Cara Merawat Kelinci Yang Benar

Cara Merawat Kelinci – seperti yang kita ketahui bahwa kelicni merupkan hewan yang banyak di sukai oleh khalayak umum maka tidak jarang banyak yang menjadikan sebagai teman bermain atau di ternak untuk di jadikan mata pencaharian.

Selain itu kelinci mempunyai beberapa hal unik yang musti di ketahui, salah satunya adalah kelinci bisa berumur panjang. Namun hal tersebut tidak lah gampang karena membutuhkan dan mengetahui cara merawatnya.

Banyak yang suka dengan kelinci namun cara merawatnya kurang paham, nah itu yang perlu di benahi, karena pada dasarnya hal yang paling berpengaruh ke kehidupan kelinci adalah kurang pahamnya sang pemelihara terhadap cara memelihara kelinci.

Untuk itu kali ini kita akan membahas mengenai cara merawat kelinci agar bisa tumbuh besar, sehat dan berumur panjang. Berikut adalah penjelasnya.

Cara Merawat Kelinci Secara Umum

Cara Merawat Kelinci Secara Umum

Pemilihan Kandang

Hal paling utama dan yang memang harus ada saat ingin memelihara kelinci adalah kandang. Kandang bagi kelinci sangat penting agar kelinci bisa hidup layak dan bisa tetap sehat dengan pengawasan tentunya.

Kandang yang bagus untuk kelinci adalah yang berada di dalam ruangan, karena dengan kandang yang berada didalam pengawasan akan terus ada dan kesehatan serta pertumbuhan juga lebih stabil.

Perlu diperhatikan dalam memilih kandang adalah ukuran, pastikan kelinci tetap bisa bergerak dan tidak terlalu sempit agar kelinci tidak mudah stress.

Selain itu pastikan pada bagian lantai kandang berilah lapisan seperti kardus atau bahan lainya agar ketika ingin membersihkan kandang bisa lebih mudah dan tentunya tidak mengotori bagian bawah kandang.

Kelinci yang biasa di taruh di kandang setiap harinya harus dikeluarkan dalam beberap jam agar kelinci bisa berolahraga, melompat atau bermain lainya. Namun harus tetap diawasi.

Menyiapkan Tempat Untuk Kotoran

Selain kandang, hal yang perlu di perhatikan adalah memerhatikan kotoran dari kelinci tersebut yaitu dengan cara menyiapkan wadah atau kotakan untuk kotaran. Kelinci lebih cenderung bisa di arahkan dengan membuang kotoran di suatu area.

Anda bisa membuat tempat dengan memaksimalkan bagian di dekat mangkuk makanan atau tempat air untuk minum.

Kelinci sendiri sering menghabiskan waktunya ditempat kotoran maka menyiapkan tempat kotoran adalah hal yang harus diperhatikan.

Selain itu juga akan lebih mempermudah kamu untuk membersihkanya.

Memperhatikan Makanan Kelinci

Memberikan makanan yang bergizi tentunya akan membuat si kelinci lebih baik dalam perkembanganya dan tidak mudah terkena penyakit.

Maka dari itu untuk kamu yang sedang memelihara atau berternak kelinci tentunya sangat di anjurkan agar paham dengan makanan kelinci yang baik.

Ada beberapa makanan yang anda bisa kasihkan seperti :

  • Rumput jerami untuk membantu sistem pencernaan kelinci
  • Sayuran lebih tepatnya untuk kelinci dewasa membutuhkan sayuran agar nutrisinya terjaga. Bisaa memberkan petersel, selada, ketumbar dan beberapa sayuran lainya.
  • Buah dan cemilan
  • Namun perlu di perhatikan memberikan pelet bukan untuk menjadi makanan utamanya melainkan sebagai pengganti atau suplemen bagi kelinci.
  • Pastikan ari di kandang selalu tersedia.

Baca Juga : Budidaya Kelinci Anggora

Harus Tau Makanan Yang Dihindari

Kelinci merupakan hewan dengan sistem pencernaan yang sensitif maka dari itu memperhatikan makanan dari kelinci sangat di anjurkan agar terhindar dari penyakit di pencernaan.

Beberapa makanan yang harus di hindari adalah

  • Kol
  • Tomat
  • Keentang
  • Kacang kacangan
  • Bawang merah
  • Jagung
  • Permen
  • Coklat
  • Makanan berjamur
  • Dll

Pelihara Lebih dari Satu Kelinci

Cara memelihara kelinci selanjutnya adalah kelinci tidak hidup sendiri, pada dasarnya setiap makhluk hidup akan bahagia dan tidak mudah stress saat ada hewan lain yang menemani, termaasuk juga pada hewan kelinci yang tentunya membutuhkan teman agar selalu bahagia.

Kamu bisa memelihara sepasang, dan jangan biarkan kelinci hidup sendiri namun harus selalu di awasi.

Perhatikan Cara Memegang Kelinci Yang Benar

Banyak yang salah paham saat memegang kelinci, karena kebanyakan orang jika memegang keinci pasti diangkat pada bagian telinganya. Padahal hal itu akan membuat kelinci kesakitan.

Memegang kelinci sendiri tidak boleh sembarangan dan asal asalan, yaitu dengan mengangkat secara hati – hati dengan kedua tangan serta bawa ketubuh anda seperti membopong bayi.

Pastikan agar kelinci merasa nyaman dan tidak tersakiti. Salah satunya dengan memegang bagian perut secara kasar juga tidak di perbolehkan.

Cara Merawat Kelinci Anggora

Cara Merawat Kelinci Anggora

Perhatikan Kandang Kelinci

Sama seperti pada kelinci lainya, ketika ingin memelihara kelinci pastikan agar membuat kandang dan memberikan yang layak untuk kelinci.

Untuk kelinci anggora sendiri pastikan agar kandang yang diberikan tetap bersih dan juga terkena matahari agar kandang bisa terjaga tingkat kelembapannya. Selain itu pastikan sirkulasi dalam kandang juga berjalan denan baik agar tidak sumpek.

Untuk ukuran kandang kelinci anggora sendiri tentunya disesuaikan dengan luas lahan dan jumlah kelinci yang akan di pelihara. Namun sangat pas adalah 50 x 50 cm untuk satu kelini itu sudah sangat ideal.

Selain itu pastikan agar makanan pada kelinci anggora juga mempunyai tempat yang layak agar tidak mudah terinjak oleh kelinci.

Isi Kandang Dengan Jerami Atau Kayu Kering

Langkah selanjutnya adalah mengisi kandang dengan jerami atau kayu kering. Jika kamu bertanya apa sih fungsinya ? jawabanya adalah akan berfungsi sebagai alas kandang agar kaki kelinci tidak mudah lembab dan terjaga kekeringanya.

Kandang kelinci yang lembab akan membuat jamur menempel pada kandang dan tentunya akan menempel pula pada kelinci peliharaan kita.

Selain itu jerami atau keyu kering ini juga berfungsi sebagai alat untuk tempat tidur.

Menyiapakan Litter Box

Litle box adalah salah satu jenis untuk tempat kotoran kelinci. Namun sejatinya untuk tempat kotoran sendiri bisa menggunakan apa yang memang bisa di manfaatkan untuk kotran kelinci.

Kelinci yang sudah terlatih akan secara otomatis membuang kotoranya di tempat yng sudah kita berikan. Untuk itu litle box sangat penting terutama untuk kebersihan dari kandang itu sendiri.

Berikan Tempat Persembuyian

Kelinci merupakan salah stu jenis hewan yang suka bersembunyi di beberapa tempat yang memungkinkan untuk dibuat sembunyu.

Maka dari itu tidak menjadi masalah tentunya jika kamu memberikan tempat persembunnyian pada kandang yang kamu buat.

Untuk tempat persembunyian sendiri tidak mengharuskan untuk membeli di toko hewan, namun anda juga bisa membuat dengan kreatifitas sendiri dengan menggunakan kardus bekas atau bahan lainya.

Buat Tempat Bermain

Seperti yang sudah kita bahas seblum ini yaitu tempat persembunyian, kamu juga bisa membuat tempat bermain atau alat untuk bermain untuk kelinci.

Mengajak Bermain

Cara merawat kelinci yang selanjutnya adalah mengajaknya untuk bermain, hal ini merupakan satu keharusan yang dilakuka, agar kelinci betah dan tetap sehat bersama dirumah.

Banyak yang bisa di lakukan untuk mengajak kelinci bermain, bisa memberikan permainan seperti lorong lorongan atau permainan lainya.

Namun yang perlu di perhatikan adalah tempat untuk bermain dengan kelinci yaktu yang luas dan aman untuk kelinci baik dair benda atau hewan lain yang mengancam.

Melepaskan Keruaangan Luas

Fungsi dari melepaskan keruangan yang luas agar kelinci bisa melompat dengan tujuan agar badan dari kelinci tidak kaku karena terus di dalam kandang selain itu agar kelinci tetap terlatih dengan baik.

Sering Menggendongnya

Kelinci anggora merupakan kelinci yang sangat di minati oleh para peternak atau para perawatnya. Karena memang cantik dan lucu.

Tidak jarang jika menemui kelinci banyak yang gemesh dan ingin menggendongnya, nah hal ini bisa anda lakukaan jikaa kelinci masih baru, hal tersebut bisa menjalin hubungan secara emosional dan kelinci tahu siapa majikanya.

Memberikan Teman

Sama seperti yang sudah dijelaskan di atas, kelinci tidak menyukai kesendirian, karena pada dasasrnya kelinci akan bahagia dan bisa ceria saat ada temanya.

Namun jika kamu ingin memberikan kelinci yang berbeda ras alangkah baiknya untuk tidak dijadikan dalam satu kandang terlebih dahulu, alangkah baiknya di pisahkan dan biarkan kandang tetap berdekatan agar saling mengenal dan beradaptasi.

Baca Juga : Jenis Kelinci

Memngobati Ketika Sedang Sakit

Kelinci juga merupakan hewan yang bisa sakit seperti halnya hewan lanya. Meski kita sudah merasa merawat dengan baik, memberikan makan namun itu bukanlah hal yang membebaskan kelinci dari penyakit.

Maka dari itu bagi peternak atau pemelihara kelinci harus tahu bagaimana cara untuk mengobati dan mencari tau penyakitnya. Namun jika memang tidak memungkinkan di obati sendiri bisa di bawa ke dokter hewan.

Banyak penyakit yang biasa menjangkiti kelinci seperti diare, muntah – muntah, berjamur, dan beberapa penyakit lainya yang sering menjangkit kelinci.

Hal yang perlu di perhatikan saat ingin mengetahui kelinci terkena penyakit atau tidak perhhatikan jika kelinci sedang terlihat murung berarti harus cepat cepat di atasi dan diobati.

Cara Merawat Kelinci Anakan

Cara Merawat Kelinci Anakan

Sama seperti cara merawat kelinci lainya hal yang paling dasar adalah dengan memberikan kandang yang bersih dan sesuai dengan spesifikasinya.

Untuk lainya hampir sama seperti memberikan makan, mengajaknya bermain, memandikan dan lainya.

Namun untu kelinci anakan hal yang paling rentan adalah tingkat kematianya, karena jika kurang tepat untuk memeliharanya baik cara merawat atau memberikan makan akan membuat tingkat kematian semakin tinggi.

Selain itu hal yang perlu di perhatikan adalah kebersihan pada kandang atau kelincinya tersendiri. Kamu bisa membershkan kandang seminggu sekali atau 2 hari sekali, yang penting tetap rutin agar kotoran dalam kandang tidak banyak dan menekan kehadiran dari bakteri.

Selain itu cek pada anakan yang baru lahir, pastikan bahwa anakan kelinci terlahir dengan normal dan tidak ada penyakit. Jika ada kelinci yang sudah tidak sehat atau mempunyai cacat lebih baik di pisahkan.

Untuk keseluruhan sama seperti cara merawat kelinci lainya.

Cara Merawat Kelinci Agar Cepat Besar

Cara Merawat Kelinci Agar Cepat Besar

  • Berikan Makanan Kering

Makanan kelinci kering mempunyai nutrisi yang mudah di cerna oleh pencernaan dari kelinci dibandingkan dengan makanan yang basah. Namun agar lebih bisa berefek pada kelinci biasanya makanan kelinci kering diberikan untuk kelinci yang sudah dewasa.

Namun cara yang ampuh jika anda menginginkan agar kelinci cepat besar dan gemuk adalah denan memberikan makanan kering.

  • Voer Ayam dan Voer Babi

Salah satu cara merewat kelinci agar cepat besar adalah dengan memberikan voer ayam dan voer babi. Namun ada banyak jenis voer yang bisa diberikan. Akan tetapi lebih bisa berefek voer ayam dan babi.

Kedua voer ini sangat berefek cepat untuk kelinci terutama untuk kelinci yang mempunyai tubuh kecil dan kurus.

Untuk jadwal yang baik memberikan voer ini adalah pada pagi hari dan diseimbangkan dengan sayuran pada sore hari.

  • Konsentrat Kelinci

Konsentrat untuk kelinci pun menjadi salah satu cara terbaik merawat kelinci agar tidak besar dan tentunya mudah untuk dilakukaan.

Ada  banyak jenis kosentrat yang bisa di berikan. Namun agar lebih mudah dan tetnunya agar lebih awet juga anda bisa gunakan bahan dari ampas tahu, deda dan sayuran yang kemudian di haluskan dicetak kecil dan di jemur kering.

  • Makanan Fermentasi

Nah selain voer dan konsentrat salah satu cara yang pas untuk menggemukan kelinci adalah dengan memberikan makanan fermentasi.

Tidak harus beli di warung atau penyedia makanan, anda tentunya bisa membuat sendiri dengan menggunakan bahan gedebong pisang.

Selain itu cara untuk membuat makanan fermentasi pun terbilang mudah, karena hanya membutuhkan bahan gedebog pisang, dedak, gula dan bahan kimia fermentasi lainya.

Caranya dengan mencampur bahan yang sudah disiapkan tadi dan kemudian di diamkan beberapa hari agar fermentasi bisa berjalan dengan baik.

Setelah kiranya makanan fermentasi sudah jadi anda bisa segera memberikan kepada kelinci agar kelinci semakin cepat tumbuh besar dan sehat.

  • Makanan Kacang Kacangan

Selain beberapa makanan tadi cara yang pas untuk membuat kelinci cepat besar adalah dengan memberikan makanan dari bahan kacang kacangan.

Ada beberapa jenis yang bisa anda berikan salah satunnya gandum atau jagung yang mana keduanya sangat disukai oleeh kelinci. Selain itu makanan ini berfungsi untuk meningkatkan berat bada dengan waktu yang relatif cepat.

  • Berikan Air Campur Dengan Cuka Apel

Selain makanan ada pula cara membesarkan kelinci dengan cepat yaitu memberikan minuman segar bersih dan tentunya bebas dari alga. Yang mana juga bisa berfungsi melancarkan pencernaan dan proses penyeeraan kelicni bisa meningkat.

Selain minuman segar tadi biasakan untuk menambahkan cuka aple asli yang mempunyai ciri warna keruh dan bisa meningkatkan kesehatan tubuh kelinci.

Selain itu cuka apeel juga bermanfaat untuk membuat bulu agak berkilau, imunitas meningkat, dan tentunya membuat kelinci cepat besar dan gemuk.

  • Berikan Jerami

Jerami sendiri mempunyai nutrisi yang penting untuk kesehatan bagi kelinci. Hal tesebut karena kelinci sering membersihkan bulunya sendiri dan tanpa makanan yang mengandung serat seperti jerami tentunya akan menghambat pencernaan dan penyerapan nutrisi pada tubuh.

  • Sayur Sayuran

Selain makanan yang sudah di bahas di atas ada juga makanan dengan bahan sayuran yang tidak boleeh ketinggalan. Karena sayuran merupakan salahs atu makanan yang sangat baik untuk kebutuhan tubuh.

Ada beberapa jenis sayuran yang disukai oleh kelinci diantaranya daun ketumbar, baayam, selada, wortel, brokoli dan juga seledri.

Namun psatikan sayuran yang diberikan hstud tetap dengan keadaan segar, jangan memberikan sayuran yang sudah berhari – hari karena tentunya akan berpengaruh ke kesehatan kelinci.

  • Buah Buahan

Cara lain selain memberikan makan sayuran adalah dengan memberikan buah buahan yang tentunya akan membuat kelinci cepat besar.

Kandungan gula yang ada didalam buah lah yang akan membuat kelinci nambah berat badanya dan menjadi salah satu makanan yang sangat disukai oleh kelinci. Seperti halnya manusia ketika suka dengan satu makanan tentunya tida akan mudah bosen dan itu berlaku juga pada kelinci, jadi sangat di anjurkan jika kamu ingin membuat kelinci cepat besar.

Namun saat berat badan sudah cukup menurut kamu harus diselesaikan dan diberikan cemilan lain yang bisa jadi pengganti.

Beberapa buah yang disukai kelinci adalah pisang, mangga. Ceri dan pepaya. Jadi berikan buah buah tadi agar bisa cepat besar kelincimu.

  • Makanan Yang Tinggi Protein

Salah satu yang bisaa anda berikan adalah memberikan makan dengan kadar protein tingg. Salah saut yang adan bisa berikan adalah bungkil kedelai yang mempunyai sumber protein besar dan tentunya bisa cepat menggemukan kelinci.

  • Beri Suplemen

Terakhir cara merawat kelinci agar cepat besasr adalah dengan memberikan suplemen dengan menambah asupan lemak dan juga protein. Umunya suplemen untuk menggemukan kelinci mengandung kadar protein dan lemak antar 30% sampai 70% sehingga membuat kelinci cepat gemuk dan besar.

Baca Juga : Makanan Kelinci

Cara Merawat Kelinci Hias

Cara Merawat Kelinci Hias

Merawat kelinci hias sebetulnya sama seperti merawat kelinci jenis lainya. Seperti halnya penyiapan kandang yang harus tetap berish, kamana yang mengandung gizi dan beberapa jenis cara merawat lainya.

Kelinci senddiri akan bisa hidup tenang dan sehat dengan perawatan yang juga pas, maka dari itu beberapa hal yang sudah kita jelaskan di atas bisa anda praktetkan juga saat kamu memelihara kelinci hias ini.

Namun yang pelru di perhatikan dalam memelihara  kelinci hias adalah cara untuk merawatnya yaitu biasakan untuk selalu memeriksakan ke dokter agar kesehatan juga terjaga. Selain itu pahami juga bahasa dan perilkau kelinci.

Cara Memandikan Kelinci

Cara Memandikan Kelinci

Kelinci yang bagus tentunya pertama akan dilihat dari fisiknya terlebih dahulu, jika kelinci kotor tentunya jijik untuk di ajak bermain namun jika kelinci bersih lucunya akan terlihat dan tidak bosen ketika diajak main.

Kelinci sendiri sama seperti hewan berbulu lainya yang akan mudah kena kotoran baik karena debu, air atau kotoran lanya.

Namun yang membedakan antara kelinci dengan hewan lainya adalah membutukan perhatian ekstra terutama di kebersihanya.

Hal tersebut di karenakan bulu pada kelinci terbilang tebal dan lebat sehingga di khawatirkan jika memandikannya jarang kotoran akan menggumpal bahkan sulit untuk di bersihkan dan tetnunya akan menjadi sarang bakteri.

Maka dari itu memandikan kelinci sangat di perlukan, luangkan waktu untuk rutin membersihkan kelinci dan memandikanya.

Gunakan sikat yang halus untuk menyisir bulu di bagian badanya dan gunakanlah air hanget untuk memulai memandikanya.

Jangan lupa untuk memberikan shampo khusus kelinci yang tidak mengandung bahan kimia yang berlebihan.

Namun perlu di perhatikan memandikan kelinci jangan dengan cara merendamkanya pada air, karena akan membuatnya sters.

Setelah selesai pastikan agar cepat kering dengan menggosok menggunakan handuk yang khusus di berikan kepada kelinci. Setelah itu sisirlah bulu agar terlihat lebih cantik lagi.

Cara memelihara Kelinci Agar Tidak Mudah Stress

Cara memelihara Kelinci Agar Tidak Mudah Stress

Kelinci juga sama seperti manusia atau hewan lainya, yaitu bisa stress dengan keadaan yang tdak disukainya salah satunya memandikan dengan cara merendamnya.

Kenapa kelinci mudah stres? Hal ini dikarenakan kelinci mempunyai jumla sel neuron dalam otaknya yang mengalir pendek sehingga sesuatu yang mengganggu kenyamananya akan membuat kelinci tertekan dan mudah stres.

Berikut ini adalah hal yang bisa anda lakukan agar kelinci tidak mudah stres.

  • Buatlah kandang yang sesuai, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil agar kelinci bisa mondar mandir atau ada tempat gerak saat berada di kandang.
  • Berikan porsi makanan yang selalu seimbang. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa sistem penccernaan kelinci sangat sensitif maka dari itu keseimbangan saat memberikan makan diperlukan.
  • Pastikan agar kelinci di keluarkan setiap harinya dalam beberapa jam. Seperti halnya manusia, kelinci membutuhkan udara segar, jangan simpan kelinci di dalam kandang terus menerus, biarkan udara segar dengan meengeluarkanya dari kandang.
  • Jangan sering di gendong. Kelinci memang mempunyai bentuk mungil, imut dan lucu namun kelinci tidak seperti hewan anjing atau kuncing yang manja.kelinci lebih suka bergerak di halaman yang luas dari pada sering di gendong;.
  • Siapkan boks kotoran.

Demikian tadi pembahasan mengenai ara merawat kelinci dengan lengkap, baik kelinci anggora, kelinci hias dan jenis jenis lainya.

Namun yang memang perlu dipahami dan menjadi garis besar dalam memeliahar kelinci atau hewan lainya adalah cara merawat yang benar dan yang paling fatal adalah memberikan makan, makanan yang sehat akan membuat kelinci sehat juga .

Jadi pastikan jika kamu sedang ingi memulai usaha budidaya kelinci atau hanya memelihara kelinci agar tahu makanan yang pas dan yang bisa membaut kelinci tetap sehat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply