Budidaya Ternak Bebek Pedaging

Budidaya Ternak Bebek Pedaging – berbicara tentang bisnis tentunya sangat banyak sekali cabang yang bisa di pilih. Ada dari kuliner, pertanian dan peternakan.

Untuk bisnis peternakan sendiri tentunya banyak hewan yang bisa di pilih, ada kambing, burung atau yang akan kita bahas kali adalah ternak bebek.

Bebek sendiri merupakan hewan yang peminatnya sangat banyak, bahkan bisa kita lihat di warung – warung makan hampir semuanya menyediakan menu dengan bebek ini.

Nah berikut ini akan kita bahas secara lengkap mengenai budidaya ternak bebek pedaging secara lengkap mulai dari estimasi dan lain – lain. Berikut pembahasanya.

Yuk Cari Tahu Budidaya Ternak Bebek

Yuk Cari Tahu Budidaya Ternak Bebek

Siapa sih yang belum pernah mencoba olahan bebek? Hampir mustahil ya. Yah bebek sendiri terkenal dengan daginngya yang mempunyai tekstru sedang dan berserat.

Namun yang perlu kamu ketahui, olahan daging bebek tidak hanya bisa di temui di Indonesia saja, namun jika sedang berlibur di Tiongkok kamu juga bisa mencarinya.

Peternakan bebek sendiri mempunyai 2 cabang, yaitu bebek petelur dan bebek pedaging. Namun kebanyakan peternak bebek lebih suka untuk ternak bebek petelur karena lebih mudah untuk di rawat.

Pemeliharaan bebek sendiri terbilang sulit jika di mulai dari pembibitan, karena membutuhkan ketelatenan dan pemeliharaan yang ekstra.

Yang terpenting adalah jika kamu budidaya bebek petelur adalah pengaturan suhu kandang jangan sampai kelewat. Jika kamu bertanya kenapa ? karena suhu pada kandang akan mempengaruhi produksi telur dan kualitas telurnya.

Berbeda terbalik dengan bebek pedaging karena perawatanya terbilang sederhana dan juga keuntungan yang bisa di dapat bisa lebih besar dari pada bebek petelur.

Nah jika kamu masih pemula, budidaya bebek pedaging sangat kami anjurkan karena mudah untuk dirawat.

Kelebihan Budidaya Ternak Bebek Pedaging

Kelebihan Budidaya Ternak Bebek Pedaging

  • Tahapan yang mudah dan gampang untuk di pahami, terbalik dengan budidaya bebek ternak petelur yang lebih rumit dan ekstra perawatan.
  • Pertumbuhan yang lebih cepat, hanya membutuhkan 40 hari sudah bisa pamen
  • Permintaan selalu ada, jadi hasil panen akan mudah untuk di pasarkan.
  • Selain daging bagian lain dari bebek juga bisa di jual. Contohnya bulu yang biasanya dijadikan sebagai kerajinan, kotoran dijadikan sebagai pupuk dan pakan lele

Hal Yang Harus Di Persiapkan Untuk Memulai Budidaya Bebek

Hal Yang Harus Di Persiapkan Untuk Memulai Budidaya Bebek

Ada banyak hal yang bisa di siapkan agar ketika terjun ke dunia peternakan budidaya bebek bisa berjelan dengan lancar dan tidak mengalami kerugian. Berikut adalah persiapanya :

Mencari pemasok atau Day Old Duck.

Kalau dalam bahasa sederhananya adalah bibit bebek yang beru menetas. Namun perlu di lihat kualitas yang bagus dan dari peternak yang terpercaya.

Pastikan agar pemasok selalu ready ketika kamu sedang benar – benar membutuhkan, agar pemasukan dari hasil tidak berhenti.

Jika pemasokmu tidak selalu ready maka akan berpengaruh di hasil panenya.

Mencari bibit dengan ciri tubuh yang tegap, mempunyai bobot sekitar 40 Gram, mata yang jernih dengan bulu bersih dan tentunya tidak mempunyai penyakit.

Berikut ini adalah ciri DOD yang baik :

  1. Bulu yang dimiliki cukup bersih, kering dan bagus jika di lihat.
  2. Mempunyai mata yang jernih, keduanya terbuka dan tidak buta
  3. Pergerakanya lincah
  4. Mempunyai kaki yang kokoh
  5. Mempunyai bobot minimal 40 gram
  6. Mempunyai tubuh yang tegap
  7. Mempunyai nafsu makan yang baik
  8. Bebas dari penyakit.

Penyiapan Kandang

Menyiapkan kandang untuk bibit bebek dan bebek yang sudah besar atau sudah dewasa. Jangan disatukan karena pertumbuhan untuk bibit akan terganggu. Untuk kandang bebek besar bisa menggunakan bentuk panggung atau kandang bertingkat.

Menyiapkan kandang dengan suhu sekitar 30 hingga 40 derajat Celsius dan tentunya dengan pencahayaan yang memadai.

Pemilihan Pakan, Vitamin dan Kebersihan Kandang

Memastikan vitamin pakan serta jerami yang ditaruh di kandang. Jangan lupa persiapkan cairan desinfektan sera peralatan tambahan untuk pemeliharaan bebek.

Siapkan pemanas untuk bibit bebek atau kandang box DOD karena bebek yang masih bibit membutuhkan suhu yang hangat agar kualiatas menjadi unggulan.

Pastikan agar kandang selalu di bersihkan dengan cairan desinfektan agar kandang steril sebelum bebek di masukan.  Lakukan dengna rutin

Pemasaran

Hal yang tidak boleh terlewati adalah mencari pengepul atau pemasaran. Sangat disayangkan jika kamu sudah jago dalam beternak tapi tidak ada tempat untuk memasarkan.

Pemasaran sangatlah penting, agar usaha atau peternakan terus berjalan.

Cara Budidaya Ternak Bebek Pedaging

Cara Budidaya Ternak Bebek Pedaging

Selain tahapan yang perlu di persiapkan ada juga cara yang harus di pahami agar budidaya bebek kamu bisa lancar dan menghasilkan cuan yang diingankan. Berikut ini adalah cara agar budidaya ternak bebek bisa menghasilkan hasil dengan kualitas baik.

  • Persiapkan Kandang

Seperti halnya yang sudah saya jelaskan di atas bahwa penyiapan kandang sangat penting agar bebek bisa bertumbuh dengan kualitas yang baik.

Sebelum DOD atau bibit bebek datang dan dimasukan kedalam kandang box dengan suhu yang sudah di tentukan di atas pastikan agar pemanas sudah berfungsi dengan baik dengan suhu yang sudah di jelaskan di atas.

Namun jangan sampai ketinggalan juga tempat untuk pakan dan minum bebek. Pastikan tempat makan yang mudah di jangkau oleh bebek.

Selain itu pastikan kandang agar selalu bersih dan itu merupakan syarat wajib seperti halnya manusia jika tempatnya bagus maka hasil serta kesehatan DOD terjaga.

  • Sortir DOD (Bibit)

Sebelum menyortir pastikan dulu jika bibit yang kamu beli memang mempunyai kualitas yang tinggi. Dari jumlah DOD yang di beli tentunya ada beberapa bibit yang cacat.

Langkah yang bisa kamu ambil adalah sortir dan pisahkan DOD yang cacat dengan DOD yang berkualiats.

DOD yang cacat tetap masih bisa di pelihara, namun tentunya harus memerlukan pemeliharaan yang ekstra.

Pembedaan kandang yang terpenting agar DOD berkualitas tetap akan menjadi bibit kualitas dan DOD yang cacat tetap bisa di pertahankan.

  • Vitamin Larutan Gula

Hak diatas sangat berlaku ketika bebek masih kecil atau yang biasa di sebut dengan DOD dan masih tinggal atau di tempatkan di kandag box dengan kehangatan dan penerangan yang pas.

Berikan larutan gula saat DOD beru tinggal atau baru saja menempati kandang itu selama kurang lebih satu jam kedepan.

Setelah satujam ganti larutan gula tadi dengan air putih yang di campur dengan vitamin penambah nafsu makan untuk DOD.

Setelah itu berikan makan secara teratur.

  • Memberi Pakan dan Memindahkan Tempat

Pemberian makan tentunya harus menyesuakan umur dari bebek tersebut, ketika bebek masih dalam masa pembibitan berikan sebanyak 5 kali dalam sehari dengan kurun waktu setidaknya 14 hari dari awal.

Namun perlu diketahui juga, berikan pakan dengan ditambahi air agar lebih lembut.

Setelah usia bebek 15 – 20 hari dan pastinya ukuran serta bobot sudah mulai menambah maka pindahkan kandang dari yang box ke kandang yang lebih besar.

Sediakan makanan dengan jenis Grower yang lebih bertekstru. Jangan sampai kelupaan untuk selalu menambahkan air sedikit dengan jumlah 3 kali dalam sehari.

Selain pemberian pakan pastikan juga minuman yang selalu tersedia dikandang. Air minum dikandang bisa ditambahkan dengan obat anti stress yang bisa bertahan sampai 20 an hari.

Selain itu pada sebelum umur bebek mencapai 31 – 35 hari untuk selalu mengecek jerami yang ada di kandang. Pastikan jerami tidak kurang agar kelembapan selalu terjaga.

  • Siap Panen

Saat bebek sudah berusia 35 hari mulailah untuk memilah bebek yang sudah layak panen. Jangan lupa untuk memilah yang sesuai dengan ukuran dan kualitas yang di miliki.

Setelah selesai memilah milah pastikan kandang kosong serta bersihkan kandang agar siap untum dipakai budidaya ternak bebek selanjutnya.

Cara Mengatur Kandang Budidaya Bebek

Cara Mengatur Kandang Budidaya Bebek

Bebek merupakan salah satu hewan ternak yang gampang terkena stress. Untuk itu pemilihan luas kandnag sangat di perlukan agar bebek tidak mudah stress.

Bagaimana sih agar bebek tidak stress? Nah faktor ini memang sangat dipengaruhi oleh luas kandang, semakin luas kandang maka bebek tidak akan mudah stress.

Cara paling mudah adalah pastikan agar bebek bisa berlari. Jika terlalu sempit dan sampai bebek tidak bisa berlari itu yang biasanaya kan mempengaruhi bebek akan mudah sterss.

Untuk tips yang bisa digunakan adalah Sediakan 1 meter persegi yang dipakai untuk 2 ekor bebek. Jadi bisa dikalikan saja jika mempunyai 100 ekor maka membutuhkan sekitar 50 meter persegi.

Selain luas pasitkan tinggi kandang juga di perhatikan, tinggi kandang 2 meter agar sirkulasi udara cukup dan tidak susah jika ingin membersihkan kandang.

Selain itu pastikan setiap sisi dari kandang bebek tidak terbuat dari bahan yang permanen seperti cor/ tembok atau bahan lain yang susah untuk di buka.

Nah untuk bebek yang masih kecil disarankan pada setiap sisi atau sekitaran kandang di kasih plastik atau karung agar hangat.

Selain itu pemberian penerangan juga dibutuhkan agar lebih mempermudah pengaturan kandang serta fungsi dari setiap bagian – bagianya.

Analisa Usaha Ternak Bebek Pedanging 500 Ekor

Analisa Usaha Ternak Bebek Pedanging 500 Ekor

Anaisa yang akan kita sajikan tentunya bukan menjaid patokan utama, namun hanya analisa saja dan hanya gambaran kasar.

Berikut ini adalah analisanya.

Biaya Perkiraan Yang Dibutuhkan

Skala usaha 500 ekor bebek pedaging

Harga DOD. Perkiraan 6.500/ekor

Tingkat kematian 2%

Masa panen 2 bulan

Biaya Produksi

  1. Modal DOD 500 ekor @ 6.500 =3.250.000
  2. Biaya Pakan

Dedak 300 Kg @4000 = Rp. 1.200.000

Sentret 200 Kg @10.000 = Rp. 2.000.000

Dedak Ikan Asin 150 Kg @2.500 =Rp. 375.000

Biaya pakan tiap kali panen  = Rp. 3. 575.000

  1. Total Modal Awal = 8.050.000

Pendapatan

Hasil penjualan 98% x 500 Ekor @ Rp. 40.000 = 19.400.000

Modal Awal = 8.050.000

Pendapatan Perpanen = Rp. 11.350.000

Nah itu tadi beberapa rangkuman tentang bagaimana tips memelihara bebek. Bebek sendiri merupakan salah satu hewan yang banyak diminati oleh banyak orang dan bahkan dijadikan sebagai makanan keseharian.

Hal tersebut yang membuat banyak pengusaha yang ingin menjadikan bebek sebagai ladang bisnis dan ladang rejeki.

Mudah – mudahan bermanfaat. Jangan lupa untuk membaca artikel lain seputar bisnis, peternakan, pertanian di slaverymap.org

Leave a Reply