Budidaya Ternak Bebek Petelur

Budidaya Ternak Bebek Petelur – Mempunyai usaha merupakan dambaan bagi setiap orang, baik anak muda maupun yang sudah tua.

Berwirausaha sendrii mempunyai cabang yang sangat banyak salah satunya adalah ternak unggas yang sudah menjadi mata pencaharian sebagian orang di Indonesia.

Hal tersebut didasari dari Iklim serta cuaca yang ada di Indonesia sangat mendukung untuk bisnis ternak unggas. Salah satunya adalah budidaya ternak bebek petelur.

Hal yang mendasari banyak yang menggeluti ternak unggas ini adalah keuntungan yang akan di dapat cukuplah banyak.

Selain itu juga ternak unggas bebek sangatlah efisian karena tergolong mudah dan tidak begitu rumit.

Namun perlu di ketahui memulai suatu usaha tentunya membutuhkan beberapa hal yang perlu di persiapkan. Baik dalam segi kesiapan mental, wawasan dan yang paling penting adalah modal usahanya.

Nah berikut ini akan kita bahas mengenai bagaimana sih cara untuk beternak bebek petelur, mulai dari anailsa usaha, dan pengelolaanya. Berikut rangkumanya.

Hal Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Usaha Budidaya Ternak Bebek Petelur

budidaya ternak bebek petelur

Kandang Bebek Telur

Pertama analisa yang perlu di siapkan adalah kendang bebek. Kandang sendiri merupakan hal yang paling penting untuk membuat usaha bisa di realisasikan.

Untuk kandang sendiri harus dibuat dengan teliti. Hal yang perlu di ketahui adalah kandang bisa mudah di bersihkan, sirkulasi udaranya juga lancar dan bersih serta mendapat sinar matahari yang cukup agar ternak anda tidak mudah stres.

Untuk modal sendiri berbeda – beda, tergantung dari berapa bibit yang ingin di budidayakan. Untuk kali ini saya ingin membuat modal kandang dengan jumlah Rp. 1.000.000 dangan estimasi kandang dikerjakan sendiri.

Untuk bahan sendiri bisa menggunakan kayu bekas yang digunakan sebagai dinding dan lantai kandang.

Jika kamu menggunakan kayu, pastikan agar kayu yang digunakan tahan air agar kayu tidak mudah kropos dan kandang bisa bertahan lebih lama.

Selain itu pada bagian atap gunakanlah bahan dari seng. Agar awet dan suhunya tidak terlalu dingin.

Pastikan juga agar lantai pada kandang lebih tinggi dari tanah dan pastinya tidak terlalu tinggi agar ternak lebih mudah dan leluasa untuk masuk dan keluar dari kandang.

Untuk membuat kandang bebek tidak perlu mahal yang penting tingkat kebersihan harus selalu di jaga agar bebek tetap sehat dan tidak ada penyakit yang membahayakan.

Bibit Bebek Petelur

Selain kandang bibit juga mempunyai peranan yang sangat penting. Semakin bagus bibit yang dipilih maka akan semakin baik pula hasil yang akan di dapat.

Namun bagaimana sih cara untuk pemula memilih bibit yang babgus ? caranya adalah pilihlah bibit yang masih berumur sekitar 2 minggu dan kemudian bisa kamu ternak sampai umur dewasa dan sampai bisa bertelur.

Selain itu kamu juga loh menekan pengeluaran modal, caranya adalah menetaskan telur sendiri. Masih bingung? Begin jadi kamu bisa membeli telur bebek di pasar dan kemudian kamu tempatkan pada bebek atau yang sedang megerami telurnya. Alhasil kamu bisa mendapat bibit sendiri.

Adapun ciri yang bisa anda lakukan agar mempunyai bibit bebek yang unggul berikut ini yang harus anda pastikan :

  • Sehat dan tidak memiliki tubuh yang cacat
  • Memiliki ukuran sama dan mempunyai proses tumbuh yang cepat. Berat yang ideal adalah 1,6 kg. Sedangkan untuk betina 1,4 kg. Dan berat ideal pada usia 40 minggu 1,8 kg untuk jantan dan 1,6 kg untuk betina.
  • Warna sama dan bulu cepat tumbuh
  • Cepat berelur dan meecapai usia dewasa
  • Angka kematian yang rendah
  • Bebek yang produktivitasnya masih tinggi
  • Tidak cacat dalam mengolah makanan.

Pakan Ternak Bebek Petelur

Untuk pakan ternak anda bisa membuat sendiri atau bisa membeli dari hasil olahan dipabrik. Namun jika ingin menekan pengeluaran bisa membuat sendiri.

Umumnya para peternakn bebek akan memubuat sendiri karena kandungan gizi dalam pembuatan pakan harus di perhatikan. Jadi jika kamu sudah mengetahui kandungan gizi agar bebek tetap bisa bertumbuh dengan baik.

Kadungna gizi yang harus ada dalam pakan bebek adalah protein, serat, lemak, dan vitamin tentunya.

Ada banyak proses membuat pakan yang baik, yaitu dengan menggiling bahan – bahan sampai halus dan bisa dibuat menjadi seperti pil atau yang lainya. Yang terpenting makanan tersebut bisa gampang untuk dimakan ternak.

Yang tidak kalah penting juga adalah tetap menjaga kebersihan kandang dan tempat makan serta usahakan tempat makan agar tetap kering.

Jumlah tempat makan juga perlu diperhatikan, pastikan agar mencukupi untuk jumlah ternak yang dimiliki.

Dengan begitu akan mencegah terhadinya rebutan yang juga akan mempengaruhi pada tingkat stress pada bebek.

Hal yang perlu di perhatikan lainya adalah jumlah makanan dan kadar protein yang memang dibutuhkan bagi bebek. Karena tidak semua bebek kadarnya sama namun harus menyesuakan dengan usianya.

Kontrol Penyakit

Hal yang tidak bisa di pisahkan dari makhluk hidup adalah tentang penyakit. Bukan hanya manusia saja namun hewan pun juga akan terkena dengan yang namanya penyakit.

Pengontrolan penyakit pada hewan ternak seperti bebek sangat penting agar tetap dalam kondisi baik dan bisa menghasilkan telur yang baik.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan yaitu melakukan vaksinisasi dan pemberian antibiotik pada bebek.

Selain itu faktor kebersihan kandang juga berpengaruh, maka kontrol terus kebersihan kandan serta berat badan pada bebek.

Adapun fungsi dari vaksinisasi dan antibiotik adalah agar ternak atau bebek tidak terjangkit oleh penyakit. Baik penyakit yang menular maupun tidak.

Ada banyak sekali penyakit yang sering di derita oleh bebek diantaranya kolera, mata memutih, cacar dan beberapa penuakit lainya.

Kontrol berat badan dapat dilakukan. Mungkin bertanya tanya kenapa harus berat badan ?? yah berat badan untuk menyesuaikan usia pertumbuhan serta makanan yang dikonsumsi. Karena setiap usia makanan berbeda.

Pasca Panen

Hasil panen dari ternak bebek petelur tentunya dengan telur yang sudah dihasilkan. Namun tidak hanya itu saja karena selain bisa panen telur dari bebek sendiri terdapat induk afkir jangan yang bisa di jadikan sebagai ternak bebek pedaging.

Sementara yang lain kotarannya pun bisa berguna untuk dijadikan usaha pupuk yang tentunya akan di cari banyak orang.

Selain panen, pengawetan juga sering dijadikan sebagai kegiatan rutin pasca panen. Yang diawetkan apanya? Yah tentunya telur akan di awetkan agar tidak capat busuk atau rusak.

Ada beberapa jenis pengawetan telur bebek yang bisa anda lakukan. Diantanya adalah :

  • Menggunakan air hangat

Hal yang bisa dilakukan dalam metode ini adalah merendam telur yang baru dipanen dengan menggunakan air hangat.

Setelah proses perendaman biasanya telur akan awet sampai 20 harian.

  • – Daun jambu biji

Selain itu ada metode yang juga sering digunakan, yaitu merendam dengan daun jambu biji. Dengan menggunakan metode ini kulit akan berubah warna menjadi agak kecoklatan.

Berebda dengan air hangat waktu perendaman bisa mencapai 1 bulanan dalam kondisi baik dan setelah itu tnetunya akan berpengaruh.

  • Minyak kelapa

Sama dengan menggunakan daun jambu biji, menggunakan minyak kelapa juga bisa bertahan sampai 1 bulanan.

Namun keuntungan dari menggunakan minyak kelapa adalah warna pada cangkang tidak akan berubah warna.

  • Larutan garam

Metode lain yang bisa digunakan adalah dengan larutan garam. Tentunya menggunakan metode ini tidak akan sulit karena dapur tentunya memilki garam.

Nah untuk metode ini caranya pun mudah karena hanya perlu melarutkan garam dalam air dengan persentasi 25 – 45 %.

Setelah itu rendam telur yang baru di panen 3 minggu.

  • Natrium silikat

Natrium silikat merupakan bahan kimia yang tidak berwarna, kental dan tidak berbau.

Cara melakukan dengan metode inipun terbilang mudah karena hanya butuh meredam dengan lama 1 bulan dan dengan persentasi 10% natrium dan air.

Metode Pengelolaan Ternak Bebek Petelur

Poin terakhir yang perlu disiapkan saat mulai berternak bebek petelur adalah pengelolaan ternak bebek petelur itu sendiri.

Hal ini sangat dibutuhkan agar tidak terjadi kesalahan dalam merawat dan mengelola telur yang sudah panen.

Ada 2 sistem yang sangat terkenal dan banyak digunakan oleh para peternak bebek yaitu sistem basah dan sistem kering. Kedua sistem tersebut penelolaanya tentunya beda dengan hasil yang beda juga.

Yang terjadi kesalaham oleh para peternak bebek adalah saat perawatan itu sendiri. Karena masih banyak para peternak yang melakukan perawatan tanpa mengetahui dan melakukan perawatan dengan meperhatikan cara yang benar.

Hal itu yang membuat banyak juga para peternak yang gagal. Dengan begitu menjadi pelajaran untuk kalian yang ingin berternak bebek bahwa, panduan mengetahui panduan yang benar sangat disasrankan saat ingin memulai bisnis.

Baca Juga : Budidaya Ternak Bebek Pedaging

Analisa Usaha Atau Modal Budidaya Ternak Bebek Petelur

Analisa Usaha Atau Modal Budidaya Ternak Bebek Petelur

Modal usaha sendiri sangat diperlukan agar usaha yang diinginkan berjalan dengan baik. Modal sendiri identik dengan anggaran yang diperlukan yang mana akan di pakai pada saat ingin memulai usaha. Nah namun berapakah yang perlu di siapkan untuk membuka usaha ternak bebek petelur ini ??? berikut adalah analisa modalnya.

Biaya Investasi

Biaya investasi ini salah satunya adalah pembuatan kandang dan perlengkapan saat memulai usaha ternak bebek.

Untuk kandang sendiri bisa menggunakan lahan yang pribadi dengan menyesuakan luas dengan kandang yang akan dibuat.

Sedangkan untuk peralatan yang lain dibutuhkan ketika ingin memulai usaha ternak bebek dengan estimasi 2 jutaan atau lebih. Nanti akan kita jabarkan untuk penggunaan modal yang pas.

Adapun peralatan yang dimaksud yaitu alat untuk makan,minum, pembersih kandang, alat pemanas, dan alat untuk penerangan kandang.

Biaya Operasional

Selain biaya investasi atau biaya sebelum beternak ada juga biaya operasional atau biya yang akan dikeeluarkan ketika masa ternak. Adapun beberapa biaya operasionalnya adalah :

  • Biaya Pembibitan.

Biaya pembibitan sendiri adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli bibit bebek petelur. Untuk jumlah bibit pun menyesuaiikan dengan lahan atau kandang dan keuangan kamu. Namun setidaknya jangan kurang dari 50 ekor.

Rata rata yang bisa di jadikan patokaan adalah 50 ekor sampai 1000 bibit bebek.

  • Biaya Pakan Ternak

Sebenarnya pakan ternak bisa lebih irit jika membuat sendiri. Namun jika kamu rumit atau merasa tidak bisa meembuat kamu bisa meembeli dari pabrik atau toko yang menjual pakan ini.

Jika kamu meembaut pakan sendiri tentunya kadar gizi perlu diperhatikan agar bebek yang di ternak bisa hidup dengan kualitas dan kondisi baik.

Selain itu pakan sendiri akan meempengaruhi kesehatan dan hasil jika waktu panen datang. Jadi pastikan pakan yang diberikan mempunyai gizi yang memadai.

  • Biaya Obat atau Vitamin

Obat dan vitamin merupakan hal yang tidak boleh ketinggalan ketika kamu ingin budidaya ternak bebek. Karena dengan vitamin dan obat hasil akan lebih baik dari segi kualitas dan tidak banyak yang mati.

Selain itu kesehatan ternak khususnya untuk bebek juga sangat mempengaruhi ke hasil yang akan di dapat nantinya ketika panen. Karena pada dasarnya jika ternak penyakitan akan mempengaruhi juga dalam pendapatannya.

  • Biaya Air dan Listrik

Hal yang tidak bisa di tinggalkan adalah penggunaan air dan listrik. Listrik dan air akan selalu di butuhkan untuk perawatan bebek anda. Jadi tetap usahakan agar air dan listrik bisa berjalan dengan baik.

  • Gaji Pegawai

Mempunyai pegawai tentunya akan mempermudah untuk perawatan ternak unggas. Namun kembali lagi kepada pemilik usaha. Jika di rasa mampu untuk diurus sendiri kita sarankan untuk tetap diurusi sendiri.

Namun jika sudah mempunyai bebek dengan jumlah ribuan lebih baiknya untuk mencari pegawai yang bisa membantu mengurusi ternak.

 Nah tadi diatas merupakan beberapa analisa yang di perlukan. Namun semua menyesuakan dengan kemampuan tentunya. Berikut ini akan coba kami perinci kebutuhan modal dan penghasilan yang akan di dapat.

Analisa Usaha

Pembuatan Kandang = 1.000.000

Bibit Umur 2 Minggu = Rp. 5000 x 200 Ekor = 1.000.000

Biaya Pakan Modal pertama sampai lebih 20 Minggu = 4.300.000

Biaya pakan dalam 2 tahun = 120.134.000

Obat dan Vitamin = 1.500.000

Pemasukan

Jika kamu mempunyai bebek dengan jumlah 200 dengan produksi sekitar 400 an butir terlur dan tetap masih produktif sampai umur 2 tahun maka bisa di estimasikan pendapatan sekitar :

2 tahun x 400 Butir x 200 ekor

= 160.000 butir

Pendapatan Penjualan

160.000 x Rp. 2.000

= Rp. 320.000.000

Penjualan Bebek Afkir

200 Ekor x 25.000

= 5.000.000

Total pemasukan adalah : 325.000.000

Nah jika di hitung dari awal maka keuntungan yang didapat adalah =

325.000.000 – 120.134.000

=Rp. 204.866.000

Nah itu tadi beberapa pembahasan mengenai budidaya ternak bebek petelur yang perlu diketahui. Pada dasarnya sama saja yang namanya bisnis poin penting adalah selalu belajar dan mencari trobosan serta hal baru.

Kesuksesan sebuah bisnis juga di pengaruhi oleh keilmuan atau pengalaman dari pembisnis itu sendiri tak terkecuali berternak.

Jadi dari diatas bisa kita simpulan banyak metode yang perlu di ketahui agar usaha yang dujalankan bisa lancar dengan hasil yang maksimal juga.

Selain itu relasi bisnis juga di perlukan, bisa relasi antar peternak, relasi antara peternak dan penjual, relasi antar peternak dan pelanggan. Agar mengetahui apa yang diinginkan pelanggan , apa yang ada di peternakan lain dan lain – lain.

Karena semua berkaitan antar komponen tersebut. Mudah mudahan pembahasan dan pemaparan tentang ternak bebek petelur ini bisa menjadi wawasan dan pensukses usaha ternak anda.

Leave a Reply