Contoh Kandang Kelinci

Kandang Kelinci – Kelinci merupakan salah satu hewa peliharaan yang umum untuk dimilikinya di rumah-rumah selain hewan kucing. Bentuknya kelinci yang lucu dan sangat disukai baik bagi anak-anak atau orang dewasa.

Kelinci, seperti hewan peliharaan yang lainnya, harus benar-benar kita jaga dan rawat dengan baik. Jika Anda ingin memelihara atau beternak kelinci di rumah.

Maka sebaiknya Anda memiliki tempat untuk kandang kelinci supaya kelinci-kelincinya bisa hidup secara nyaman dan aman dari jangkauan hewan predator yang lainya.

Kandang kelinci buatan sendiri bisa menggunakan berbagi bahan, mulai dari kayu, besi, kawat dan bahan bambu. Pilihlah yang paling murah tentu saja kandang kelinci yang terbuat dari bahan bambu, karena bahan dasarnya bisa kita dapat dengan modal yang sangatlah sedikit.

Sementara untuk lebar, luas dan tinggi kandang kelinci, harus disesuaikan dengan jumlah kelinci serta model kandang yang akan dibuat sendiri.

Contoh yang akan digunakan di sini misalkan kita akan membuat kandang kelincil yang modelnya individu. Maka supaya modelnya irit, kandang kelinci akan dibuat secara luas supaya bisa disekat-sekat menjadi banyak.

Apabila kelinci hanyalah sedikit, misalkan ada 2 atau 4 ekor saja, maka ukuran kandang cukup standar saja. Biasanya luas sekitar 120 cm, tinggi 40 cm dan lebarnya 75 cm.

Jika tidak diberi atap, ukuran tinggi mencapai 80 cm, supaya kelinci tidak bisa loncat keluar. Tetapi andaikan kelincinya berjumlah banyak, buatlah ukuran luas 180 cm, lebarnya 75 cm dan tingginya 50 cm atau lebih, jika dibuat bertingkat dan tidak diberi atap.

Cara Membuat Kandang Kelinci Sendiri

Cara Membuat Kandang Kelinci Sendiri

Berikut ini adalah cara membuat kandang kelinci di rumah sendiri, dan simaklah langkah-langkahnya secara menyeluruh.

1. Siapkan Peralatan dan Bahan untuk membuat Kandang Kelinci

Berikut ini ada beberapa bahan dan peralatan yang harus disiapkan sebelum kita memulai membuat kandang kelinci.

Yang ini adalah bahan dan peralatan yang paling dasar, mungkin kita akan membutuhkan lebih bahan-bahan ini jika Kita memilih membuat kandang kelinci secara variasi.

Siapkan semua peralatan diantaranya adalah kayu yang kuat untuk kerangka, bambu untuk alas kandangnya, asbes untuk atap kandang, paku besar dan paku kecil, engsel untuk pintu, tempat kotoran, kawat untuk bagian ujung kandang, obeng, palu dan gergaji.

2. Proses Membuat Kandang Kelinci Sendiri

Yang pertama, buatlah kandang kelinci mulai dari kerangkanya terlebih dahulu dengan kayu, bentuknya disesuaikan dengan ukuran lebar, luas dan tinggi yang sudah disesuaikan dengan jumlah kelinci yang sudah ada.

Yang kedua, buatlah alas dengan bahan dari bambu secara rata. Jangan terlalu rapat menempatkan bambunya supaya kotoran kelinci bisa dengan mudah jatuh ke tanah atau tempat kotoran yang sudah ada disediakan di bawah kandang yang nantinya.

Yang ketiga, buatlah pintu dengan ukuran lebar 15 cm, dengan ketinggian 20 cm dan jangan lupa untuk membuat kamar atau tempat untuk persembunyian yang diletakkan di dalam kandang.

Untuk ukuran luas dan lebarnya bisa menjadi 30 cm hingga 40 cm. Yang terakhir adalah membuat atap kandang, pasanglah atap dengan terpal, asbes atau bisa juga dengan genting.

3. Penempatan Kandang Kelinci Harus Baik

Setelah kandang kelinci sudah jadi, penting untuk penempatannya di lokasi yang paling tepat, syaratnya adalah penempatan kandang kelinci autdoor yang harus terkena sinar matahari pagi setiap harinya.

Sinar matahari pagi dibutuhkan untuk membunuh kuman-kuman yang berada di sekitar kandang serta mengeringkan akibat tumpahan air minum kelinci.

Meskipun harus terkena sinar matahari, usahakan kandang kelinci betempatan di suasana yang nyaman dan sejuk, seperti di dekat pepohonan yang rindang.

Cara Membuat Kandang Kelinci dari Kardus

Bagi Anda yang berkeinginan membuat kandang kelinci menggunakan bahan dari kardus, sebaiknya Anda tau, jika untuk kandang kelinci yang terbuat dari bahan kardus bersifat hanyalah sementara.

Karena, kadang yang dibuat dengan menggunakan dari kardus ini mudah rusak. Sehingga kandangnya hanya memiliki sifat yang sementara saja. Kandang ini juga bisa dipakai pada saat Anda sedang tidak mempunyai waktu untuk membuat kandang kelinci yang terbuat dari bambu atau kayu.

Anda bisa membuat kandang kelinci dengan mudah dan sangatlah praktis. Kandang kelinci yang terbuat dari kardus ini tidak mempunyai lubang untuk tempat kotoran seperti air liurnya.

Dengan demikian, pada bagian bawah kandang akan cepat rusak. Bisa kemungkinan, bisa menggunakan bahan kardus ini dalam waktu kurang lebih selama  3 hari atau 4 hari.

Sebab jika dalam waktu yang lama, maka sudah tidak layak lagi untuk dipergunakan. Jika Anda bisa mencari kardus yang cukup tebal maka kemungkinan kandang kelinci bisa bertahan lebih lama lagi.

Tips Membuat Kandang Kelinci Minimalis

Tips Membuat Kandang Kelinci Minimalis

Berikut ini ada tips cara membuat kandang kelinci yang menimalis sebagai acuan untuk membuat kandang kelinci yang baik dan mudah perawatannya.

1. Bentuk Kandang

Kandang bisa dibuat dengan bentuk yang bersusun, namun tepat di bawah kandang harus ada jarak sebagai tempat kotorannya nanti, karena apabila tidak ada akan mengakibatkan kotoran kelinci yang ada diatasnya akan jatuh tepat pada kelinci di bawahnya.

Dan itu akan berakibat berbagai hal seperti kelinci akan terkena bakteri yang jahat pada saat lembab, pada jarak kandang tersebut bisa dibuatkan tempat khusus untuk menampung kotoran sementara sebelum dipindahkan.

Selain itu kandang harus terdapat sirkulasi udara yang cukup supaya kelincinya nyaman di dalamnya.

2. Ukuran Kandang

Apabila mempunyai area yang cukup luas maka sebaiknya buatlah kandang yang lebar supaya kelincinya menjadi nyaman dan menghindari kelembapan, namun apabila area yang hendak digunakan untuk kandang tidak luas.

Maka bisa membuat kandang dengan luas yang minim, walaupun hal ini tidak baik untuk kelincinya, namun walaupun ukurannya minin maka harus tetap diperhatikan ukuran lebarnya, paling tidak 4 kali dari ukuran besar hewan kelincinya.

3. Tinggi Kandang

Untuk tinggi kandang sebaiknya jangan terlalu pendek, karena salah satu kesehatan kelinci ditentukan pada saat seringnya berdiri.

Maka tinggi kandang bisa ditentukan dengan ukuran panjang kelinci yang akan ditaruh di dalam kandang. Misalkan kelinci dengan panjang 50 cm maka bisa dibuatkan kandang kelinci berukuran 60-70 cm.

4. Alas Kandang

Alas kandang sebaiknya dibuat dengan bahan yang kuat supaya tidak goyang saat terinjak kelinci, selain itu apabila alasnya terdapat celah maka sebaiknya tidak terlalu lebar atau tidak terlalu sempit.

Karena untuk menghindarkan kelinci dari kejepit, dimasuki tikus dan lain-lain. Alasanya juga sebaiknya bisa dicopot supaya mudah untuk membersihkannya.

5. Jarak Kandang

Jarak antara kandang dengan tanah diusahakan minimal 30 cm supaya kelinci jauh dari kotoran sehingga bisa meminimalisir kelinci terserang bakteri yang bisa membuat kelinci menjadi sakit.

6. Penempatan Kandang

Kandang bisa ditempatkan pada tempat teduh, namun masih terjangkau sinar matahari, apalagi sinar matahari pada pagi hari sekitar pukul 6-8 yang sangat penting untuk kesehatannya kelinci, jadi usahakan sinar matahari pagi bisa masuk kedalam kandangnya.

Tipe Tipe Kandang Kelinci

ada dua tipe kandang kelinci diantaranya adalah :

1. Kandang Kelinci Sistem Terbuka

Kandang Kelinci Sistem Terbuka

Kandang kelinci sistem terbuka banyak diadopsi oleh peternak tradisional yang dimana usah ternak kelinci dilakukan sebagai usaha sampingan. Kadang kelinci sistem terbuak sangatlah sederhana, tinggal memberikan pagar di sekeliling area yang akan dijadikan kandang.

Pagar cukup setinggi 0,5 – 1 meter, yang penting kelinci tidak bisa lolos atau meloncat. Sebaiknya, pagar memiiki pondasi yang cukup dalam untuk mencegah kelinci yang hendak kabr dengan cara menggalikan sebuah lubang.

Dalam sistem terbuka, kelinci dibiarkan lepas bebas di wilayah kandang. Wilayah kandang yang berupa tanah terbuka, didalam wilayah disediakan kandang yang tertutup supaya kelinci bisa berteduh dan bisa istirahat.

Di dalam area kandang harus tersedia tempat minum dan tempat makan. Meskipun beralaskan tanah, permukaan lantai kadang harus mempunyai drainase yang baik supaya kondisinya tetap kering. Kelinci tidak menyukai tempat yang lembab.

Keunggulan Sistem Terbuka

Keunggulan sistem terbuka adalah kelinci bisa berkeliaran di area tertentu sehingga jadwal pemberian pakan tidak terlalu ketat.

Kelinci bisa mengais-ngais pakan sendiri bila perternak terlambak untuk memberikan makanan. Biaya pembangunan kandang serta perawatan relatif lebih murah.

Kelemahan Sistem Terbuka

Kelemahannya sistem ini memerlukan lahan yang luas serta pertumbuhan dagingnya tidak maksimal, karena kelinci banyak bergerak, selain itu, proses reproduksinya kurang bisa di arahkan.

2. Kandang Kelinci Sistem Tertutup

Kandang Kelinci Sistem Tertutup

Sistem tertutup biasanya dipakai untuk usaha ternak yang lebih intensif dan lebih serius. Kelebihan sitem tertutup kebutuhan lahannya yang relatif lebih kecil, perkembangan kelinci lebih terkontrol lagi, lebih fokus pada pertumbahan dagingnya.

Kelemahannya biayanya lebih mahal. Untuk memulai usaha ternak kelinci dengan sistem kandang yang tertutup setidaknya diperlukan dua tipe kandang, yaiku tipe postal dan tipe batrei.

Tipe postal digunakan untuk proses perkawinan serta penyapihan anak kelinci, sedangkan tipe yang baterai digunakan untuk pembesaran.

  • Kandang Tipe Postal

Kandang tipe yang ini biasanya digunakan untuk proses perkawinan dan membesarkan anak kelinci sebelum disapih. Anak-anak kelinci biasanya disapih dari induknya sesudah umur 8 minggu.

Kandang tipe postal kurang optimal untuk pembesaran, dkarenakan kelinci yang ada di dalamnya akan lebih banyak bergerak. Untuk proses pembesaran gerakan kelinci sebisa mungkin di kurangi supaya semakin banyak pakan yang dikonversikan menjadi daging.

Kadang tipe yang ini bisa diletakkan di lura ataupun di dalam ruangan. Bila ingin menempatkan kandang di luar ruangan alangkah baiknya gunakan dinding kandang dengan bahan yang tertutup sepertti triplek “jangan di belah bambunya “, berfungsi untuk menahan air hujan dan angin.

  • Kandang Tipe Baterai

Kandang kelinci yang tipe ini sangat cocok untuk digunakan untuk pembesaran. Pada umumnya ukuran kandang sebesar 60x40x40 cm, lebih baik lagi disesuaikan dengan jenis kelinci yang hendak diternak.

Semakin besar jenisnya, maka semakin besar pula kandangnya. Perlu diperhatikan, kandang yang terlalu luas akan bisa membuat kelinci banyak bergerak sedangkan kandang yang terlalu sempit bisa membuat setres.

Kadang yang tipe ini dibuat secara bertingkat atau bersusun seperti rak. Oleh karena itu alas kandang harus mempunyai sekat untuk menampung kotoran dan air kencing kelinci.

Sekat sebaiknya yang bisa dicopot secara mudah karena untk memberishkan sebuah kotoran, bahkan yang digunakan untuk kandang ini bisa dari bilah bambu ataupun ram kawat.

Khusus yang bagian lantai sebaiknya tidak menggunakan ram kawat dikarenakan bisa berpotensi melukai keki kelinci tersebut. Penempatan kandang kelinci tipe baterai bisa di luar ruangan ataupun di dalam ruangan.

Untuk kandang yang ditempatkan di luar ruangan, atap kandang harus dibuat dari bahan yang tidak tembus air dan sebagian dindingnya tertutup. Supaya angin malah atau air hujan tidak merembes di dalam kandang.

Contoh Desain Kandang Kelinci Yang Unik

Sesudah mengetahui cara membuat kandang kelinci sendiri, berikut ini ada beberapa contoh gambar kandang kelinci yang unik dan bisa dijadikan bahan inspirasi.

Dari kandang kelinci yang terbuat dari bambu dan kayu yang unik, kandang kelinci modern serta betingkat yang cocok untuk menampung banyak kelinci, hingga kelinci yang indoor tanpa ada atapnya.

Kandang Kelinci Dari Bambu

Kandang Kelinci Dari Bambu

Jika kita mempunyai bahan dari bambu, tidak ada salahnya membuat kandang kelinci dari bambung yang seperti ini. Kandang kelinci dari bahan bambu tidak selalu terlihat kumuh.

Apabila kita hati-hati memilih bahan dan mengerjakan dengan sepenuh hati, kandang kelinci yang dihasilkan akan menjadi cantik dengan tekstur bambu yang baik.

Kandang Kelinci Yang Modern

Kandang Kelinci Yang Modern

Sedangkan untuk kandang kelinci yang modern lebih fokus pada efisiensi kandang, yang dimana kandang ini pada umumnya digunakan untuk kandang kelinci ternak.

Bentuknya yang sederhana serta mementingkan fungsi membuat kandang seperti ini kurang cocok untuk kandang kelinci peliharaan yang ada di rumah.

Kandang Kelinci Dari Bahan Kayu

Kandang Kelinci Dari Bahan Kayu

Kandang kelinci dari kayu juga sangat yang diminati karena bahan kayu yang paling flesibel untuk dibentuk sedemikian rupa. Kandang kelinci outdoor di tempat-tempat rekreasi banyak menggunakan kandang seperti ini, karena selain sehat, bentuknya juga sangatlah memikat mata.

Kelinci-kelinci ini akan terlihat bermain dan tinggal di dalam rumah-rumah kecil mereke sendiri. Dengan mengikuti cara membuat kandang kelinci dari bahan kayu, kita juga bisa memiliki kandang kelinci kayu di rumah sendiri.

Kandang Kelinci Indoor

Kandang Kelinci Indoor

Cara membuat kandang kelinci yang indoor, kita tidak perlu fokus membuat atap kandang lagi, hanya cukup tinggikan pagar pembatasan sehingga kelinci yang tidak bisa meloncat keluar dan tidak bisa kabur.

Untuk kandang kelinci autdoor, kita harus memperhatikan atap kandang supaya kelinci tidak kepanasan saat terkena terik matahari.

Namun, kita tetap bisa membuat atap kandang kelinci yang indoor khusus untuk beberapa sisi saja, ini ditunjukkan tempat bermain berbentuk rumah-rumah serta untuk segi estetika saja.

Kandang Kelinci Bertingkat

Kandang Kelinci Bertingkat

Sedangkan jika mempunyai banyak kelinci di rumah, membuat kandang kelinci bertingkat bisa menjadi solusi. Kandang kelinci bisa kita buat secara berjajar serta bertingkat yang bertujuan untuk menghemat tempat atau lokasi dan memudahkan dalam pengawasa.

Untuk kandang model bertingkat yang perlu kita perhatikan adalah sengketa bagian atas dengan bagian bawah yang harus dibuat miring menggunakan bahan dari seng, supaya kotoran kelinci tidak berjatuhan ke kandang yang dibawahnya atau bisa juga kita buatkan di tempat penampungan kotoran.

Ini juga cocok jika ingin kelinci di rumah dipisah-pisah karena bentuknya yang individu. Caranya adalah buatlah sejajar dan diberikan sekat supaya tidak tercampur dengan kelinci yang lainnya. Lalu setiap tempat diberikan kamar atau ruangan yang sebagai tempat persembunyiannya si kelinci tersebut.

Kandang Kelinci Ideal Untuk Outdoor

Kandang Kelinci Ideal Untuk Outdoor

Kandang Kelinci yang satu ini sangatlah bagus dan unik bentuknya, cocok untuk kandang kelinci.

Kandang Kelinci Galvanis

Kandang Kelinci Galvanis

Kandang Kelinci Dari Baja Ringan

Kandang Kelinci Dari Baja Ringan

Kandang Kelinci Pedaging

Kandang Kelinci Pedaging

Kandang Kelinci Beralaskan Tanah

Kandang Kelinci Beralaskan Tanah

Gambar Kandang Kelinci Untuk Peternakan

Gambar Kandang Kelinci Untuk Peternakan

Gambar Kandang Kelinci Hias

Gambar Kandang Kelinci Hias

Gambar Kandang Kelinci Umbaran Unik

Gambar Kandang Kelinci Umbaran Unik

Gambar Kandang Kelinci Lokal

Gambar Kandang Kelinci Lokal

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi kita semua, apabila ada kesalahan kata mohon untuk dimaafkan. Untuk kalian yang sedang mencari pembahassan mengenai pertanian, peternakan dan seeputar bisnis bisa lihat di www.slaverymap.org

Leave a Reply