Budidaya Ternak Kelinci Pedaging

Budidaya Ternak Kelinci Pedaging – siapa sih yang tidak suka dengan hewan yang satu ini , selain menggemaskan kelinci juga termasuk hewan yang mudah untuk di ternak dan dibudidayakan.

Beternk kelinci juga menjadi banyak incaran orang, yah selain banyak yang menginginkannya, baik untuk di kembangbiakan atau di konsumsi dengan beberapa manfaat yang di peroleh dari kelinci ini.

Jenis jenis kelinci pun ada banyak, namun kali ini kelinci yang akan kita bahas adalah kelinci dengan jenis pedaging. Karena masih belum banyak masyarakat yang budidaya maka ternak ini sangat bisa di manfaatkan untuk kamu yang sedang mencari rekomendasi peternakan.

Masa pertumbuhan yang singkat pun menjadi patokan pertama bagi peternak. Nah namun seperti apa sih beternak atau budidaya kelinci pedaging ini?? Berikut ini akan kita bahas secara lengkap tentang kelinci pedaging.

Cara Budidaya Ternak Kelinci Pedaging

Memilih Indukan Kelinci Pedaging

Cara Budidaya Ternak Kelinci Pedaging

Hal yang paling utama dan tidak boleh terlewati adalah pemilihan indukan kelinci. Pastikan pemilihan indukan harus yang berkualitas karena akan mempengaruhi keberlangsungan budidaya yang dilakukan.

Ada hal yang harus dipahami saat memilih bibit kelinci agar budidaya bisa berjaan dengan lancar, yaitu pastikan agar berat tubuh kelinci mencapai 4kg minimal untuk kelinci betina sedangkan untuk kelinci jantan pastikan berat badan minimal 3 kg.

Selain itu perhatikan seksama dan pilihlah kelinci dengan warna mata yang cerah, bulu bersih, pinggul bulat dan mempunyai gerakan yang lincah.

Menyiapkan Kandang Untuk Kelinci Pedaging

k

Kandang adalah hal yang paling inti, karena berfungsi sebagai tempat berlindung kelinci dari hewan hewan yang mengancam atau apapun itu.

Namun sebelum membangun kandang pastikan dulu agar tempat yang ingin di buat menjadi kandang memnag sudah mempunyai kapasitas yang diinginkan untuk budidaya kelinci. Selain itu pastikan juga agar kandang kelinci jauh dari perkotaan.

Selain itu pastikan juga agar kandang kelinci mempunyai sirukulasi udara 21 derajat selsius agar pertumbuhan kelinci membaik dan menjadi kelinci pedaging yang unggulan.

Ada banayk hal yang bisa anda jadikan sebagai kandang, bisa menggunakan bahan kayu atau bambu. Untuk banyak bambu yang di perlukan pastikan berapa banyak kelinci yang akan di budidaya. Untuk panjang bambu 200 cm dengan lebar 70 cm bisa menampung setidaknya 12 ekor.

Pastikan juga juka masih baru jangan jadikan satu antara kelinci betina dan jantan dalam satu kandang guna menghindari perkawinan di bawah umur atau pekrawinan yang belum semestinya dilakukan.

Ada 3 jenis yang bisa digunakan untuk ternak kelinci pedaging :

  • Kandang Postal
  • Kandang Tipe Baterai
  • Kandang Tipe Ranch ( Terbuka )

Baca Juga : Jenis Kandang Kelinci

Pengelolaan Pakan

Pengelolaan Pakan

Pakan untuk jenis kelinci pedaging agak berbeda dengan jenis lainya karena pada dasarnya tujuan untuk ternak dan budidaya ini adalah agar bisa dijual kembali dagingnya.

Selain itu pastikan anda bisa menambahkan nutrisi seperti petrna dan harmonik yang nantinya di campur pada pele atau makanan khsusu untuk kelinci jenis ini.

Untuk pemberian makan pastikan berikan 2 kali dalam sehari yaitu pada pagi dan sore hari.

Cara Mengawinkan Kelinci

Cara Mengawinkan Kelinci

Langkah yang harus bisa di pelajari adalah cara untuk mengawinkan antara kelinci jantan dan betina. Untuk idealnya perkawinan kelinci jenis ini adalah saat berusia 8 bulan untuk jantan dan 6 bulan untuk betina.

Maka dari itu untuk kandang pada awal – awal harus di pisahkan agar mengurangi gagalnya reproduksi dan perkawinan dini.

Untuk teknis yang bisa dilakukan adalah dengan memasukan kelinci betina kekandang kelinci jantan yang bisa dilakukan pada saat sore atau pun pagi hari.

Setelah melakikan perkawinan pastikan agar kelinci betina beristirahat sekitar 10 menitan agar beristirahat setalh itu masukan kembali ke kelinci jantan sampai kelinci betina sudah lemas dan tidak ingin melakukanya lagi.

Untuk lama kebuntingan kelinci mencapai 30 hari sampaai 33 hari namun sejatinya lama kebuntingan yang ada pada kelinci betina bervarisasi tentunya menentukan dari jenis genetik dari kelinci.

Untuk tanda kelici akan melahirkan pun biasanya mengumpulkan rumput rumput yang akan dijadikan sebagai alas selain itu mencabut bulunya sendiri terutama pada bagian paha dan perut. Dan biasanya cenderung tidak nafsu makan.

Perawat Kelinci Pedaging Anakan

Perawat Kelinci Pedaging Anakan

Perawatan kelinci anakan pedaging sangatlah mudah, karena memang yang perlu di lakukan adalah selalu memasitikan agar kandang selalu bersih. Selain itu berikan makanan wortel atau sayuran lainya namun harus dihancurkan terlebih dahulu.

Selain itu anda juga bisa memberikan nutrisi agar bisa menunjang tubuh kembang anakan kelinci pedaging agar tetap baik.

Panen Kelinci Pedaging

Panen Kelinci Pedaging

Nah langkah terakhir karena yang memang paling ditunggu – tunggu oleh para peternak adalah panen kalinici pedaging.

Untuk proses panen ini bisa dilakukan saat kelinci berusaia 4 bulan dan biasanya untuk panen biasanya dilakukan bisa 4 kali dalam setahun yang mana untuk kelinci betina bisa menghasilkan 6 ekor anak.

Jenis Jenis Kelinci Pedaging

Nah berikut ini jenis kelinci pedaging yang bisa diternak dan berkembang dengna cepat selain itu cara pemeliharaan juga mudah. Berikut ini adaah jenis kelinci pedanging.

Kelinci Flamish Giant

Kelinci Flamish Giant

Jenis kelinci ini merupakan kelinci yang berasal dari negara Belgia. Didaerah aslinya kelinci ini sudah banyak yang membudidayakan.

Ukuran dari kelinci inipun besar sesuai dengan namanya giant. Dengan begitu kelinci ini bisa di manfaatkan dagingnya.

Untuk ciri ciri kelinci adalah

  • Memiliki ukuran tubuh mencapai 50cm
  • Pada bagian kepala bisanya ukuranya besar serta memilki telinga yang panjang. Mencapai 15cm dengan kontur tebal dan berdiri tegak.
  • Mempunyai satu warna coklat yang ngeblok satu tubuh, kuning keemasan, abu abu dan warna putih.
  • Mempunyai berat badan yaang bisa mencapai 12 kg paling berat.

Kelinci New Zaenald

Kelinci New Zaenald

Kelinci ini berasal dari Negara Amerika Serikat yang mana merupakan persilangan antara jenis flamis giant dan kelinci beligian.

Untuk bentuk ukuran jenis kelinci new zaeland ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai kelinci pedaging pasalnya mempunyai bentuk tubuh yang besar dengan daging yang banyak tentunya.

Namun kali ini anda bisa menjumpai kelinci ini di kontes.

  • Untuk ciri ciri kelinci new zaeland sendiri adalah :
  • Kepala bundar dengan ukuran besar.
  • Ukuran badan sedang dnegan bentuk bulat gemuk.
  • Kaki depan berukuran pendek.
  • Mempunayi warna bulu putih, hitam, abu abu, dan coklat kemerahan.
  • Bulu yang tebal dan halus.

Baca Juga : Cara Merawat Kelinci

Kelinci Rex

Kelinci Rex

Kelinci rex berasal dari perancis. Pada awalnya kelinci ini merupakan jenis kelinci liar sebelum akhirnya di ternak dan diseleksi dagingnya dan akhirnya di kembangkan.

Awalnua kelinci ini sangat di sukai untuk kontes namun semakin kesini dengan bentuk tubuh yang besar sudah berubah haluan menjadi kelinci pedaging.

Ciri ciri kelinci rex sendiri adalah sebagai berikut :

  • Kepala ukuran besar
  • Telinga berstektur lebar, berdiri tegak dan mempunyai bulu halus walaupun tipis.
  • Kumis unik yang dimilikinya yaitu keriting.
  • Berbulu tipis yang rapat dan halus dan tidak mudah rontok dan sekilas mirip dengan kain bludru.
  • Bobot kelinci rex dewaasa bisa mencapai 5 kg.

Harga Kelinci Pedaging

Harga Kelinci Pedaging

Harga kelinci pedaging pun berbeda – beda, mulai dari anakan, daging kelinci, bibit kelinci, dan kelinci pedaging unggul A 8 bulan.

Untuk kelinci anakan bisa dijual dengan harga Rp. 20.000

Kelinci Pedaing Unggul A 8 Bulan mencapai harga Rp. 400.000

Daging Kelinci dipasaran perkilo bisa mencapai Rp. 60.000

Yang terakhir bibit kelinci biasanya dibandrol dengan harga Rp. 100.000

Namun harga yang kita jelaskan tadi bisa jadi kurang tepat, karena bereda daerah tentunya berbeda juga harga yang dibandrol.

Perbedaan Jenis Kelamin Kelinci

Perbedaan Jenis Kelamin Kelinci

Nah tentunya tidak pas jika para peternak tidak bisa membedakan antara kelinci jantan dan kelinci betina, nah adapun cara membedakan jenis kelamin anara kelinci jantan dan kelinci betina adalah sebagai berikut :

  • Untuk jangan -> ada 2 testike yang terdapat pada atas anusnya selain itu jarak antara kelamin dan anus jauh.
  • Untuk betina -> untuk alat kelmin rata dan ada lubang, selain itu jarak antara kelamin dan anus juga berjauhan seperti halnya kelinci betina.

Keunggulan Beternak Kelinci Pedaging

Keunggulan Beternak Kelinci Pedaging

Semua hewan temasuk kelinci mempunyai keunggulan tesendiri jika membudidayakanya. Nah adapun keunggulan jika beternak kelinci pedaging adalah sebagai berikut.

  • Pakan yang dibutuhkan oleh kelinci pedaging lebih cenderung murah karena bisa di beri rumput biasa, konsentret umbi umbian dan bisa juga sisa sayur ( yang masih bagus )
  • Merupakan hewan yang subur dengan produksi atau melahirkan bisa sampai 6 – 8 ekor setiap tahunya.
  • Panen kelinci bisa di mulai dari 3 – 4 bulan yang mana bisa menghasilkan daging bisa mencapai paling banyak 4 kg.
  • Untuk kelinci pedaging para peternak masih sangat jarang, jadi bisa terbilang sangat menguntungkan dan kamu bisa menjadi salah satu peternak yang sukses dari kelinci pedaging ini.
  • Beternak kelnci pedaging bisa dilakukan di mana saja, dengan catatan tidak membutuhkan lahan yang luas yang mana bisa di sesuaikan dengan jumlah kelinci yang ingin di ternak.
  • Bisa mendapatkan bisa mencapai 120 – 170 % berbeda dari ternak yang lainya.
  • Kotoran dari kelinci bisa digunakan kembali sebagai bahan pupuk organik.
  • Selain daging kulit kelinci juga bisa dijual, karena ada pabrik yang biasanya membeli kulit kelinci pedaging.
  • Mempunyai daging yang bergizi tinggi dan berguna untuk kesehatan.

Baca Juga : Makanan Kelinci

Demikian tadi pembahasan mengenai Budidaya Ternak Kelinci Pedaging yang bisa kita berikan, mudah mudahan bermanfaat dan menjadi salah satu motivasi buat kamu yang ingin mengembangkan usaha kelinci.

Leave a Reply