisa anda tambahkan air sedikit dan bisa diberikan kepada kelinci ternakan anda.

Untuk pemberian makan baik kelinci indukan atau kelinci anakan biasakan meemberikan makan 2 kali dalam sehari yaitu pada pagi hari dan sore hari. Pastikan agar setiap agar setiap hari tidak satupun waktu terlewat.

Baca Juga : Budidaya Kelinci Lokal Jawa

Harga Kelinci New Zaeland 2020

Seperti jenis kelinci lianya septiap daerah dan setiap umur pasti berbeda – beda harganya, untuk itu kami akan memberikan informasi tentang harga yang mungkin tidak sama namun kurang lebih harganya tepat seperti di bawah ini.

Indukan Australia

Bobot : -+ 3 Kg sampai 4Kg

Umur dari 8 – 12 bulan

Harga Rp. 200 Sampai Rp.300.000

Indukan New Zaeland White

Bobot bisa mencapai 4,2 Kg

Dengan umur 10 – 15 bulan

Harga mula dari Rp. 300.000 sampai Rp.400.000

Anakan New Zaeland White

Umur 6 – 75 hari

Dengan harga Rp.50.000 atau bisa mencapai harga Rp.100.000

Ciri Ciri Kelinci New Zaeland

Seperti yang sudah kita jelaskan di atas bahwa kelinci jenis ini bukan berasal dari New Zaeland melainkan dari Amerika yang mempunyai warna bulu kelinci new zaeland 4 warna yang diakui ARBA yaitu merah, putih, hitam dan broken.

Selain itu ciri khas yang bisa dilihat dari matanya. Yah mata dari jenis kelinci ini berwarna merah yang mana warna ini hanya di miliki oleh kelinci jenis ini dan bayak orang yang mencari karena memang unik.

Berat tubuh dari kelinci jenis ini bisa mencapai 5Kg per ekornya. Dengan begitu di Indonesia kelinci ini dijadikan sebagai kelinci pedaging dan kelinci hias dengan segala keunikan yang dimilikinya.

Yang tidak boleh di lupakan lagi adalah kelinci ini mempunyai reproduksi yang besar karena dalam sekali melahirkan bisa mencapai 12 ekor anakan kelnci.

Kelinci ini juga mempunyai ciri pada bagian kepala yang agak besar dan bulat, selain itu bentuk dada yang penuh badanya medium.

Selain daging bisa di fungsikan ternyata kelinci ini juga mempunyai bulu lembut yang juga bisa di gunakan kembali yang biasanya di jadikan baju hangat atau lain – lain.

Untuk umur dari kelinci ini bisa mencapai 10 tahun dengan ketentuan perawatan harus benar dengan memberikan makanan yang pas dan gizi yang seimbang. Selain itu kesehatan pada kelinci ini juga akan mempengaruhi  umurnya.

Jenis Kelinci New Zaeland

Kelinci jenis ini merupakan persilangan antara flemish giant dan belgian here yang mana menghasilkan jenis kelinci new zaeland.

Selain itu kelinci ini mulai dikembangkan pada tahun 1917 dan kemudian menyebar di tahun 1945 di inggris.

Namun untuk di Indonesia ada 3 jenis yang terkenal yaitu new zaeland black, red dan white. Yang mana semuanya mempunyai ciri yang sama dengan mata dan warna bulu.

Nah demikian tadi pembahasan mengeani kelinci new zaeland yang bisa saya jelaskan, tentunya hal yang paling mudah jika ingin berternak adalah mempunyai ilmu atau mengetahui caranya yang pas.

Jangan pernah gegabah dalam beternak apapun itu termasuk kelinci. Karena jika ilmu atau pengetahuan tentang ternak belum ada akibat yang bisa di timbulkan juga akan parah seperti kerugian, hewan ternak yang mati dan lain lain.

Mudah midahan bermanfaat dan jangan lupa untuk tetap belajar agar beternak bisa sukses dan membawa dampak baik untuk kehidupan kaliaan. Salam ternak.

Leave a Reply