Kandang Bebek Yang Baik dan Benar

Kandang Bebek – Bebebk merupakan salah satu hewan yang paling banyak di ternak. Pasalnya bebek sendiri memang sudah menjadi hewan yang sering di konsumsi. Maka tidak jarang banyak warung atau restoran yang menyajikan olahan bebek ini.

Nah namun apa jadinya jika kamu berternak bebek namun tidak tahu dengan cara membuat dan model kandang ?

Nah berikut ini akan kita bahas mengenai kandang bebek mulai dari macam atau jenisnya, cara membuat nya dan ukuran yang pas . Berikut ulasanya.

Kandang Yang Baik dan Benar Untuk Ternak

Kandang Yang Baik dan Benar Untuk Ternak

Sebenarnya kandang bebek sendiri terdari dua jenis. Yaitu kandang yang dikhususkan untuk DOD dan bebek yang sudah besar.

Dari bebrapa jenis bebek diatas sebagai seorang peternak harus mengetahui. Salah satunya adalah menyesuaikan ukuran kandang dengan jumlah dan lingkungan sekitar kalian.

Hal yang harus di perhatikan selanjutnya adalah kondisi dari lingkungan dan kandang itu sendiri. Yaitu pastikan agar kandang tetap dalam keadaan kering dan bersih dari kotoran. Kebersihan kandang sendiri akan mempengaruhi pertumbuhan dari bebek itu sendiri.

Selain itu pastikan agar kandang dalam keadaan tertutup. Karena bebek akan gelisah jika melihat hewan lain seperti kucing dan anjing melewati sekitaran kandang.

Namun juga harus diperhatikan luban untuk kandang agar bebek tidak merasa sumpek dan ada sirkulasi yang datang.

Suhu kandang juga harus diperhatikan, dan lebih baik jika kamu berernak bebek sering mengecek kodisi suhu di kandang. Adapun suhu yang pas untuk kandang bebek adalah 27 drajat sampai 30 derajat celsius.

Selain itu baiknya jika ingin membuat kandang perhatikan posisinya. Posisi yag pas adalah menghadap ke barat atau ke timur sehingga angin dan panas dapat masuk dengan maksimal dan bergantian antara panas dan dingin.

Penerangan dalam kandang juga dibutuhkan. Selain sebagai permudah merawat juga bisa melihat kondisi bebek selain itu penerangan juga bisa membuat bebek nyaman. Pastikan juga agar kandang dengan ruang gerak atau tidak sempit dan juga pastikan agar kandang lebih tinggi dari pada lantai.

Jenis Jenis Kandang

Ada beberapa jenis kandang yang bisa kalian aplikasikan dalam beternak bebek. Yang terpenting sesuaikan dengan modal anda dan lahan yang dimiliki.

1. Kandang baterai

Kandang baterai

Tipe jenis ini merupakan jenis kandang yang paling mahal dalam pembuatanya. Sistem yang digunakan nya pun cukup unik karena memberikan satu ruangan kepada satu bebek. Jadi dalam satu kandang hanya terdapat satu bebek.

Ukuran yang digunakan tipe kandang ini di hitung menggunakan luas 50 CM persegi dengan 5 kandang dalam satu barisnya.

Dengan kandang ini tentunya akan mempermudah kamu dalam mengontrol, namun untuk perkawinan dengan menggunakan jenis kandang ini harus dilakukan dengan inseminasi buatan yang tentunya memakan biaya.

Untuk jenis ini biasanya para peternak hanya dikhususkan untuk bebek anakan atau starter saja.

2. Kandang Ranch / Ren

Kandang Ranch / Ren

Kandang dengan jenis ini adalah kandang dengan pengguna paling banyak. Pasalnya kandang ini menghemat biaya di banding dengan kandang yang pertama kita bahas.

Kandang ini bisa berisi lebih dari satu bebek. Maka sangat wajar jika jenis ini banyak dipakai. Selain sebagai penghemat pengeluaran juga sangat direkomendasi.

Kandang ini juga cocok untuk bebek jenis petelur atau pedaging. Selain itu lahan atau latar pada kandang bisa untuk bermain bagi bebek dan tentunya akan terlihat lebih alami.

Selain itu ada kolam depan kendang yang bisa digunakan mandi oleh bebek atau sekedar beranang saat udara sedeng panas.

3. Kandang Postal

Kandang Postal

Nah jenis yang satu ini nih yang banyak disukai oleh para peternak. Apalagi buat yang masih mau merintis. Sangat cocok untuk dijadikan sebagai kandang idaman.

Jenis kandang ini hampir sama dengan jenis kandang ren karena dalam satu kandang bisa berisi lebih dari satu bebek.

Bahkan dalam satu petak kandang bisa berisi ratusan ekor bebek tergantung dengan luas lokasinya. Tentunya menggunakan kandang dengan jenis ini  akan mengehemat penggunaan wadah pakan dan telur.

Namun yang perlu di perhatikan jika anda menggunakan jenis kandang ini adalah perhatikan tinggi dari kandang. Usahakan kandang memiliki tinggi maksimal 2 meter.

Kenapa harus 2 meter ? tentunya agar lebih mudah pada saat panen dan pemberian pakan. Jenis kandang ini sangat cocok untuk pembesaran bebek pedaging atau konsumsi.

Baca Juga : Ternak Bebek Pedaging

4. Kandang Boks

Kandang Boks

Jenis kandang ini bisa digunakan oleh bebek dengna usia 1 – 21 hari. Bentuk dari kandang ini pun berbentuk boks.

Biasanya para peternak menggunakan kandang ini dengan membuatnya sendrii dengan menggunakan bambu. Dengan lantai menggunakan kawat kasa atau dari anyaman bambu.

Pastikan jarak anyaman bambu pada lantainya di jarak 1 – 1,5 cm agar kotoran dari bebek bisa langsung turun ke bawah dan tidak perlu repot – repot membesihkan dalam kandang dari kotoran.

Selain itu menggunakan ukuran tadi tidak akan membuat kaki dari bebek terperosok atau terjepit. Jadi aman untuk anak bebek.

5. Kandang Bebek Petelur Sistem Kering

Kandang Bebek Petelur Sistem Kering

Jenis kandang ini sering digunakan oleh peternak yang berada di perkotaan. Hal tersebut menyesuakian dangan kondisi geografis yang tidak terlalu jauh dengan masyarakat sehingga akan menimbulkan polusi dari bau kotoran bebek.

Jika kamu hanya mempunyai lahan yang sempit tidak perlu khawatir karena tetap bisa untuk beternak.

Karena hal yang harus di perhatikan adalah jumlah bebek yang akan di ternak. Semakin banyak bebek yang di ternak juga akan semakin luas pula lahan yang dibutuhkan.

Cara beternakpun tidak lah sulit karena yang terpenting adalah niat dan pelajari terlebih dahulu sebelum terjun ke bisnis ini.

6. Kandang Bebek Sederhana

Kandang Bebek Sederhana

Membuat kandang bebek bisa menggunakan media apa saja, bisa dengan bambu, atau tembok langsung.

Namun jika anda ingin yang lebih sederhana buatlah kandang dengan menggunakan barang yang mudah ditemui di sekitar kita seperti bambu, kayu atau lainya.

Untuk biayapun bermacam – macam menyesuaikan dengan bahan yang akan digunakan serta luas lahannya.

7. Kandang Bebek Pedaging

Kandang Bebek Pedaging

Untuk bebek pedaging pun bisa menyesuaikan dengan kandang yang sudah kita bahas di atas.

Yang terpenting dalam kandang adalah penempatan dari bebek DOD dan bebek yang sudah bisa di panen.

Pisahkan kandang DOD dengan bebek yang sudah besar.

8. Kandang Bebek Panggung

Kandang Bebek Panggung

Kadang bebek petelur panggung ini cukup baik untuk digunakan sebagai media untuk kandang bebek.

Kandang jenis ini akan tetap terjaga keringnya sehingga resiko penyakit yang akan menjangkit bebek pisa lebih di tekan.

Selain ada kelebihan kandang bebek ini juga memilki kelemahan tersendiri. Apakah kelemahanya?? Yaitu kekurangan mineral yang biasanya di dapat dari tanah dan ketika menggunakan kandang bebek jenis ini akan sangat kekurangan.

Selain itu jenis kandang ini harus sering untuk dibersihkan karena akan sering menempel pada lantai panggung. Kelemahan yang paling kelihatan yaitu termasuk jenis kandang yang mahal produksinya.

Cara Membuat Kandang Dari bambu

Cara Membuat Kandang Dari bambu

Rumah yang baik akan membuat nyaman penghuinya, begitupun dengan bebek akan merasa nyaman jika kandangnya juga nyaman untuk di tempati.

Ada banyak jenis yang sudah kita jelaskan di atas dan salah satu yang paling familiar dan digunakan oleh para peternak adalah menggunakan bahan bambu.

Nah tapi gimana nih aku masih pemula dalam ternak ini, masih bingung dengan cara membautnya? Nah berkut ini akan kita bahas mengenai cara membuat kandan dengan bambu.

Komponen yang paling penting adalah bambu itu sendiri. Karena bambu menjadi bahan utama dari pembautan kandang ini dan akan di jadikan sebagai dinding dan tiang dari kandang.

Untuk pemilihan bambu sendiri harus memilih bambu yang kuat dan tidak keropos agar bambu bisa bertahan lama.

Namun untuk atap tidak di rekomendasikan untuk menggunakan bambu juga. Karena baiknya harus menggunakan genteng agar mampu menahan panas dan hantaman hujan dan pastinya agar tahan lama.

Untuk masa dari kandang menggunakan bambu adalah 5 tahun dan setelah itu harus diperbarui.

Harus Diperhatikan Saat Membuat Kandang Dari Bambu

1. Ukuran Kandang

Ukuran tidak melulu sama, karena harus menyesuakan dengan jumlah bebek yang akan di ternak.

Semakin banyak bebek yang ingin diternak semakin luas pula lahan yang diperlukan. Selain itu juga harus di sesuaikan dengan anggaran biaya peternakan.

2. Letak Kandang

Untuk letak sebaiknya jauhkan dari pemukiman masyarakat. Setidaknya 10 merer dengan rumah. Karena jika tidak seperti itu bau kotoran akan sangat terasa dan juga menghindari dari virus yang menular.

3. Arah Kandang

Sebaiknya arah kandang menghadap ke timur atau kebarat. Agar hewan ternak bisa terkena sinar matahari secara langsung sehingga meeminimalisir terkena penyakit karena kandang akan selalu kering.

4. Konstruksi Kandang

  • Atap Kandang

Seperti halnya rumah kandang juga membutuhkan yang namanya atap. Karena atap berfungsi sebagai pelindung dari panas, hujan serta tiupan angin.

Untuk bahan pembuatan atap sendiri pun bisa bermacam – macam sesuai dengan keinginan, bisa dengan ijuk, jerami, rumbai, terpal, seng atau esbes. Pastikan dan sesuaikan dengan konstruksi aslinya.

  • Dinding Kandang

Seperti halnya atap komponen yang tidak bisa dipisahkan adalah dinding. Bbahan untuk membuat kandang dinding inipun bermacam – macam salah satunya dengan menggunakan bambu.

  • Lantai Kandang

Lantan pada kandang yang langsung terhubung ketanah sebaiknay menggunakan semen. Agar tidak mudah basah dan becek bila terkena air.

Namun jika tidak memungkinkan bisa menggunakan serbuk gergaji atau kapur.

Baca Juga : Cara Budidaya Ternak Bebek Petelur

Ukuran Kandang Bebek

Ukuran Kandang Bebek

Ukuran tentunya menyesuakan dengan jumlah bebek yang di ternak. Namun untuk kali ini akan kami jabarkan kira – kira yang dibutuhkan dalam membuat kandang yang tidak sesak dan tentunya tidak membutuhkan lahan yang lebar.

Yang akan kita jelaskan adalah kandang dengan jumlah 100 ekor. Kira kira berapa sih ukuran yang dibutuhkan ?

Kandang anakan atau kandang box (100 ekor ) = 2m x 2m

Kandang anakan atau kandang box ( 200 ekor ) = ( 2m x 2m ) x 2 = 8M

Kandang untuk usia 2 Minggu – panen ( 100 ekor ) = 3m x 5m

Misalnya ukuran dari kandnag untuk kuota 1000 ekor adalah 3m x 5m x 10 = 150 mm.

Hanya untuk bebek pedaging saja.

Nah tadi beberapa ulasan mengenai kandang bebek yang bisa anda tiru dan pahami. Tentunkan agar lahan yang ingin dipakai tidak berdekatan dengan masyarakat dan tentunya terus belajar agar ternak bisa sukses dan menghasilkan

Leave a Reply