Cara Budidaya Kelinci Anggora

Kelinci Anggora – Kelinci Anggora merupakan kelinci yang mempunyai ciri yang berbulu lebat dan tebal. Biasanya dibudidayakan untuk diambil bulu atau di buat kain woolnya.

Bulu kelinci anggora terkenal karena teksturnya yang lembut dan halus. Jenis kelinci yang ini diketahui berasal dari Ankara, Turkiy. Di daerah ini dikenal dengan sebagai tempat asal kambing anggora dan kucing anggora.

Bisnis wool kelinci anggora berkembang di Negara-Negara yang beriklim dingin seperti Benua Amerika dan Benua Eropa. Bulu kelinci anggora akan di panen setiap 4 – 5 bulan sekali dengan cara dicabut atau dicukur.

Metode pencabutan bulu kelinci menjadi kontroversi bagi para pecinta binatang karena dianggap menyakitkan satwa. Di Negara Indonesia, kelinci anggora banyak sekali dipelihara yang sebagai hewan kesayangan.

Jenis-Jenis Kelinci Anggora

ada beberapa jenis kelinci anggora yang sangat populer di Negara Indonesia, yaitu kelinci anggora Inggri, kelinci anggora Giant, kelinci Anggora Perancis, Kelinci Anggora Satin.

Ada juga hasil silangan yang lain kurang populer seperi kelinci anggora Jerman, kelinci anggora Swiss dan kelinci anggora Korsel.

Selain itu banyak para breeder yang mengawinkan kelinci anggora dengan ras yang lain sehingga melahirkan banyak sekali varian dari hasil silangan.

1. Anggora Inggris

jenis kelinci anggora

Kelinci Anggora Inggris adalah jenis yang paling kecil dibandingkan dengan kelinci anggora yang lainnya. Bobot dari tubuh kelinci anggora yang dewa sekitar 2,3 – 3,4 kg. Kelinci anggora Inggris jenis ini paling favorit sebagai hewan pertunjukkan.

Bulunya yang tebal dan tumbuh hingga ke telinga serta ke mukanya. Kelinci anggora Inggris memerlukan perawatan harian yang sangat intensif. Tidak dianjurkan bagi pemelihara hewan pemula.

Bulu-bulunya yang halus, panjang, mudah kusut dan harus rutin untuk dibersihkan karena mudah rontok.

2. Anggora Giant

jenis kelinci anggora

Kelinci anggora giant adalah hasil silangan anggora dengan kelinci flemish giant. Seperti namanya anggora giant yang mempunyai tumbuh yang paling bongsor, kelinci dewasa ini bobotnya bisa mencapai 5 kg.

Warna bulu kelinci ini adalah putih, jenis yang ini menjadikan pilihan favorit unutuk diambil woolnya. Karena memiliki badan yang besar, hasil panen woolnya lebih tinggi dibandingkan jenis yang lainnya. Bulunya tidak mudah rontonk sehingga untuk memanennya harus perlu di cukur.

3. Anggora Perancis

jenis kelinci anggora

Kelinci anggora jenis Perancis mempunyai bobot mencapai 3,4 kg – 4,8 kg. Bulinya tumbuh panjang serta pertumbuhan bulunya sangatlah cepat.

Kelinci anggora Perancis mempunyai warna bulu yang beragam. Perawatan kelinci jenis anggora ini tidaklah sensitif seperti anggora Inggris dan cocok untuk dipelihara sebagai binatang kesayangan untuk orang pemula.

4. Anggora Satin

jenis kelinci anggora

Kelinci anggora satin mempunyai bobot mencapai 3 kg – 4,3 kg dan dipelihara untuk diambil woolnya. Kelinci anggora jenis ini mempunyai berbagai variasi warna. Jenis woolnya banyak di sukai di kalangan industri dikarenakan mudah untuk dipintal.

5. Anggora Jerman

jenis kelinci anggora

Kelinci anggora Jerman banyak di jumpai di Negara Amerika Serikat dan Negara Kanada. Ciri khas dari kelinci ini adalah mempunyai bulu yang sangat lebat dan bulunya yang panjang. Pada umumnya banyak juga memelihara kelinci tersebut untuk keperluan membuat wool.

Harga dari kelinci anggora bervariasi tergantung pada usia dan jenis masing-masing kelinci. Tentunya semakin besar ukuran kelincinya maka semakin mahal juga untuk harga jualnya.

6. Anggora Himalaya

jenis kelinci anggora

Kelinci Anggora Himalaya termasuk jenis kelinci hias, kelinci himayala yang sering disebut dengan kelinci rusia atau kelinci cina. Warnanya yang sangat didominani warna putih dengan warna gelap di sekitar telinga, ekor, hidung dan kaki.

Lantaran jenis ini cukup sulit untuk dibudidayakan, sehingga jenis anggora himalaya dijual sangat mahal di pasaran.

7. Kelinci Netherland Dwarf

jenis kelinci anggora

Mungkin jika kelinci Giat disebut sebagai kelinci yang tubuhnya berukuran raksasa, Netherland Dwarf ini adalah kebalikannya. Kelinci anggora jenis yang ini ukurannya kecilm bahkan terbilang paling kecil dari kebanyakan kelincinya.

Untuk ukuran dewasa, beratnya saja hanya mencapai 1,25 kg dan sementara itu, pada usia yang masih anak hanyalah 500 gram.

 8. Kelinci English Lop

jenis kelinci anggora

Kelinci English Lop adalah salah satu jenis kelinci lop yang paling terkenal di Negara Indonesia. Yang menjadi ciri khas dari kelinci ini adalah di bagian telinganya yang panjang.

Pada saat usianya 4 bulan, telinganya akan turun sehingga menyentuh tanah serta terlihat sangat unik. Kelinci yang satu ini merupakan hasil dari mutasi gen Anggora, kelinci Dutch dan kelinci Himalaya.

Ciri-Ciri Kelinci Anggora

Ciri-Ciri Kelinci Anggora

Ciri-ciri kelinci anggora antaranya adalah :

  • Matanya dihiasi dengan bulu yang tipis sehingga terlihat lebih cantik kelincinya.
  • Bulu kelinci anggora yang tebal.
  • Berkembang biak dengan cara beranak atau vivipar.

Cara Merawat Kelinci Anggora

Cara Merawat Kelinci Anggora

Kelinci anggora termasuk jenis hewan yang jinak dan tidak terlalu lincah dibandingkan jenis kelinci yang lainnya. Bulunya kelinci yang panjang dan lebat menjadikan daya tarik tersendiri untuk dijadikan hewan peliharaan.

Memelihara kelinci anggora juga butuh dengan ketelatenan terutama menyangkut kebersihan bulunya. Hal yang paling utama yang perlu untuk diperhatikan dalam merawat kelinci anggora.

Berikut ini ada beberapa tips cara merawat kelinci secara benar dan baik :

Menyiapkan Kandang

Menyiapkan kandang sangatlah penting karena hewan pun juga membutuhkan rumah untuk beristirahat dan untuk berteduh.

Mengisi Kandang Dengan Jerami

Mengisi kandang dengan jerami bertujuan untuk alas dan menjaga kelembapan kadang supaya tidak muncul jamur.

Membersihkan Kandang Kelinci Secara Rutin

Merawat kelinci memerluhan perhatian yang lebih dibandingkan kelinci yang berbulu pendek. Kebersihan bulunya harus benar-benar di jaga dan diperhatikan.

Bulu-bulu yang panjang harus sering disisr supaya tidak kusut. Bulu yang rontok harus dipisahkan. Kandang kelinci harus keadaan kering dan tidak boleh lembab.

Penampungan fases serta urin harus dibersihkan setiap harinya. Ada juga beberapa tipe kandang kelinci yang dibudidaya secara masal.

Menyediakan tempat bermain yang berasal dari kardus atau kayu. Hal ini dikarenakan sifat dari kelinci yang suka menggigit barang seperti kardus atau kayu.

Menyiapkan Makanan

Meskipun secara ilmiah kelinci pemakan hijauan, untuk memelihara kelinci anggora sebaiknya menggunakan pakan pabrikan atau pakan pelet. Biasanya pakan pabrik mengandung nutrisi yang seimbang untuk menjamin pertumbuhan kelinci serta bulunya yang sangatlah indah.

Sesekali bisa juga hidangkan hijauan seperti sayuran. Hijauan yang hendak diberikan alangkah baikanya dilayukan terlebih dahulu untuk mengurangi kadar airnya. Sayuran yang segar dan masih mengandung kadar air yang tinggi dikhawatirkan akan membuat kelinci mencret atau kembung.

Sayur mayur alahkah baiknya diberikan sesekali saja, misalkan 2-3 kali dalam seminggu. Buah-buahan serta jenis sayuran yang seratnya tinggi seperti kol, brokoli dan gubis bisa membuat gangguan pencernaan dan diare.

Pada kelinci anggora, sayuran bisa merusak kualitas bulunya. Kelinci menyukai sayuran wortel karena wortel sedikit mengandung air. Pemberian wortel alangkah baiknya dilakukan sesekali saja untuk sebagai hadiah.

Untuk menjaga kualitas bulunya, kelinci jenis anggora diberi makanan jerami kering. Jerami bisa menjaga penyumbatan internal di dalam rambutnya wool block. Selain itu, kita juga bisa memberikan vitamin atau tablet pepaya untuk pencegahan wool block.

Cara Merawat Kelinci Anggora Supaya Bulunya Lebat

Cara Merawat Kelinci Anggora Supaya Bulunya Lebat

Hal yang pertama yang perlu diperhatikan adalah makanan, karena makanan sangatlah berpengaruh untuk membuat kelinci jenis anggora memiliki bulu yang lebat dengan cara diberi makanam jerami yang karing.

Karena jerami kering berfungsi untuk menjaga penyumbatan pada rambut wool block. Tablet pepaya atau vitamin yang lainnya yang bisa didapatkan di pet shop atau pada ternak yang bisa juga menyumbat wool block.

Bersihkan kandang secara rutin atau setiap hari supaya kelinci anggora bisa bersih dan tidak ada kutu, karena jika kandang kelinci kotor maka bulu kelinci anggora bisa terkena dampaknya seperti bulunya rontok.

Pemberishan dengan skala besar juga harus dilakukan minimal 1 bulan sekali, karena sudah menjadi keperluan pokok jika ingin memelihara kelinci anggora ataupun kelinci jenis yang lainnya.

Sisirlah kelinci menimal 2 hari sekali, supaya menyingkirkan bulu-bulu gimbal yang ada pada kelinci anggora.

Sebaiknya membeli sisir pad pet shop yang memiliki kerapatan yan berbeda minimal membeli 2 kerapatan yang berbeda dan sesuai dengan kebutuhan bulu kelinci. Sisirlah di bagian-bagian kelinci anggora seperti di bagian dada, punggu dan di bagian daerah kepala.

Menggunakan hair dryer untuk meniup bulu-bulu yang gimbar atau rontok di kelinci dan gunakan yang dingin. Sebaiknya dilakukan dengan menyisir supaya bulu kelinci yang tersisir akan tertiup juga oleh hair dryer tersebut.

Baca Juga : Kandang Kelinci

Cara Ternak Kelinci Anggora

Cara Ternak Kelinci Anggora

Jika ingin membudidayakan hewan kelinci sebagai komoditas bisnis, maka laksanakan cara yang tepat. Kelinci yang masuk dalam kategori hewan binatang yang jinak, serta pergerakannya tidak begitu lincah kalau dibandingkan dengan jenis kelinci yang lainnya.

Namun, mempunyai kelebihan yang berupa bulu yang lebih panjang serta lebat. Kelebihan itulah yang menjadikan daya pikat bagi kelinci yang berjenis anggora.

Sehingga banyak orang yang terpikat untuk menjadikannya sebagai hewan peliharaannya. Ketelatenan sangatlah diperlukan dalam pemeliharaannya. Khususnya untuk menjaga bulunya supaya tetap sehat dan terlihat indah.

Apa saja yang harus dipertikan, simak penjelasannya :

Menjaga Kebersihan Tubuh dan Kandang

Perhatian lebih memang harus lebih dicurahkan dalam perawatan kelinci yang berjenis anggora. Bulunya yang lebat dan panjang harus dijaga kebersihannya. Kita harus sering menyisir bulunya supaya bulunya tidak gampang kusut. Bila ada yang rontok maka harus dipisahkan.

Perhatikan pula kebersihan kandang kelinci, kita harus memastikan kondisinya tidak boleh lembab dan harus selalu kering. Harus membersihkan penampung urin dan fases di setiap harinya. Kandang untuk pemeliharaan dirumah serta kandang untuk membudidayakan tentunya berbeda.

Jadi pastikan kesesuaian ukuran dan model kandangnya. Pada masa kehamilan kelinci anggora dewasa sekitar 30 hari, serta bisa melahirkan anak dalam jumlah yang banyak. Bial dipelihara dengan baik maka usia kelinci bisa hidup mencapai 10 tahun bahkan bisa lebih.

Pakan Kelinci

Tumbuhan hijau merupakan makanan kelinci yang ilmiah. Tetapi pada saat ini lebih disarankan untuk memberikan pakan dari pabrik atau pakan pelet. Karena kandungan nutrisi lebih mencukupi dan seimbang.

Dengan begitu, sangatlah mendukung bulu-bulunya dan perkembangan kelinci menjadi lebih cepat. Supaya bulu kelinci anggora semakin berkualitas, disarankan untuk diberikan pakan jerami yang kering.

Harga Kelinci Anggora

Harga Kelinci Anggora

Berikut ini adalah beberapa harga dari kelinci anggora :

Harga Kelinci Anggora Inggris

Untuk kelinci anggora Inggris yang usianya masih 1 sampai 3 bulan harganya mencapai 600 ribu rupiah, sedangkan untuk kelinci yang umurnya 4 bulan ke atas sudah mencapai 2 juta rupiah.

Harga Kelinci Anggora Giant

Untuk harga kelinci jenis yang ini sangatlah fantastis, untuk kelinci yang berumur 1 sampai 3 bulan mencapai 300 ribu rupiah.

Sedangkan untuk kelinci yang berumur 4 bulan ke atas harganya mencapai 1 sampai 3 juta rupiah. Harga ini sudah termasuk mahal dikarenakan kelinci jenis yang ini tidak mudah untuk ditemuinya.

Harga Kelinci Anggora Perancis

Untuk harga kelinci  anggora Perancis pada usia 1 sampai 3 bulan adalah sekitar 200 ribu rupiah. Sedangkan untuk usia di atas 4 bulan harganya mencapai 500 ribu rupiah.

Harga Kelinci Anggoran Satin

Harga kelinci anggora satin mencapai 250 ribu yang berumur 3 bulan. Rata-rata dipasaran menjual kelinci anggora satin dengan harga tersebut. Pastikan untuk selalu memberikan perawatan.

 Harga Kelinci Anggora Jerman

Untuk haraga kelinci anggora Jerman yang masih kecil berumur 1 sampai 3 bulan harganya mencapai 400 ribu rupiah. Sedangkan untuk kelinci anggora yang berusia di atas 4 bulan harganya lebih mahal, yaitu mencapai 700 ribu rupiah

Fakta Kelinci Anggora

fakta Kelinci Anggora

Kelinci anggora memiliki bulu yang panjang dan tebal seperti kucing anggora, bahkan ada juga kelinci anggora yang bulunya sangat panjang hingga menutupi matanya. Berikut ini fakta yang unik tentang kelinci anggora :

1. Asal Kelinci Anggora Yang Membingungkan

kelinci jenis anggora dipercaya berasal dari Anarka, Negara Turkiy, ini adalah tempat asal kucing anggora juga. Namun bangsa Romawi mencatat bahwa kelinci jenis anggora sudah dipelihara oleh mereka sejak 100 tahun sebelum masehi.

Kemudian, pada masa kepemimpinan Raja Henry yang ke 8 dari Negara Inggris pada abad ke 16, kelinci jenis anggora dikenal dengan sebutan English Silk Hares atau terwelu sutra Inggris.

Pada pertengahan abad yang ke 18, bangsawan Perancis banyak sekali yang memelihara kelinci anggora, termasuk Ratu Perancis, yang bernama Marie Antoinette.

Hingga sekarang keturunan anggora menjadi beberapa macam jenis seperti anggora Perancis, anggora Inggris, anggora satin, anggora Giant dan anggora Jerman.

2. Kelinci Yang Sengaja Dikembangbiakkan

Kelinci jenis anggora sengaja untuk dikembangbiakkan untuk dimanfaatkan bulunya, seperti domba, kelinci jenis anggora juga diambil bulunya untuk dijadikan benang wool. Ada juga yang menjadikan kelinci jeni anggora sebagai hewan peliharaannya.

3. Bulu Kelinci Anggora Yang Lebat

Kelinci anggora bisa mempunyai bulu yang panjang, tebal dan lembut karena dikembangbiakkan secara selektif. Kelinci jenis yang ini adalah persilangan dengan jenis kelinci yang berbulu paling panjang dengan kelinci yang berbulu paling panjang jenis yang lainnya.

Supaya tetap selalu sehat, bulu kelinci anggora harus rajin untuk dicukur. Meski begitu sebenarnya bulu kelinci anggora bisa rontok serta bisa memandikan kelinci seperti kucing.

Tetapi, kalau kelinci anggora terlalu banyak untuk ditelan bulunya, bisa terjadi wool blocknya yang artinya adalah saluran pencernaan si kelinci bisa tersumbat oleh gumpalan bulunya.

Jadi, peternak dan orang yang memelihata kelinci harus rajin untuk menyisir bulunya dan memotong rambutnya pada saat bulunya sudah panjang.

4. Kain Wool dari Bulu Kelinci Anggora

Tahukah Kamu ? Wool anggora lebih lembut dan lebih berkualitas dibandingkan kasmir. Bahkan begitu lembut wool anggoranya. Orang yang mempunyai alergi wool biasanya tetap baik saja jika menggunakan kain wool dari kelinci anggora.

Meskipun bulu anggora harus di potong atau dicukur demi kesehatannya, ada juga berpendapat bahwa mengambil bulu anggora dalam jumlah yang banyak dan dijual itu tidak patut untuk dilakukannya.

Karena produsen terbesar wool jenis anggora di Negara Tiongkok mengambil bulunya dengan cara di cabuti dan bukan dicukur atau disisir.

Di beberapa tempat yang lain, ada juga mengambil bulu kelinci anggora dengan cara yang lebih baik, biasanya, harga wool anggora yang diambil dengan cara ini lebih mahal harganya, tetapi prosesnya tidak menyakiti kelinci anggora.

Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua, apabila ada kata yang salah mohon untuk dimaafkan.

Leave a Reply