ciri ciri kelinci
Mamalia

Ciri Ciri Kelinci

Ciri Ciri Kelinci – unggas yang satu ini merupakans alah satu hewan yang paling banyak penggemarnya. Disamping bentuknya yang lucu dan imut hewan ini juga bisa menghasilkan pundi pundi uang juga loh.

Banyak jenis yang bisa dipelihara, tinggal kamu mau milih yang mana, ada kelinci anggora dan masih banyak jenis yang lainya.

Untuk ciri fisik yang menonjol terletak pada bagian bulu. Bulu pada unggas ini sangat lebat dengan bentuk mungil dan banyak di temui baik untuk di jadikan hewan peliharaan atau untuk di ternak.

Daging kelinci sendiri mempunyai protein dan juga rendah dari lemak maka tidak jarang banyak yang mengkonsumsi daging kelinci karena memang baik dan ada manfaat sendiri untuk tubuh. Namun memang di Indonesia masih tergolong aneh dan tidak banyak yang mencoba.

Seperti hewan hewan lainya, kelinci pun ada ciri ciri khusus yang bisa di konsumsi salah satu nya adalah kelinci yang tidak mempunyai penyakit dan tergolong sehat.

Sejarah kelinci di Indonesia sendiri pertama kali di temukan di Pulau Sumatera pada tahun 1972 yang mana pada masa itu kelinci ini disebut dengan Nesolugus Netscheri yang tentunya garis besarnya mempunyai ciri yang sama dengan kelinci pada umumnya.

Nah untuk kalian mungkin yang masih bingung cara membedakan ciri kelinci baik yang sakit, sehat, stress dan lain sebagainya yang masih kebingungan kali ini kami akan membahas untuk ciri  cirinya. Adapun penjelassanya sebagai berikut.

Baca Juga : Cara Merawat Kelinci

Ciri Ciri Kelinci

Ciri Ciri Kelinci

Kelinci memang termasuk hewan yang banyak di minati banyak orang salah satu alesannya karena memang mempunyai ciri fisik yang lucu, imut dan menggemaskan. Berikut ini adalah ciri dari kelinci secara umum

  • Mempunyai Gigi Yang Kuat
  • Memiliki Kelenjar Susu
  • Termasuk Hewan Herbivora

Ciri Ciri Kelinci Sehat

Ciri Ciri Kelinci Sehat

Mengetahui ciri kelinci yang sakit atau yang sehat memang perlu di ketahui baik sebagai pemelihara atau peternak. Untuk pemelihara agar bisa mengetahui ciri kelinci yang sehat yang mana agar bisa di ajak bermain. Sedangka untuk peternak juga diperlukan agar bisa segera di urus dan disembuhkan. Nah berikut ini adalah pembahasanya :

Mempunyai Telinga Tegak dan Bersih

Tidak semua telinga kelinci itu tegak karena ada beberapa jenis kelinci yagn memang mempunyai telinga turun seperti kelinci puzzilop.

Namun pada dasarnya ciri khusus selain kelinci yang tadi yahh kelinci bisa dikatakan sehat adalah dilihat dari telinga dan kebersihanya.

Jika telinga tegak dan bersih itu sudah di pastikan kalau si kelinci memang sehat jadi bisa untuk di ajak bermain, namun jika telinga turun lebih baik di periksakan agar cepat sembuh dan bisa di ajak untuk bermain kembali.

Nah salah satu hal yang sudah menjadi kebiasaan pada peternak atau pemeelihara kelinci adalah menarik telinga saat akan di pindahkan atau di ajak main.

Hal tersebut sebenarnya akan membuat kelinci stress. Kenapa demikian ? karena memang dasasrnya kelinci akan merasakan sakit. Walaupun terlihat diam namun mengangkat kelinci dengan telinganya itu akan membuat kelinci gampang stress.

Mata Sepasang Bening dan Bulat

Melihat ciri kelinci sehat tidak hanya dari telinga saja namun bisa dilihat dari kebeningan mata si kelinci.

Jika kamu mempunyai kelinci yang matanya kurang bening alangkah baiknya untuk mencoba memeriksanya ke dokter agar penyakit pada kelinci segera sembuh dan tentunya bisa di ajak bermain.

Permukaan Hidung Kering

Tidak semua jenis kelinci jika sedang sehat mempunyai permukaan yang kering, karena ada juga jenis kelinci yang memang sudah permukaan hidungnya kering. Jadi tetap menyesuakan dari jenisnya.

Tapi pada umumnya permukaan hidung memang kering, jika kelinci kamu kok kering alangkah baiknya untuk mencoba mengecek atau di periksakan ke dokter hewan.

Ciri Ciri Kelinci Sakit

Keinci sama seperti hewan pada umunya yang bisa merasakan sakit, tentunya saat sedang sakit akan membuat si kelinci merasa tidak nyaman, lemes dan bahkan untuk melakukan aktivitas apaapun akan terganggu.

Ada ciri khusus jika kelinci merasakan sakit dengan beberapa pengaruh yang bisa menyebabkan sakit. Bisa dari cuaca atau lain sebagainya. Berikut adalah ciri ciri kelinci yang sedang sakit.

Nafsu Makan Menurun

Kelinci pun sama seperti manusia, jika sedang merasakan sakit nafsu makanan akan terganggu. Oleh karena itu pemilik kelinci harus tau kadar makannya agar lebih paham jika kelinci sedang mengalami nafsu makan yang menurun.

Lakukan kontrol pada saat memberinya makan, jika nafsu menurun sesegar mungkin untuk mencoba mengecek dan mengobatinya.

Aktifitas Tidak Seperti Biasanya

Ciri kedua adalah biasanya saat kelinci sakit aktifitasnya akan menurun, yang biasanya mungkin banyak tingkah ketika sedang sehat. Saat sakit kelinci lebih cenderung diam dan tidak banyak gerak.

Banyak Minum

Anggapan yang sering muncul adalah ketika hewan peliharaan seperti kelinci banyak miinum itu tandanya kelinci baik baik saja.

Namun ternyata anggapan itu salah besar, karena pada dasarnya ketika kelinci sedang sakit malah akan banyak konsumsi minuman.

Makanan Favorit Tidak Disukainya

Kelinci sendiri biasanya menyukai makanan seperti sayur sayuran, namun jika kelinci sedang sakit makanaan – makanan yang menjadi favoritnya tidak akan berfungsi dan lebih cenderung tidak menyukainya.

Maka dari itu untuk kalian yang ingin beternak atau memelihara kelinci agar tetap bisa mencari solusi makanan lainya yang tetap bisa di makan saat keadaan sedang sakit.

Bulu Menjadi Kusam dan Gampang Rontok

Selanjutnya yang sedang sakit paling gampaang di ketahui adalah dengan rontoknya bulu indah miliknya.

Selain rontok biasanya bulu akan terlihat kusam. Kebiasan yang salah yang harus di perbarui adalah menganggap bulu rontok karena kotor. Karena pada dasarnya bag kelinci buku rontok dan kusam adalah tanda kalau sedang sakit.

Urine Kental dan Tidak Jernih

Ciri yang satu ini merupakan ciri yang susah untuk diketahui, karena time dari kelinci untuk mengeluarkan urin itu tidak bisa di prediksi.

Namun untuk kalian para peternak atau pemelihara kelinci seharusnya harus memperlihatkan yang hal hal seperti ini, karena memang salah satu tanda kelinci sedang sakit adalah urine kental dan keruh.

Kukunya Tidak Terlihat

Biasanya kuku pada kelinci jika sudah terlihat panjang akan di potong oleh pemiliknya. Namun jika kukunya tidak kunjung tumbuh dan tidak terlihat perlu di antisipasi bahwa itu adalah ciri dari kelinci yang sedang sakit.

Kandang Lembab

Kandang lembab di sebabkan oleh bakteri yang sudah memenuhi kandang dari kelinci. Hal tersebut bisa menjadi acuan jika kelinci sedang sakit.

Lakukan pembersihan agar kelinci tetap bisa hidup dan penyakit yang di alminyaa cepat sembuh. Keebersihan kandang sangat perlukan karena dengan kebersihan kelinci juga tidak akan mudah meengalami sakit.

Bau Kandang Tidak Enak ( Busuk )

Dari kelinci yang sedang sakit bisa di lihat dari bau kandang, jika kandang berbau tidak enak atau busuk segera lakukan pengecekan hewan peliharaan anda. Baik ke doketer atau cek sendiri jika sudah tahu.

Nah itu tadi beberapa pembahasan mengenai ciri ciri kelinci secara umum maupun ciri saat sedang sakit atau sehat.

Tentunya sebagai pemilik harus tetap teliti dalam pemeliharaany, pertama karena kelinci merupakan hewan yang unik serta asik untuk diajak bermian, kedua kelinci juga berhak hidup layak jadi tetap wspada dengan penyakit dan peliharalah yang baik. Terimakasih semoga bermanfaat.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *