Budidaya Ternak Kelinci Blingon

Kelinci Blingon – Berbicara dengan hewan ternak kelinci tentunya banyak jenis yang bisa diketahui dan tentunya tidak asing lagi.

Yah selain hewan yang bisa di ternak, kelinci juga merupakan hewan yang bisa jinak dan termasuk mempunyai fisik yang lucu dan imut. Dengan begitu banyak orang yang suka dengan hewan satu ini.

Untuk jensi kelinci sendiri juga banyak, ada kelinci lokal, kelinci anggora dan yang akan kita bahas adalah kelinci blingon.

Dari beberapa jenis kelinci tersebut mempunyai keunggulan tersendiri. Nah berkut ini akan kita bahas mengenai kelinci blingon mulai dari makanan, cara ternak dan beberapa pembahasan lainya. Yuk simak pembahasan berikut.

Jenis Kelinci Blingon

Jenis Kelinci Blingon

Kelinci ini merupakan kelinci hasil persilangan antara kelinci australia dan kelinci indonesia dengan berat bisa mencapai 5 kg. Maka wajar jika kelinci ini banyak disukai untuk dikonsumsi terlebih bagi orang yang sedang program diet.

Untuk para peternak tentunya diuntungkan dengan berat yang bisa mencapai segitu, selain itu kelincci ini juga banyak di konsumsi dan banyak di cari untuk dijadikan olahan makanan yang bermacam macam.

Pertumbuhan Kelinci Blingon

Pertumbuhan Kelinci Blingon

Sama seperti jenis kelinci lainya yang mana kelinci ini memerlukan pertumbuhan yang bagus agar bisa bermanfaat dan juga bisa menghasilkan laba.

Untuk teknis akan kita bahas di bawah, namun gambaran besar agar pertumbuhan jenis ini bisa mkasimal adalah pemberian makan dan tetap menjaga kesehatanya.

Karena seperti pada umumnya hewan jika tidak di perhatikan perihal pemberian makan dan kesehatan juga akan berdampalk pada pertumbuhan dari hewan ini.

Maka dari itu anda harus meemperhatikan dengan betul apa saaja yang di perbolehkan dan apa yang tidak diperbolehkan dalam memelihara kelinci blingon.

Makanan Kelinci Blingon

Makanan Kelinci Blingon

Pemberian makan kelinci tidak boleh berlebihan dan juga salah. Banyak jenis makanan yang bisa di berikan kepada hewan yang satu ini.

Pada dasarnya setap makanan hewan kelinci ini sama saja, namun ada beberapa jenis makanan yang hanya bisa di berikan kepada kelinci blingon.

Nah apa saja sih makanan yang bisa di berikan kepada jenis kelinci ini?? Berikut ini adalah jenis makanan yang bisa di berikan.

Kangkung

Sama seperti jenis kelinci lainya jenis kelinci blingon juga suka dengan jenis makanan sayuran, salah satu sayuran yang anda bisa berikan adalah kangkung.

Untuk teknis pemberan makanan harus di perhatikan, satu hari ada makanan sayur namun hanya sekali saja. Jangan berikan makanan sayuran terus terusan.

Misalnya hari ini kamu memberikan makanan ini di waktu pagi, maka keesokan harinya berikanlah makanan sayur ini disore hari dan seterusnya. Seimbangkan antara sayur dan makanan lain agar kelinci bertumbuh denngan baik dan tetap sehat.

Wortel

Untuk pemberian wortel kamu dianjurkan untuk memotong kecil – kecil terlebih dahulu agar kelinci bisa makan dengan nyaman dan tidak kesulitan.

Untuk pemberian makanan ini sama seperti kangkung yaiut tidak dianjurkan untuk memberikan makanan ini setiap hari, namun harus di jeda dan seimbangkan dengan makanan lainya.

Lobak

Kamu tahu lobak? Yah lobak merupakan sayuran mirip dengan sayur namun dari kedua sayuran ini mempunyai pebedaan tersendiri.

Lobak sendiri baik untuk pencernaan si kelinci blingon dan merupakan rekomendasi untuk kamu jika memelihara kelinci ini.

Selada

Kandungan selada adalah mineral dan vitamin yang mudah di terima oleh kelinci jenis ini.

Rumput

Tomat

Tomat mempunyai kandungan vitamin dan antioksidan dan bagus untuk tubuh kelinci serta kesehatan kelinci.

Biji Bijian

Ada banyak biji – bijian yang bisa di berikan seperti biji bunga matahari, biji jagung, atau biji kacang kacangan. Berikan sehari 200 – 300 gram saja.

Ubi jalar

Ubi jalar merupakan makanan kelinci yang sehat an juga bernutrisi karena mengandung kalori, serat, dan mineral sehingga baik untuk kelinci karena bisa mengobati sembelit dan menyerap lemak.

Baca Juga : Jenis Jenis Kelinci

Cara dan Tips Beternak Kelinci Blingon

Cara dan Tips Beternak Kelinci Blingon

Untuk cara beternak kelinci ini hampir sama dengan kelinci pedaging pada umumnya yaitu pemberian makan dan kandang yang harus di perhatikan.

Untuk kandang diusahakan berukuran besar dengan suhu berkisar 21 derajat celsius. Selain itu berikanlah penerangan untuk kelinci agar bisa melindungi dari predator dan mempermudah jika ingin membersihkan kandang.

Selain itu pisahkan antara kandang anakan dan kandang indukan. Selain itu kandang untuk kelinci pejantan usahakan dengan ukuran yang besar agar bisa digunakan untuk perkawinan dengan lawan jenisnya.

Selain itu cara yang tidak boleh di tinggalkan adalah pemilihan indukan, induk dengan kualitas baik akan menghassilkan anakan yang baik pula.

Untuk kelinci betina yang baik di jadikan adalah kelinci yang berusia 4 sampai 5 kg. Sedangkan untuk betina dengan berat 3 – 5 kg dengan punggung yang cekung.

Untuk cara yang lain agar menghasilkan ternak yang baik adalah menjaga kendang dan kelinci agar tetap bersih yang mana hal itu akan menghindarkan kelinci dari penyakit kulit seperti gatal atau bintik bintik.

Untuk perkawinan kelinci blingon sendiri ada dua opsi yaitu persilangan atau mengawinkan dengan sama jenis.

Namun harus perhatikan umur dari kelinci yang akan di kawinkan usahakan kelinci sudah mencapai umur 5 bulan keatas karena jika terlalu muda pada kelinci betina akan mengakibatkan gangguan pada kesehatan si betina.

Baca Juga : Budidaya Kelinci Anggora

Perbedaan Kelinci Blingon dan Kelinci Lokal

Perbedaan Kelinci Blingon dan Kelinci Lokal

  • Kelinci Lokal

Kelinci jenis ini mempunyai postur tubuh yang relatif kecil dibanding kelinci ras lain, selain itu ciri khasnya adalah warna yang dimiliki khas keabu hitaman dan tidak terlalu halus.

Kelinci ini banyak dijumpai dimanapun karena banyak yang berternak jenis ini. Namun harga dari jenis ini cukup murah dan ramah di kantong.

Rata rata kelinci ini dijadikan peliharaan di rumah dan jarang ada yang mengkonsumsi. Untuk harga sendiri bisa berkisar antara 50 sampai 70 ribu untuk yang sudah berumur 4 bulan. Namun jika yang lebih tua dibandrol antara 100.000 sampai 150.000.

  • Kelinci Blingon

Kelinci ini terkenal dengan jenis kelinci australia diumur sampai 5 bulan saja. Untuk lebih dari umur itu kelinci ini akan bertumbuh dan memiliki perbedaan dengan jenis australia.

Untuk ciri fisik adalah mempunyai wajah lonjong, kupung besar badan panjang dan perut buncit. Untuk kaki terkadang pendek namun ada juga yang panjang.

Untuk warna jenis ini sangat bermacam – macam dengan keunikan memiliki corak yang tidak jelas. Kebanyakan orang akan membuat makanan dari kelinci ini karena mempunyai daging yang lezat.

Manfaat lainya adalah untuk dikonsumsi saat program diet.

Untuk harga sendiri cukup berbeda jauh dari kelinci lokal yaitu harga bisa mencapai 200.000 sampai 250 .000 per ekor.

Ciri Ciri Kelinci Blingon

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa kelinci ini bentuk tubuhnya hampir sama dengan kelinci austtralia namun hanya sampai umur 5 bulan saja. Karean jika ssudah lebih dari itu bentuk tubuh akan berbeda jauh kerena perkembanganya.

Baca Juga : Kandang Kelinci

Keunggulan dan Manfaat Kelinci Blingon

Keunggulan dan Manfaat Kelinci Blingon

Sama seperti jenis kelinci lainya kelinci jenis ini mempunyai keunggulan dan mafaat tersendiri. Daging kelinci mempunyai gizi yang bisa dikonsumsi karena daging kelinci bisa menurunkan kolesterol.

Selain itu bagi orang yang sudah lanjut usia atau mempunyai penyakit jantung daging ini sangat berguna dan tidak ada efek samping.

Selain itu manfaat lain dan keunggulan lain dari kelinci ini adalah kadar lemak yang rendah dengan natrium yang bisa dimanfaatkan oleh orang yang sedang melakukan program diet karena sangat baik dan bisa mendukung program diet kamu.

Nah demikian tadi pembahasan mengenai kelinci blingon mulai dari pertumbuhan, ciri, jenis, dan pakan yang baik untuk pertumbuhan dari kelinci ini. Mudah mudahan bermanfaat dan bisa menjadi wasilah ilmu untuk kamu yang sedang beternak kelinci.

Leave a Reply