Budidaya Ternak Bebek Petelur
Unggas

Jenis Bebek

Jenis Bebek – Ada banyak hewan ternak yang tentunya sudah kalian ketahui seperti halnya ayam, entok dan beberapa hewan lainya.

Bagi para peternak tentunya sudah mengetahui hewan apa saja yang mempunyai daging dengan konsumen banyak salah satunya adalah ayam dan bebek.

Daging bebek sendiri mempunyai keunggulan tersendiri yaitu lebih gurih di banding dengan daging ayam.

Namun perlu diketahui daging bebek mengandung lemak lebih banyak di banding daging ayam. Nah untuk anda yang menyukai daging bebek harus berhati – hati denga ancaman kolesterol.

Seperti halnya hewan lainya bebek mempunyai banyak jenis. Untuk jenis berdasarkan fungsinya ada bebek petelur dan bebek pedaging. Nah berikut ini akan kita bahas mengani beberapa macam jenis bebek yang bisa di budidaya atau ternak berikut ulasanya.

Bebek Bali

Bebek Bali

Jenis yang pertama adalah bebek bali yang mana hanya akan kamu temukan di daerah bali, lombok dan Nusa Tenggara barat saja. Untuk daerah lain sangat jarang ditemukan.

Bebek bali sendiri sering disebut dengan nama bebek penguin pasalnya ciri fisik dari bebek ini mempunyai bentuk tubuh tegak mirip seperti penguin.

Jenis bebek ini biasanya di jadikan sebagai bebek petelur dengan produksi telur sangat bagus bisa mencapai 220 butir pertahunya dengan berat telur tidak terlalu berat.

Selain itu daya tubuh yang dimilki juga berbeda dengan bebek lainya.

Seperti halnya bebek petelur lainya yang bisa memproduksi telur di umur 6 bulan sama halnya dengan bebek ini yang bisa memproduksi telurnya di umur 23 – 24 minggu dengan sifat yang saama seperti bebek pada umumnya yaitu tidak akan mengerami telurnya.

Warna dari bebek ini juga ada banyak dengan tingkat produksi telur yang berbeda – beda juga.

Ada warna sumi atau seperti jerami yang bisa memproduksi telur sebanyak 153 telur setiap tahunya. Ada juga bulu dengan warna sumbian dengan produksi telur 145 butir sedangkan warna bulu terakhir yaitu warna putih dengan produsksi telur bisa mencapai 100 butir setiap tahunya.

Bebek Tegal

Bebek Tegal

Sesuai dengan namnaya bebek ini berada di Jawa Tengah lebih tepatnya di Kota tegal.

Karaktersitik bebek jenis ini yaitu badan yang seperti botol dengan posisi badanya tegak lurus dengan bentuk yang langsung dengan tinggi badan bisa mencapai 50 cm.

Ciri lainya adalah warna bulu pada badanya adalah coklat atau biasa di sebut dengan istilah jarakan dengan totol atau corak putih, hitam dan coklat yang biasa di sebut Branjangan.

Namun ada warna lain lagi yaitu wara putih dengan kombinasi abu abu dan kekuningan. Dengan bentuk paruh yang melebar pada bagian ujung dengan warna yang didominasi warna hitam pada bagian kakinya.

Bebek tegal sering dijadikan sebagai bebek petelur dengan jumlah produksi telurnya yang banyak dan mempunyai bobot telur mencapai 75 gram per butirnya.

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa bebek brajangan bisa menghasilkan telur dengan jumlah 250 per tahunya sedangkan bebek jarakan 200 butir per tahunya sedangkan bebek tegal yang berwarna lainya bisa memproduksi setiap tahunya sebanyak 150 butir saja.

Usia produktif dari jenis bebek ini mencapai 2 tahun setiap bebeeknya dengan usia bisa produksi 24 minggu. Berat dari bebek ini pun mencapai 1,5 Kg. Bebek ini pun juga mudah beradaptasi di tempat baru jadi sangat cocok untuk kamu yang ingin memulai ternak bebek.

Baca Juga : Budidaya Bebek Petelur

Bebek Alabio /Bebek Banar

Bebek Alabio /Bebek Banar

Jenis bebek ini berasal dari darrah Kalimantan selatan tepatnya berada di kabupaten hulu sunga utara.

Bebek ini merupakan hasil dari perkawinan antara bebek kalimantan dengan bebek peking jadi jangan heran jika ciri – ciri agak mirip dengan bebek dari kalimantan dan peking.

Ada perbedaan warna antara jentan dan betina. Jika bebek jantan mempunyai warna pada bulu yaitu galap dengan perpaduan dengan abu abu dan hitam dengan ekro melengkung keluar.

Sedangkan untuk bebek betina warna yang dimilki adalah kuning kebauan dengan kombinasi corak putih pada ujung dada dan sayap. Sementara itu pada bagian kepala terdapat sembur berwarna hitam.

Ciri khas lainya terdapat pada bagian paruh dan kakinya yang mana warnanay kuning terang dengan bentuk tubuh yang lebar namun tidak bisa tegak lurus seperti bebek lainya.

Pertumbuhanya juga capat kerana dalam kurun waktu 2 – 3 bulaan saja berat badan dari bebek ini bisa mencapai 2 kg.

Bebek ini cocok untuk dijadikan sebagai bahan ternak bebek pedaging dan sangat jarang dijadikan sebagai bebek petelur karena memang produksi telurnya tidak seperti pada umunya dan cenderung lebiih rendah.

Bebek Peking

Bebek Peking

Sama seperti bebek lainya yang menyusakan dari daerah berasal bebek peking sendiri diambil dari daerah di china. Yah bebek peking berasal dari provinsi peking di cina.

Pada tahun 1870 bebek ini di datangkan ke amerika yang mana sampai saat ini juga masih terkenal di sana.

Jenis bebek yang satu ini adalah termasuk bebek yang biasa di budidaya untuk jenis pedaging yang mana banyak di gemari di beberapa negara yaitu china, amerika, australia dan juga sekarang terdapat di Indonesia.

Biasanya warna yang ada pada bebek ini didominasi dengan warna putih dengan paruh dan kaki berwarna kuning.

Kenapa bebek ini digemari untuk di ternak ? karena bebek yang satu ini pertumbuhanya termasuk sangat cepat dengan bobot bisa mencapai 5 Kg jika cara ternaknya benar dan tepat dengan kurun warktu paling lama 3 bulan.

Jenis bebek ini sering disamakan dengan entok pasalnya mempunyai bentuk tubuh yang besar dan persis seperti entok.

Sallah satu yang jadi andalan para peternak untuk membuat bebek dengan kualitas unggulana adalah dengan mengawinsilangkan bebek ini dengan bebek lainya yang mana mampu bertahan dilingkungan Indonesia.

Bebek Raja dan Ratu

Bebek Raja dan Ratu

Bebek raja adalah bebek dengan nama lain atau nama populer bebek pedaging MA. Karena bebek ini meruapakan hasil kawin silang antara bebek jenis albio dan bebek mojosari.

Ada perbedaan ciri khusus antara bebek pejantan dan bebek betina jenis ini.

Bebek pejantan biasanya mempunyai ciri khas dengan bulu warna coklat perpaduan dengan warna hitam dengan bulu suri pada sayap yang berwarna hitam.

Sedangkan untuk jenis bebek betina mempunyai ciri khusus dengan warna paada bulu coklat perpaduan dengan warna merah.

Biasanya para peternak menggunakan bebek ini sebagai jenis bebek pedaging dikarenakan memang pertumbuhanya cepat dengan daging yang tebal.

Bebek ini bisa di potong dan dikonsumsi dengan enak saat bebek sudah berumur 6 bulan dengan catatan perawatan yang benar dengan hasil bobot bisa mencapai 4 Kg.

Namun bebek ini juga bisa memproduksi telur dengan jumlah 250 pertahunya dengan berat telur mencapai 67 gram.

Hal yang paling menonjol dari bebek ini adalah ketahanan pada situasi apapun. Bebek ini tidak mudah terkena penyakit dan stress karena memang mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Bebek Rambon

Bebek Rambon

Jenis bebek ini berasal dari karawang dan cirebon yang mana bebek ini merupakan hasil kawin silang dari bebek cirebon dengan bebek albio.

Jenis bebek ini terkenal dengan jumlah produksi telurnya yang banyak, selain itu juga khas dari daging yang enak serta rasa yang gurih.

Jika kamu ingin mencari bebek jenis ini bisa berkunjung ke tempat – tempat di sepanjang pantai utara jawa seperti cirebon, indramayu, berebes tegal dan semarang.

Ciri khsusu yang dimiliki oleh bebek ini adalah warna pada bulunya yang mengkilap dengan warna coklat.

Sementara paruhnya mempunyai warna yang hitam dengan tubuh tinggi ramping dan leher yang panjang serta mata yang jernih.

Bebek ini termasuk jenis bebek petelur dikarenakan memang produksi telurnya banyak yaitu bisa mencapai 260 butir selama setahun.

Puncak produksi bebek ini ketika berumur 1,5 tahun dengan bentuk telur dengan warna hijau kebiru – biruan dengan bobot bebek mencapai 1,3 kg dalam waktu singkat yaitu 2 bulan saja.

Bebek Turi atau Mataram

Bebek Turi atau Mataram

Sesuai dengan namanya turi dan mataram jenis bebek ini berasal dari daerah Yogyakarta yang mana bisa di temui di daerah bantul atau kecamatan turi.

Jika kamu bertanya tanya kenapa namanya mataram ternyata juga ada penjelasanya. Dinamakan bebek mataram karena memang bebek ini dipercaya sebagai peninggalan kerajaan mataram.

Namun yang perlu diketahui dari bebek ini adalah asal usulnya. Bebek ini merupakan bebek hasil kawinsilang antara bebek impor dan lokal.

Bebek ini termasuk bebek tipe ringan karena bentuk dari tubuhnya memang tidak besar seperti bebek lainya dengan bentuk tubuh yang langsing.

Ada tiga warna yang menjadi ciri dari bebek turi yaitu bebek dengan warna coklat perpaduan hitam atau yang sering di sebut dengan bosokan, warna putih atau branjangan dan hitam/

Namun ada satu jenis warna yang memang populasinya mendominasi dan termasuk terbanyak yaitu dengan warna branjangan atau putih.

Umur produktif menghasilkan telur sampai 1,5 tahun lamanya dengan banyak telur yang di produksi adalah 200 butir setiap tahunya.

Untuk bebek turi pejantan bisa mencapai berat badan 3 kg dalam kurun waktu yang cepat yaitu hanya butuh 2 – 3 bulan saja dengan catatan perawatan baik dan bebek tidak terkena penyakit atau stress.

Ada hal yang menguntunkaan dari bebek ini dibanding bebek lainya yaitu untuk pakan yang di butuhkan tidak terlalu banyak , bisa digembalakan, rasa dagingnya yang enak dan empuk serta bisa menghasilkan telur yang terbilang banyak.

Baca Juga : Cara Budidaya Bebek Pedaging

Bebek Magelang

Bebek Magelang

Ada perbadaan ciri antara yang jantan dan betina. Untuk pejantan mempunyai paruh berwarna hitam yang panjang dan melebar.

Sedangkan ciri untuk bebek magelang yang betina adalah pada bentuk kaki yang terbilang pendek dengan warna hitam.

Untuk ciri dari warna agak sama antara bebek jantan dan betina yaitu warna coklat baik coklat muda atau coklat tua.

Namun ada ciri khas yang tidak dimiliki oleh bebek lainya yaitu kalung atau lingkaran di lehernya yang berwarna putih berbentuk seperti kalung maka tidak jarang banyak yang menganggap ini adalah bebek kalung.

Jika kamu mencari bebek petelur yang berkualitas ini adalah rekomendasinya karena memang termasuk bebek petelur berasal dari Megelang jawa tengah yang berkualitas dengan produksi menapai 230 butir pertahunya.

Bebek PMP

Bebek PMP

Bebek ini merupakan jensi pedaging yang mana bebek ini hasil dari perkawinan silang antara bebek peking dan bebek mojosari.

Kehadiran bebek ini banyak diharapkan para peternak bebek agar bisa menyuplai telur yang banyak serta pemenuhan daging yang mana bisa meenjadi salah satu daging bebek yang bisa tembus keluar negeri tau daging bebek impor.

Ciri khas dari bebek ini yaitu mempunyai warna putih yang bersih dan cerah dengan berat badan mencapai 2,5 kg deggan umur 10 minggu atau 2,5 bulan.

Bebek Khaki Campbell

Bebek Khaki Campbell

Bebek ini termasuk bebek persilangan antara bebek jawa dan bebek perancis atau bebek roven. Warna dari bebek ini adalah khaki atau hijau dengan bentuk tubuh horizontal dengan warna pada bagian bawah hitam.

Selain itu ciri khas adalah badanya melebar dan tidak begitu panjang dengan kepala tegak panjang, paruh yang juga panjang.

Warna mata dari bebek ini pun agak unik karena mempunyai warna coklat tua dengan sayap dengan letak keatas dengan tubuh dan kakinya yang panjang.

Jenis bebek ini merupakan jenis yang terbaik dibanding bebek lainya, karena produksi telurnya bisa mencapai 300 sampai 350an butir telur setiap tahunya dengan bobot yang juga berat yaitu mencapai 2,5 kg per ekor.

Dari telur yang dihasilkan pun berbeda dengan jenis bebek petelur lainya yaitu lebih kecil dari biasanya.

Namun bebek ini mempuunyai ketahanan fisik yaang kuta karena bisa berkembang dengan efektif dimanpun berada.

Namun perlu diketahui pemberian makan juga harus terjaga gizinya karena tanpa makanan yang sehat tentunya jenis bebek manapun tidak akan berkembang dan menghasilkan telru atau daging yang berkualitas unggulan.

Buff Duck Atau Buff Orpington

Buff Duck Atau Buff Orpington

Bebek yang satu ini berasal dari daerah inggris. Bebek in imemilki dwi fungsi yaitu bisa di jadikan sebagai beek petelur namun bisa juga dijadikan sdebagai bebek pedaging.

Ciri khas dari bebek ini adalah warna pada bulunya mirip seperti kulit kerbau oleh karena itu dinamakan sebagai buff. Selain itu ada jenis yang lain dari bebek ini yaitu Blue Orpington dan Black Orpington.

Bebek in merupakan keturunan dari bebek Aylesbury, indian Runner, Cayuga yang mana hasil dari kawin silang dari beberapa jenis bebek itu. Namun tidak hanya di silang saja melainkan harus diseleksi terlebih dahulu agar menghasilkan bebek dengan kualitas yang baik.

Ciri lain dari bebek ini adalah pada bagian paruhnya yaitu warna kuning yang dimilki oleh bebek jantan dan warna jingga perpaduan warna cokalat pada bebek betinanya.

Selain itu yang membedakan bebek ini dari yang lain adalah matanya berwarna cokla dengan pupil berwarna biru serta kakinya yang berbeda yaitu berwarna jingga.

Bebek Pegagan

Jika kamu pernah dengar dengan nama suku pegagan dari Sumatera Selatan bebek ini termasuk bebek yang berasal dari daerah itu. Yah tepatnya di Kecamatan Tanjung Raja, Indarelaya oganKomerng Ilir.

Ciri pada bebek jantan adalah warna pada bulu hitam yang ada kilapatanya pada bagian kepalanya. Semertara sayap dan ekornya ada perpaduan antara warna hitamnya juga.

Untuk bagian bulu pada bebek ini berwarna putih dengan perpaduan warna abu abu.

Sedangkan untuk bebek betina mempunyai warna gelap atau warna kehitam – hitaman sementara untuk bagian sayapnya ada warna biru yang mengkilap.

Bebek ini bisa memproduksi telur pertahunya mencapai 220 butir dengan bobot badan mencapai 2 kg dalam waktu singkat yaitu 3 bulan saja.

Aylesburi

Bebek ini sama seperti bebek buff yang berasal dari inggris namun mempunyai warna yang agak berbeda yaitu warna putih seperti salju dengan warna mata biru dan kaki dengan warna jingga.

Bebek ini tidak direkomendasikan untuk dijadikan bebek petelur karena memang produksinya sangat sedikit hanya bisa memproduksi telur 100 an dalam saatu tahun berebeda dengan lainya yang bisa mencapai 200an butir telur setiap tahunya.

Sangat cocok dan sanga berkuaitas dengan jenis bebek pedaging yang bobotnya mampu mencapai 4,5 kg dalam satu ekornya.

Bebek Swedia Biru

Bebek Swedia Biru

Yang satu ini termasuk kedalam jenis Genus Aix Galericulata dengan penampilan yang menarik paada jantananya. Semetara itu bebek ini  jgua masih mempunyai kaitan dengan bebek dari Amerika utara yaitu Wood Duck.

Bebek ini terkenal dengan karakternya yang tenang dengan bobot bagus bisa mencapai 12 k sampai 15 kg setiap ekornya untuk yang betina.

Sedangkan untuk yang jantan bobotnya juga bisa melebihi itu asalkan pemberian pakan dan gizi harus terpenuhi.

Bebek Serati

Bebek jenis ini merupakan hasil kawin silang antara entolk lokal dengan bebek lokal betinanya.

Bebek ini termasuk kedalam kategori bebek pedaging yang dari keduanya baik jantan maupun beetina mempunyai berat bedan yang hampir sama yaitu 2 – 3 kg.

Salah satu keunggulan yang banyak di minati adalah pertumbuhan dari bebek ini terbilang sangat cepat karena hanya membutuhkan waktu 8 minggu saja.

Dengan pemeliharaan yang cepat tersebut tentunya membuat perawatanya tidak terlalu lama dan lebih singkat.

Selain itu bebek ini termasuk bebek yang mempunyai daging yang enak dan gurih karena memiliki kdar protein yang tinggi dan lemak yang rendah. Tidak jarang banyak yang suka dengan bebek yang satu ini.

Selain itu bebek ini juga tahan akan penyakit atau bisa dibiang kebal penyakit mudah beradaptasi dan mempunyai tingkat kematian yang rendah.

Bebek Tiktok

Bebek yang satu ini sama dengan bebek serati yaitu hasil kawin silang antara entok lokal dengan bebek betina lokal.

Biasanya ukuran dari jenis ini berbeda antara jantan dan betinanya. Untuk yang betina biasanya lebih kecil dari yang jantan.

Untuk populasinya sendiri bebek ini akan banyak di jumpai di Pulau jawa saja. Untuk yang diluar jawa masih sangat jarang ditemui.

Bebek yang satu ini mempunyai keunggulan tahan akan penyakit, selain itu juga kadar kematianya rendah berbeda dengan bebek pada umumnya.

Bebek ini pun dapat dipanen saat usia mencapai 2,5 bulan paling lama dengan berat 2,5 kg per ekor. Termasuk bebek dengan pertumbuhan yang cepat juga.

Ada yaang khas dari pada daging bebek ini, yaitu mempunyai tingkat ketebalan yang berebda dengan bebek lainya. Selain itu rasa dari bebek ini pun juga enak dan tentunya akan bikin kamu naambah terus.

Bebek Manila

 

Unggas yang satu ini termasuk kedalam jenis Genus Carina yang mana berasal dari meksiko dan tersebari di Amreika tengah dan Amerika Selatan. Bebek ini juga biasa di sebut dengan bebek Muscovy.

Bebek ini di indonesia sering disebut dengan entok. Namun ada banyak nama lain dari bebek ini diantaranya duck, muscovite duck, guenia duck, paro dan masih aada lagi nama jenis yang lainya.

Namun habitat dari hewan ini berada di hutan, rawa rawa dan lahan tertanian. Hewan ini termasukkeadalam hewan omnivora karena termasuk unggas pemakan segalanya.

Makanan yang biasa di cari adalah biji bijian ikan kecil, dan serangga.

Namun hal unik lainya unggas ini tidak mempunyai suara seperti unggas lainya, namun mendesis seperti ular.

Ciri khas dari bebek ini adalah kepalanya yang besar, dengan paruh dan leher pendak namun besar.

Selain itu mempunyai dada yang besar dengan kaki pendek berwarna jingga dengan perpaduan warna kekuningan. Selain itu mempunyai sayap yang paanjang dengan ekor lebaar namun pendek.

Bebek Hibrida

Bebek Hibrida

Bebek ini merupakan hewan dengan persiangan antara bebek mojosari dan bebek pejantan peking.

Bebek ini termasuk kedalam bebek pedaging karena mempunyai bobot mencapai 1 5 kg pe ekornya. Selain itu bebek ini termasuk jenis dwi fungsi karena bisa memilki dua fungsi karena bisa dijadikan sebagai bebek petelur dan bebek pedaging.

Bebek Betina Mojosari

Bebek Betina Mojosari

Seperti namanya yang berasal dari daerah Jawa Timur lebih tepatnya di daerah Mojokerto tidak heran bebek jenis ini biasanya di sebut denga sebuta bebek Mojokerto yang mana bisa di temukan di daerah Modopuro, Mojosari yang berada di Mojokerto.

Ciri khas yang dimilki bebek ini adalah warna pada bulunya variaasi kemerahan agak kecoklatan, hitam putih dengan paruh dan kakinya berwarna hitam.

Berat badan dari jenis ini biasanya mencapai 1,7 Kg ketika dewasa. Sedangkan untuk bebek jantan bisanya terdapat bulu yang melengkung keatas.

Jenis bebek ini biasanya dijadikan sebagai bebek petelur karena memang produksinya bagus bisa mencapai 230 – 265 setiap tahunya.

Untuk kamu yang ingin memulai ternak bebek bisa menggunakan bebek yang satu ini karena produssi telurnya banyak dan dengan ukuran yang besar juga jadi lebih bisa menguntungkan tentunya.

Biasanya bebek ini bisa mulai produksi telurnya pada umur 6 – 7 bulan. Selain bagus untuk bebek pelur bebek yang satu ini juga bisaa dimanfaatkan dagingya kerena lebih empuk di banding daging bebek lainya.

Demikian tadi beberapa pembahsan mengenai jenis bebek lengkap dengan berebagai macam asal usul dan cara merawat serta keunggulan dan ciri masing masing sendiri.

Yang terpenting dalam berternak bebek adalah bukaan dari jenis nya namun bagaimana kiat memelihara dan memberikan makan. Semakin bagus gizi yang didapat semakin bagus juga hasil yang akan di dapatkan.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *