cara merawat kelinci anggora
Mamalia

Kelinci Anggora

Kelinci Anggora – Mendengar kata anggora tentu banyak yang beranggapan bahwa yang mempunyai title tersebut hanya kucing, namun pada kenyataanya ada kelinci yang menyandang title tersebut.

Tidak kalah dari kucing, kelinci anggora juga mempunyai tampang yang menggemaskan sehingga sangat cocok untuk dijadikan hewan peliharaan dirumah. Bulu dari kelinci ini tumbuh mencapai 2 cm setiap bulanya.

Berikut ini akan kita bahas secara lengkap tentang kelinci anggora. Simak yahh jangan sampai kelewatan.

Cara Merawat Kelinci Anggora Untuk Pemula

Cara Merawat Kelinci Anggora Untuk Pemula

Akan terasa percuma jika kamu sudah mempunyai kelinci jenis anggora ini namun tidak bisa merawatnya. Sangat sayang bukan, hewan yang lucu dan menggemaskan ini harus terlantar dan tidak terawat.

Untuk itu hal yang memang paling tidak boleh ditinggalkan yaitu cara merawatnya. Namun apa saja sih yang harus dilakukan untuk merawat kelinci jenis ini ? simak penjelasan berikut.

1. Selalu Cek Up Kesehatan

Kesehatan merupakan hal yang terpenting dalam pemeliharaan kelinci anggora. Mungkin bukan hanya kelinci jenis ini saja namun hewan peliharaan lain sangat penting untuk dijaga kesehatanya,

Untuk kelinci jenis ini kamu bisa secara rutin cek kesehatanya dengan rutin membawanya ke dokter hewan.

Terutama ketika kamu menemukan gejala – gejala aneh yang ada pada hewan peliharaan anda. Salah satu gejala yang sering terjadi saat kelinci terkena penyakit adalah saluran perncernaan terganggu dia akan malas untuk menggunakan kaki bagian belakang untuk bergerak, selain itu urinya juga cenderung berwarna gelap.

Selain itu tanda lain ketika kelinci anggora kamu terkena penyakit adalah mata dan hidung berair, demam dan sering mengeluarkan air liur.

2. Berikan Makanan yang Cocok

Pemberian makan yang cocok dan sehat juga sangat dianjurkan agar perkembangan dari kelinci semakin membaik. Agar perkembanganya stabil dan tidak mudah sakit kamu tidak boleh berikan makanan yang sembarangan.

Untuk jenis anggora sendiri makanan favorit adalah rumput. Namun jika tempat tinggal kamu tidak memungkinkan mendapatkan rumput bisa diganti dengan jerami. Selain itu juga ada saryuran seperti seledri dll bisa kamu berikan.

Setelah itu kamu juga harus berikan pakan tambahan yaitu pelet yang berfungsi menambah nutrisi. Berikan semangkok dalam sehari sudah cukup.

3. Kebersihan Kelinci dan Kandang

Cara merawat selanjutnya adalah dengan menjaga kebersihan baik kandang dan kelincinya. Untuk anggora kamu harus sering memandikanya karena memang kelinci ini mempunyai ciri khas yaitu rambut yang lebat dan panjang.

Untuk Cara Memandikan Kelinci Anggora pun tidak begitu susah karena hampir sama dengan kelinci pada umumnya. Kamu perlu menyiapkan air hangat yang sudah disediakan dalam bak ember.

Berikan pijatan lembut dan barikan shampoo secara merata pada tubuhnya. Selain itu pastian kelinci anggora tidak mempunyai kutu. Ciri khusus kalau kelinci peliharaanmu mempunyai kutu adalah sering garuk – garuk.

Selain kebersihan kelinci, kandang juga sangat berpengaruh. Pastikan tidak ada sisa makanan dan kotoran di kandang tempat peliharaanmu menghabiskan waktu setiap harinya.

Namun perlu diperhatikan, hewan imut nan menggemaskan ini sangat pandai, untuk tempat tinggalnya sudah ditandai dengan bau nya. Oleh karena itu ketika kamu membersihkan kandangnya jangan keluarkan semua kotoran. Sisakan sedikit agar baunya tidak hilang.

4. Ajak Bermain

Hewan peliharaan satu ini agak cenderung manja, karena kelinci anggora gampang stress solusi yang bisa kamu lakukan adalah ajak lah bermain secara rutin agar tidak stress dan sehat.

Untuk tempat bermain dan alat yang digunakan tidak lah rumit, cukup kamu ajak bermain di halaman rumah kamu dan berikan mainan anak – anak. Fungsi dari bermain ini salah satunya agar semakin jinak.

Namun perlu diketahui dan diperhatikan saat mengajaknya bermain pastikan tidak ada barang yang membahyakan nyawanya.

5. Berikan Teman dan Jodoh

Kelinci anggora layaknya manusia yang juga membutuhkan teman dan jodoh. Manusia ketika sendirian setiap hari dan tidak ada teman pastik akan mudah stress, hal tersebut juga bisa terjadi kepada kelinci jenis ini.

Oleh karena itu kamu harus mencarikan teman. Namun jenis harus RAS yang sama. Jika kamu memberikan teman dari RAS yang berbeda, kamu harus membedakan kandangnya.

Selain teman, pemberian jodoh untuk anggora juga sangat dianjurkan, karena jika sudah umurnya belum dikasih jodoh maka akan cepat streess.

6. Biasakan Untuk Menggendongya

Bagaimana rasanya jika kita tidak pernah mendapat kasih sayang dari orangtua atau orang lain setiap harinya ? pasti akan terasa stress dan galau yahh.

Hal serupa juga akan terjadi pada kelinci jika kasih sayang dari tuanya kurang begitu diperhatikan. Cara agar rasa sayang tersalurkan adalah dengan rutin menggendongnya dengan pelan dan lembut.

Baca Juga : Kandang Kelinci

Persiapan Untuk Ternak

Persiapan Untuk Ternak

Namun sebelum lanjut lebih jauh, kamu sudah tahu belum asal dari kelinci jenis ini ? Kelinci jenis ini berasal dari ankara turky daerah yang menjadi asal dari banyak jenis anggora baik dari kelinci sampai kambing ada disana.

Nah sebelum kamu benar – benar memastikan untuk memelihara jenis kelinci ini , ada hal yang perlu kamu perhatikan. Apa saja sih  ? berikut tips yang bisa kamu persiapkan sebelum memastikan untuk merawat kelinci.

1. Kandang yang Nyaman

Salah satu hal yang memang tidak boleh ditinggalkan adalah kenyamanan kandang. Kandang sendiri mempunyai peran yang sangat penting untuk pertumbuhan dan kesehatan dari kelinci yang ingin kamu pelihara.

Untuk jenis kandang bisa milih sesuai dengan selera, bisa buat sendiri atau beli. Namun hal yang paling harus diperhatikan adalah ukuran dari kandangnya, jangan sampai ukuranya terlalu kecil karena akan membuat kelinci kamu susah untuk bergerak.

Selain itu, suhu ruangan juga harus dipastikan agar tetap berasa nyaman untuk kelinci. Untuk kelinci idealnya diberikan suhu 21 derajat celcius.

2. Berikan Tempat Pakan dan Minum

Selain kandang ada juga hal yang paling urgent dan jangan sampai terlewatkan, yaitu tempat makan dan minum. Namun untuk pemilihan bahan yang ingin dipakai harus diperhatikan, pasalnya binatang ini sering menggigit barang disekitarnya. Maka dari itu hidarilah bahan dari bambu dan kayu.

Untuk itu pilihlah bahan yang berasal dari tanah liat, semen, stainless yang sudah terbukti kuat dan tidak mempan jika digigit oleh hewan peliharaanmu.

Untuk tempat minum hindari wadah seperti mangkok, karena rambut dari kelinci sangat rawan rontok dan mengantisipasi bulu dimakan oleh anggora. Selain itu juga agar bulu tidak basah karena akan cepat kotor dan gimbal.

3. Berikan Kotak Buang Kotoran

Tempat kotoran sangat krusial dan harus benar – benar diperhatikan. Biasanya kotak (liter box ) ini diisi dengan pasir yang memang dibuat untuk tempat buang kotoran dari kelinci anggora peliharanmu.

Penyiapan kotak ini juga bertujuan agar kelinci peliharaan kamu tidak buang kotoran sembarangan.

Selain agar lebih bersih, pemberian kotak box ini juga memberikan latihan kepada kelinci agar buang kotoran di tempat yang sudah disediakan. Dan hal lain yang bisa kamu dapatkan adalah mudah untuk membersihkannya.

4. Sediakan Tempat Bermain

Hewan satu ini sangat suka bermain. Mereka sangat senang berlari – lari serta melompat – lompat. Jadi pastikan untuk memberikan sedikit tempat bermain. Atau kamu bisa siapkan tempat yang luas sebagai tempat bermain kelinci.

Jenis Makanan Kelinci Anggora

Jika kamu memelihara kelinci dari kecil, saat kelinci mu memasuki umur 2 bulan kamu bisa memberikan Hay atau rumput kering. Ada banyak jenis yang bisa kamu pilih. Berikut adalah jenis – jenisnya.

  • Orchard Grass
  • Coastal Hay
  • Bermuda Hay

Tentunya dalam pemberian makanan pada kelinci tidak boleh sembarangan karena kesehatan datangnya dari makanan yang sehat pula. Jangan pernah memberikan rumput kering Alfafa yang banyak mengandung kalsium, karena itu tidak baik untuk kesehatan kelinci.

Selain pemberian makan kamu juga harus memperhatikan minuman untuk kelincimu. Pastikan setiap harinya jumlah minuman sudah memadai ditambah dengan sayuran.

Jenis Kelinci Anggora Ciri – Ciri nya

Jenis anggora tidak hanya ada satu, karena kelinci anggora mempunyai banyak jenis. Berikut ini beberapa jenis yang harus kamu ketahui.

1. Anggora Inggris

Inggris

Jenis anggora inggris mungkin yang paling populer dikalangan pecinta hewan. Kok bisa ? yah karena jenis ini terkenal jinak dan gampang saat diajak bermain. Jadi sangat cocok untuk mengisi waktu luang kamu.

Untuk ciri – ciri dari hewan ini mempunyai ranbut lebat dan panjang. Termasuk yang paling panjang pada jenis anggora. Biasanya bulunya bisa sampai menutupi mata dan mulutnya. Selain itu kelinci inggris ini mempunyai telinga yang berdiri tegak seperti halnya anjing.

Untuk bobot, kelinci ini bisa mencapai 4 – 5 kg.

2. Anggora Satin

Satin

Jenis kedua adalah satin. Hewan ini merupakan jenis yang berasal dari perkawinan antara anggora perancis dan sating. Hasil perkawinan tersebtu membuat kalinci mempunyai rambut halus.

Untuk berat badan bisa menacpai 4 Kg.

3. Anggora Giant

Giant

Selanjutnya adalah anggora giant. Sesuai dengan namanya kelinci ini mempunyai ukuran yang besar dengan berat badan bisa mencapai 6 kg. Dinegara – negara lain hewan ini merupakan hewan ternak yang rambutnya bisa dijadikan fashion dan dagingnya biasaya dikonsumsi.

4. Anggora Jerman

Anggora Jerman

Selanjutnya adalah anggora jerman. Hewan yang mempunyai rambut panjang nan tebal dengan warna hitam. Namun berbeda dari yang lain kelinci ini mempunyai rambut keriting dan terlihat kusut.

Namun walaupun kelihatan kusut jika dipegang sangatlah halus. Untuk beart badan bisa mencapai 2 – 3 kg.

5. Anggora Perancis

Anggora Perancis

Untuk jenis ini hampir sama dengan kelinci inggris. Namun yang membedakan dari inggris adalah rambutnya tidak menutupi wajahnya. Untuk ciri khusus mempunyai telinga yang tidak ditumbuhi rambut.

Unutuk berat badan bisa mencapai 3 – 5 kg.

Demikian pembahasan mengenai kelinci anggora yang bisa kami sampaikan. Mudah – mudahan bermanfaat dan bisa memanbah wawasan untuk kalian. Terimakasih.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *